May 16, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Reset Laptop Windows 10

Cara Reset Laptop Windows 10 - Cara Reset Laptop Windows 10

Cara reset laptop Windows 10 lazimnya bertujuan untuk mampu mengembalikan laptop atau komputer ke pengaturan permulaan. Performa laptop dan PC umumnya makin lemot bila digunakan terus menerus. Sesudah me-reset OS Windows 10, biasanya PC-mu akan tampak kembali gres. Kamu tak perlu menginstal ulang laptop secara menyeluruh. Dengan cukup me-reset OS Windows 10 saja, maka penyebab PC lemot pun akan hilang.

Selain itu, cara reset laptop Windows 10 penting juga bagi yang akan menjual PC semoga kondisinya terlihat mirip gres kembali. Untuk me-reset Windows 10 membutuhkan beberapa waktu. Jadi, tentukan perangkat PC atau laptopmu terhubung ke adaptor agar menangkal kekurangan baterai serta laptop tidak mati secara tiba-tiba dikala proses reset berjalan.

Kelebihan Reset Windows Dibandingkan Install Ulang Laptop

Ada beberapa kelebihan reset Windows jika dibandingkan dengan menginstal ulang laptop. Diantaranya berikut ini :

  • Menginstal laptop memerlukan bootabel, bahkan prosesnya cukup usang, sementara reset Windows sendiri cepat tanpa memerlukan boot.
  • Me-reset Windows tak akan meniadakan file atau data pribadimu.
  • Lebih mudah dan praktis untuk menangani problem atau error pada Windows tanpa harus menginstall ulang.

Pada opsi reset Windows sendiri, Kamu akan menerima 2 opsi yang mampu diseleksi, diantaranya remove everything atau keep my files. Apabila Kamu menentukan pilihan keep my files, Windows pun akan meniadakan seluruh acara dan aplikasi pihak ketiga. kemudian mengganti settingan Windows ke dalam settingan permulaan atua pabrik, lalu menginstal Windows tersebut tanpa meniadakan data eksklusif.

Baca Juga:   Cara Reset Laptop Asus

Sementara itu, apabila Kamu menentukan opsi remove everything,  biasanya Kamu akan ditunnjukan 2 pilihan kembali, diantaranya hanya menghapus aplikasi dan file atau menghapus seluruhnya secara keseluruhan.

Cara Reset Laptop Windows 10

Cara Reset Laptop Windows 10 - Cara Reset Laptop Windows 10
Reset Laptop Windows

Masuk ke Mode Reset Windows 10

Sebelum membahas ulasan lengkap terkait cara reset laptop Windows 10, ada 4 opsi cara yang dapat Kamu gunakan untuk memasuki pilihan mode reset windows. Diantaranya :

1. Melalui Opsi Kotak Pencarian

Ketuk kotak penelusuran pada Windows, kemudian ketikkan reset. Selanjutnya, Kamu akan ditampilkan beberapa akhirnya dan ketuk Reset This PC. Setelah itu, Kamu pribadi diarahkan menuju pilihan reset Windows. Langkah berikutnya ketuk “Get Started” jika ingin memulai.

2. Melalui Opsi Setting

Dalam mode desktop, Kamu tinggal menekan tombol adonan dari Windows+I, dengan begitu secara otomatis Kamu akan masuk ke sajian pengaturan. Silahkan pilih opsi Update and Security, lalu pilih recovery lalu pilih Reset this PC dan ketuk Get Started.

3. Melalui Command Prompt (CMD)

Kamu mampu memasuki CMD pada mode Admin. Lalu ketikkan pilihan “systemreset -factoryreset” selanjutnya tekan enter. Jika telah memasuki Reset this PC, maka langkah berikutnya perangkat akan me-reset Windows. Kita tahu bahwa ada 2 pilihan opsi reset, diantaranya remove everything dan keep files.

4. Melalui Menu Restart

Pastikan seluruh pekerjaan dan programmu telah tersimpan dengan baik. Jika semua acara sudha ditutup tinggal ketuk start menu, kemudian tekan tombol power kembali. Setelah itu, tekan SHIFT lalu tahan, sembari mengklik opsi restart. Secara otomatis, perangkat laptop pun akan me-restart. Selanjutnya pilih Troubleshoot, dan ketuk reset this PC

Tutorial Reset Laptop Windows 10

Setelah memahami klarifikasi di atas, pribadi saja berikut ini ulasan tentang cara reset laptop Windows 10 yang mesti Kamu pelajari :

Langkah 1 : Back UP Data Penting

Penting sekali melakukan back up data penting lebih dahulu sebelum memulai cara reset laptop Windows 10. Tujuannya untuk mengantisipasi biar data penting tidak hilang. Biasanya ada beberapa perangkat lunak yang dipakai untuk melakukan back up data. Tapi seharusnya Kamu bisa menggandakannya ke drive lain, baik itu harddisk eksternal atau flashdisk dengan kondusif.

