May 19, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Recording Google Meet

Cara Recording Google Meet - Cara Recording Google Meet

Bagaimana cara recording Google Meet?Entah itu perorangan atau perusahaan kini telah menjadi hal umumdalam merekam meeting virtual. Kemudian hasil rekaman meeting virtual ini dijadikan untuk bahan dokumentasi, baik untuk disimpan atau di upload ke media umum. Kebanyakan aplikasi berbasis video konferens telah menyediakan layanan perekaman jalannya meeting, mirip halnya Google Meet.

Walaupun fitur recording tersebut mampu dilakukan melalui perangkat laptop atau hp, namun tak semua pengguna layanan Google Meet mampu mengakses fitur yang satu ini. Sebab cuma pengguna dengan akun berbayar yang dapat menikmatinya. Seperti beberapa akun workspace Esentials, Education, dan Enterprise. Akan tetapi, jikalau Kamu tak mempunyai akun berbayar, tentu saja Kamu masih mampu merekam meeting menggunakan aplikasi recording untuk PC maupun hp.

Cara Recording Google Meet

Cara Recording Google Meet - Cara Recording Google Meet
Tutorial Recording Google Meet

Tutorial Recording Google Meet Untuk Akun Berbayar

Jika Kamu mempunyai akun Google Meet yang sudah berbayar, ada beberapa tata cara yang mampu dipakai, yakni sebagai berikut :

1. Recording Google Meet via Laptop

Untuk akun berbayar Google Meet yang ingin melakukan recording via laptop, Kamu mampu mengikuti langkah cara recording Google Meet berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka Google Chrome maupun browser lainnya di PC.
  • Buka web resmi dari Google Meet, tepatnya di https://meet.google.com.
  • Masuk dengan memakai akun Google.
  • Silahkan ikuti meeting apalagi dahulu mirip biasa.
  • Ketuk ikon titik tiga, Kamu juga mampu pilih More Options di bawah pilihan meeting.
  • Selanjutnya pilih opsi Record Meeting, dan akan timbul opsi recording tepat di samping kanan layar.
  • Tekan Start Recording.
  • Keutk Start jika ada pemberitahuan konfirmasi atau perayaan untuk merekam, lalu Kamu akan mendapatkan simbol REC yang berwarna merah di samping kiri bab atas layar. Ini menandakan kalau proses perekaman sudah berlangsung.
  • Selanjutnya, tinggal lanjutkan meeting.

Saat Kamu menuntaskan proses meeting, atau ketika mengklik end meeting, secara otomatis recording meeting pun pribadi tersimpan lewat harddisk di PC-mu.

Baca Juga:   Cara Mengubah Dokumen Word ke PDF di Android Dengan Google Docs

2. Recording Google Meet di Hp

Sementara itu, jikalau Kamu ingin mencoba cara recording Google Meet di hp, berikut ini ulasannya :

  • Silahkan buka web browser Google Chrome di hp.
  • Lalu tap titik tiga di pojok kanan bab atas layar jika ingin membuka setting-an di Chrome.
  • Lakukan centang tepat di situs desktop bila ingin mengaktifkan performa mode desktop di situs yang Kamu buka.
  • Kemudian susukan laman Google Meet resmi atau di web https://meet.google.com.
  • Setelah itu, kerjakan meeting.
  • Putar atau rotasi layar hp jika Kamu ingin menjalankan aplikasi Google Meet menggunakan performa landscape.
  • Silahkan tap titik tiga di gugusan hidangan bab bawah kalau ingin membuka setingan di Google Meet.
  • Selanjutnya pilih pilihan Record Meeting, lalu akan timbul recording di sebelah kanan layar.
  • Gulir layar ke bawah kemudian pilih pilihan start recording.
  • Lalu pilih pilihan start jika ingin memulai perekaman.

Dalam merekam Google Meet menggunakan hp memang tak mampu dilakukan pada aplikasi Google Meet, sebab fiturnya masih belum tersedia. Maka dari itu, Kamu bisa memakai browser dan saluran web resminya.

Membagikan File Rekaman

Haisl rapat atau meeting yang telah direkam melalui Google Meet mampu dibagikan ke penerima rapat lainnnya. Adapun cara termudah adalah dengan mengunduh file tersebut. Silahkan pilih unduh di baian unduh folder pada perangkat. Di samping itu, Kamu juga dapat membagikannya tanpa mengunduh file lebih dulu.

