May 16, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Reset Laptop Asus

Cara Reset Laptop Asus - Cara Reset Laptop Asus

Bagaimanakah cara reset laptop Asus? Jika Kamu ingin mereset laptop Asus, Kami akan membagikan ulasannya di sini. Namun sebelumnya, tahukah Kamu apa itu reset pabrik?

Reset Laptop

Kamu mungkin pernah mendengar ihwal reset pabrik atau mungkin melakukan reset pabrik pada perangkatmu. Namun apa sih bahwasanya yang dimaksud dengan reset pabrik?

Reset pabrik diketahui juga sebagai master reset atau hard reset, ini yaitu acara memulihkan seluruh software atau perangkat lunak laptop ke dalam tata cara dan pengaturan pabrik aslinya. Selama proses reset berjalan, seluruh info dan data pengguna yang tersimpan pada perangkat akan terhapus. Sama halnya dengan proses reset laptop Asus.

Mengapa Perlu Reset Laptop Asus ke Pengaturan Pabrik?

Ada beberapa alasan yang menciptakan beberapa pengguna Asus untuk melakukan reset laptop ke pengaturan pabriknya, berikut ini :

  • Memformat ulang hard drive untuk me-refresh disk serta menghapus data.
  • Menginstal ulang tata cara operasi untuk menanggulangi kegagalan tata cara.
  • Membersihkan malware, virus atau ransomware dari laptop Asus.
  • Untuk memajukan kinerja laptopmu secara keseluruhan.
  • Memecahkan dilema yang sulit pada laptop dan memajukan kecepatan loading laptop.
  • Melakukan reset pabrik laptop Asus sebelum memasarkan atau memberikan laptop.

Cara Reset Laptop Asus

Cara Reset Laptop Asus - Cara Reset Laptop Asus
Reset Laptop Asus

Tutorial Reset Laptop Asus

Melakukan reset laptop Asus pastinya dengan menginstal ulang OS Windows sekaligus mengembalikan pengaturan pada status default. Reset pabrik biasanya selain dimanfaatkan biar laptop terlihat baru kembali, namun reset pabrik dipakai ketika laptop terus-menerus mengalami dilema.

Melakukan reset pabrik laptop juga penting sekali saat Kamu menetapkan menjual laptop. Dengan meresetnya, seluruh data bahkan data langsung di dalamnya akan berpeluang hilang, jadi penting untuk dicadangkan. Menariknya, laptop Asus memberikan opsi yang bisa meniadakan seluruh data serta cuma melaksanakan penghapusan aplikasi saja, tetapi file-mu masih tetap tersimpan.

Baca Juga:   Cara Reset Mesin Basuh Electrolux

Metode 1 : Reset Laptop Asus dengan System Recovery Partition

Sebelum melaksanakan cara reset laptop Asus ini, Kamu harus tahu bahwa seluruh file, data dan pengaturan di perangkatmu akan hilang sehabis me-reset pabrik laptop Asus. Alangkah baiknya, Kamu mencadangkan apalagi dulu. Salah satu alat yang menawan untuk dicoba ialah MiniTool ShadowMaker.

System Recovery Partition yaitu partisi pemulihan metode Asus yang lazimnya digunakan untuk mengembalikan laptop Asus ke kondisi pabrikannya setiap kali laptop mengalami dilema Di samping itu, Kamu mampu membuat disk pemulihan tata cara ASUS atau drive pemulihan Asus dengan cara menyimpan file sistem ke CD, USB, DVD atau disk yang lain.

1. Masuk ke Mode Recovery Laptop Asus

Langkah pertama, Kamu mesti masuk ke mode recovery laptop Asus apalagi dahulu. Berikut ulasannya :

  • Nyalakan laptop Asusmu.
  • Tekan F9 pada keyboard segera dan lakukan berulang kali sampai logo Asus timbul.
  • Pilih pengaturan Windows/EMS diaktifkan pada Windows Boot Manager.
  • Silahkan pilih layanan bahasa kemudian klik Selanjutnya.
  • Jendela Asus Preload Wizard timbul dan Kamu akan menemukan 3 pilihan, ialah pulihkan windows ke partisi pertama saja, pulihkan Windows ke seluruh HD, dan pulihkan Windows ke seluruh HD dengan 2 partisi.
  • Kamu tinggal pilih pilihan yang sesuai, kemudian klik Selanjutnya.
  • Ikuti isyarat di layar untuk melanjutkan.

Ingat, walaupjn pilihan pertama cuma akan menghapis partisi pertama di laptop Asus, ini juga dapat besar lengan berkuasa pada partisi lain di dalam disk. Pilihkan kedua dan ketiga akan meniadakan seluruh partisi untukmu dan menciptakan satu atau dua partisi baru untuk proses pemulihan.

2. Gunakan Disk Instalasi Asus

Masukkan disk instalasimu ke laptop Asus, kemudian restart. Lanjutkan dengan cara berikut :

  • Tekan ESC ketika melaksanakan boot.
  • Pilih CD/DVD kemudian tekan enter.
  • Lalu tekan Ok dua kali untuk mengawali proses pemulihan.
  • Silahkan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan prosesnya.
  • Lamgkah-langkah untuk menggunakan disk instalasi mungkin sedikit berbeda pada sistem yang berlawanan.