Baca Juga:   Cara Reset Epson L3110

Langkah 2 : Reset Data Windows

Kamu mesti amati bahwa tiap versi Windows sendiri memiliki cara reset berlainan. Namun kali ini, kita cuma akan membahas cara reset laptop Windows 10. Windows 10 sendiri mempunyai fitur khusus me-reset PC. Ini dia langkah-langkahnya :

1. Buka Menu Pengaturan dan Pilih “Update & Security”

Pertama-tama, silahkan buka pilihan Settings lebih dahulu. Tekan “Update & Security”.

2. Pilih Recovery

Ketuk Recovery di jendela samping kiri. Dari sini, Kamu akan mendapati 2 opsi yang keap digunakan untuk melaksanakan reset PC, diantaranya “Advanced Startup”dan “Reset this PC”.

Untuk Advanced Startup lazimnya digunakan oleh hebat komputer dalam mengatasi duduk perkara pada PC. Hal ini pastinya dapat dikerjakan bila memiliki skill mendalam mengenai instal dan kerjakan upgrade PC.

Apabila Kamu tidak memiliki skill mendalam, pakai Reset this PC. Metode ini sebenarnya cukup aman serta mampu dikerjakan di rumah sendiri.

3. Tekan Get Started

Jika Kamu sudah yakin dengan reset this PC, maka selanjutnya tekan Get Started. Selanjutnya Kamu akan menyaksikan 2 opsi yang harus dipilih, yaitu Remove everything dan Keep my Files.

Dari sini, Kamu mampu menetapkan menghapus data metode tanpa meniadakan data pribadi lewat Keep my files. Bisa juga menghapus semua data dengan memilih Remove everything.

Namun selaku rekomendasi, hapus semua data kalau ada virus. Dengan begitu, virus pun akan eksklusif terhapus pada metode. Di samping itu, pastikan pula Kamu sudah melaksanakan back up data penting.

Apabila memilih pilihan Keep My Files, Kamu tinggal melanjutkan langkah selanjutnya. Tapi, kalau Kamu memilih opsi remove everything, mampu lompat saja ke langkah 5.

4. Ikuti Petunjuk

Sesudah itu, Kamu tinggal mengikuti kode hingga muncil Choose Settings. Nah, di sini biasanya terdapat kesepakatan restart PC.

Terdapat 3 opsi kesepakatan yang mau muncul, diantaranya :

  • Clean data, bila ingin meniadakan seluruh data di PC. Silahkan pilih NO jika Kamu tidak ingin menghapus semua isi PC.
  • Download Windows? yaitu pernyataan terakhir untuk mendownload serta menginstal ulang Windows. Kamu bisa menentukan “Yes” pada bagian ini.
  • Delete files from all drives? jikalau ingin menghapus seluruh data tersimpan pada semua drive. Silahkan pilih No apabila kamu ingin meniadakan cuma pada data metode di dalam disk C: saja.
Baca Juga:   Yahoo Messenger Punya Tampilan dan Fitur Baru

5. Ikuti Langkahnya dan Klik Reset

Kamu mampu mengikuti langkahnya hingga timbul pilihan Ready to reset this PC. Kemudian tekan reset kalau ingin me-reset Windows.

6. Tunggu Sampai Proses Reset Selesai

Kamu mesti perhatikan bahwa kalau memakai opsi Keep my Files option, biasanya akan muncul link memilih aplikasi tertentu yang harus diselamatkan. Sehingga beberapa aplikasi ini tak akan hilang saat proses reset berlangsung.

Sebagai catatan, pada laptop Acer sendiri Kamu bisa memanfaatkan tombol Alt+F10 bila ingin me-reset Windows 10 pada BIOS. Akan tetapi Kami belum tahu apakah metode ini mampu digunakan pada laptop yang lainnya atau tidak.

Melakukan cara reset laptop Windows 10 memang mampu dibilang cukup sukar, tetapi cara yang satu ini aman dicoba kalau Kamu ingin menanggulangi laptop yang lemot atau kinerjanya telah mulai menyusut. Karena dengan me-reset laptop Windows 10 tentu saja dapat mengembangkan kinerja dan kecepatan laptopmu.