Adapun cara membagikan file recording tanpa mengunduh hanya dengan cara membuka file kembali yang ada di dalam Google Drive. Sesudah folder terbuka, Kamu akan mendapatkan opsi bagikan file di pojok kanan bagian atas. Kemudian tinggal share link atau bagikan link ke pengguna yang Kamu inginkan.

Itulah beberapa langkah cara recording Google Meet yang mampu Kamu ikuti bila ingin melaksanakan perekaman Google Meet. Selain fitur perekaman, Kamu juga dapat menikmati banya fitur baru di Google Meet. Simak ulasannya di bawah ini!

Fitur-Fitur Terbaru dari Google Meet

Google Meet telah memperbarui layanan sejak tahun 2021 lalu melalui banyak fitur gres. Simak fitur-fitur tersebut berikut ini :

Baca Juga:   Daftar Merk & Hp Produksi Indonesia Terbaru 2021, Apa Saja ?

1. Cross Domain Live Streaming

Kamu akan menemukan salah satu fitur berjulukan Cross Domain Live Streaming, yang artinya Streaming pribadi untuk Lintas Domain. Lewat fitur inilah, admin pengelola Google Meet mampu menunjuk domain dari Google Workspace yang terpercaya guna mengikuti streaming melalui Google Meet. Di samping itu, pihak admin juga dapat mengundang para pengguna lain di dalam domain demi menyaksikan streaming online tersebut.

2. Add Captions To Live Streams

Fitur terbaru yang lain yakni Add Caption To Live Streams maupun dengan menyertakan teks ke dalam Live Streaming. Melalui fitur tambahkan teks saat streaming berlangsung, tentu saja dapat membuat lebih mudah komunikasi yang terjadi antar penerima saat berlangsungnya pertemuan. Dimana fitur yang satu ini sangat memiliki kegunaan, terlebih kalau peserta lain tak mampu mendengar audio yang dihasilkan dnegan terang.

3. Google Meet Recording

Inilah salah satu fitur yang telah kita bahas di atas. Kamu akan memperoleh Google Meet recordings atau rekaman yang tersedia. Dalam fitur ini, Kamu dapat melaksanakan perekaman video memakai edisi Google Workspace.

4. New Updates to Hand Raise on desktops & laptops

Fitur berikutnya yakni New Updates to Hand Raise on Desktops & Laptop maupun pembaruan barunya. Dimana setiap peserta akan pindah pad agrid utama. Selain itu, moderator pun akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan untuk melihat jumlah tangan atau urutan tangan yang sudah diangkat.

5. New Admin Settings for Joining Meetings

Fitur yang satu ini yaitu New Admin Settings For Joining Meetings alias Pengaturan Admin Baru. Kamu yang bergabung ke program rapat atau meeting, baik melalui panggilan video di Google Meet, Gmail, Google Calendar, maupun yang lainnya. Selain itu, menariknya lagi para pengguna Google Meet mampu melakukan panggilan meeting dari telepon dan ruang rapat tanpa menggunakan akun Google.

6. Augmented Reality

Fitur ini ialah fitur terbaru Google Meet, Kamu pun wajib mencoba fitur Augmented Reality. Dimana hanya dapat dipakai untuk pengguna perangkat ponsel pintar, baik iOS maupun android. Para peserta Meet mampu menambahkan ikon-ikon yang ada di dalam ikon Sparkle di samping kanan bawah ketika melaksanakan panggilan video. Kamu dapat menambahkan ikon mempesona, mirip yang diminati, misalnya ubur-ubur, astronot,kucing, maupun yang lainnya.

Baca Juga:   Cara Stalking Ig Orang

Melalui fitur gres dari Google Meet tersebut, pastinya menjadi salah satu ajang hiburan menggembirakan, saat Kamu melaksanakan panggilan. Dalam fitur ini, umumnya hanya tersedia di akun Gmail secara khusus dan tak tersedia untuk para pengguna workspace. Sedangkan bagi pengguna layanan Google Workspace sendiri dapat menggunakan pilihan latar belakang virtual atau buram, semoga terksan profesional.

Demikianlah ulasan perihal cara recording Google Meet dan beberapa fitur menawan di Google Meet yang mampu Kamu coba. Semoga berfaedah!

 

close