Metode 2 : Reset Laptop Asus di Windows 10

Baca Juga:   Cara Reset Ulang Windows 10

Cara reset laptop Asus untuk pengguna Windows 10, Kamu juga mampu mencoba beberapa langkah di bawah ini :

1. Buka Laptop Asus

Pertama-tama silakan buka laptop merk Asusmu, lalu lakukan pilihan penelusuran Windows bila ingin melaksanakan “Reset this PC”, kemudian klik ketika hasil penelusuran telah keluar.

2. Akses “Recovery” Menu

Setelah itu, kau akan langsung diarahkan menuju “Recovery” sajian. Pada bilah hidangan samping kanan, terdapat tombol bertuliskan “Get Started” di bab bawah pilihan “reset this PC”. Kemudian tekan “Get Started”.

3. Pilih Satu dari 3 Opsi

Cara reset laptop Asus di Windows 10 yang lain, Kamu akan menyaksikan 3 opsi. Dimana seluruhnya bisa mengontrol ulang tata cara/perangkat laptop tetapi detailnya tergantung dari opsi yang diseleksi. Tekan opsi yang Kamu inginkan. Adapun 3 pilihan tersebut diantaranya :

  • Keep My Files, opsi ini meniadakan aplikasi serta menertibkan ulang setingan namun menyimpan file eksklusif. Kamu bisa memilihkan bila bermaksud menyimpan laptop dan bukan menjualnya.
  • Restore factory settings, lazimnya hanya tersedia pada laptop Asus dengan Windows 10, dan diantarlewat penginstalan windows 8.1. Biasanya hal dapat menghapus seluruh file, dan menertibkan ulang seluruh pengaturan serta menginstal Windows 8.1. Kamu bisa menentukan pilihan ini jikalau cuma Kamu lebih menyukai Windows 8.1.

4. Pilih Satu dari 2 Opsi Tambahan

Cara reset laptop Asus berikutnya, akan ditampilkan menu gres dengan 2 opsi tambahna. Klik pilihan yang diinginkan. Adapun 2 pilihan tersebut diantaranya :

  • Cloud Download, lazimnya akan mendownload versi Windows modern dari Microsoft selama setingan ulang berjalan. Hal tersebut juga nantinya menginstal driver yang modern. Kamu bisa menentukan opsi ini jika Kamu memiliki akses internet saat reset berjalan.
  • Local Reinstall, biasanya ini mendownload ulang menggunakan Windows sesuai model pda laptop. Kamu bisa memilihnya kalau tidak memiliki saluran internet saat reset.

5. Pengaturan Reset Pabrik

Pada jendela selanjutnya akan ditampilkan pengaturan yang dipakai Windows untuk melaksanakan reset pabrik. Hal ini tergantung dari opsi yang dibentuk, sehingga umumnya tak perlu mengubahnya. Walaupun bahwasanya Kamu bisa menggantinya dengan cara ketuk “Change Settings”. Namun jikalau Kamu tidak mau, Kamu bisa melanjutkannya dengan tekan Next” di samping kanan bawah.

Baca Juga:   Cara Cairin Bpjs Online

6. Tekan Reset

Akan timbul popul untuk konfirmasi pilihanmu ketika hendak melaksanakan reset pabrik berikut perayaan yang terjadi. Ketuk “Reset” kalau Kamu telah memahaminya.

7. Tunggu Proses Reset

Kamu mampu meninggalkan perangkat laptop Asus milikmu tanpa pengawasan ketika berlangsungnya proses reset. Kemungkinan prosesnya akan berlangsung selama 15 menit hingga 1 jam tergantung dari kinerja laptop maupun koneksi internetmu.

Metode 3 : Reset Laptop ASUS Melalui Windows Recovery Environment (WinRE)

Untuk menertibkan ulang pabrikan laptop Asus melalui WinRE, Kamu mesti masuk ke WinRE (Windows Recovery Environtment) apalagi dahulu di laptop ASUS-mu. Jika tidak tahu bagaimana cara melakukannya, cari model yang sama persis secar online. Lalu ikuti bimbingan yang cocok untuk mengendalikan ulang laptop Asusmu berikut!

Simpan MyFiles :

  • Pilih trouleshoot ketika Kamu memasuki Windows Recovery.
  • Tekan “Reset This PC”.
  • Pilih “Keep my Files”.
  • Silahkan pilih user account dengan benar.
  • Masukkan password yang benar untuk akun tersebut dan tekan continue.
  • Pilih local reinstall.
  • Tekan “reset” lalu tunggu.

Selanjutnya pilih “Remove Everything” dengan mengikuti langkah-langkah di bawah :

  • Pergi ke pilihan Troubleshoot, kemudian pilih “Reset this PC”.
  • Lalu tekan “Remove everything”.
  • Pilih “Local Reinstall”.
  • Silahkan pilih pengaturan yang cocok “Just Remove my Files” atau “Fully Clean the Drive”.
  • Tekan reset dan tunggu.

Langkah-langkah di atas juga berfungsi untuk reset laptop ASUS dari Windows 7 atau Windows 8.

Oke, demikianlah ulasan tentang cara reset laptop ASUS yang harus Kamu ikuti bila ingin melaksanakan reset laptop apapun karena. Semoga bermanfaat!