May 17, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Reset Macbook

Cara Reset Macbook - Cara Reset Macbook

Ada beberapa cara reset Macbook yang bisa dikerjakan dan Kamu mampu mengikuti panduannya di artikel ini. Macbook mungkin lebih cepat bila dibandingkan perangkat yang lain. Akan tetapi, bukan mempunyai arti Macbook tak pernah mengalami dilema. Karena jikalau sering digunakan seiring waktu, maka kinerja dan kecepatan Macbook pun menjadi melambat.

Selain itu, mungkin saja Kamu ingin menjual perangkat Macbook milikmu dan Kamu ingin mengubahnya kembali seperti gres. Apapun alasannya adalah, Kamu mampu mencoba cara reset Macbook dengan gampang.

Sebenarnya tiap perangkat akan dibekali oleh fitur reset untuk mengembalikan pengaturan awal pada Macbook. Fungsi tersebut mampu dipakai saat perangkat sering mengalami error atau gangguan.

Cara Reset Macbook

Cara Reset Macbook - Cara Reset Macbook
Tutorial Reset Macbook

Tutorial Reset Macbook Dengan Praktis

Sebenarnya cara reset Macbook agak berbeda dari komputer pada umumnya. Pemiliknya mungkin agak kebingungan ketika melaksanakan instal ulang perangkat Macbook. Berikut ulasan untuk me-reset Macbook di bawah ini :

1. Sistem Pengaturan (PRAM)

PRAM atau Parameter Random Access Memory merupakan cara yang bisa dikatakan cukup cepat dalam menangani masalah ini. Dimana PRAM sendiri yakni memori berkapasitas kecil dan dipakai untuk melaksanakan system setting. Jika Kamu memiliki dilema ketika menyalakan komputer, selain itu ada kerusakan pada performa display dikala dinyalakan, Kamu bisa mencoba reset Macbook. Simak bimbingan reset Macbook di bawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan matikan Macbook. Kamu bisa mematikan Macbook, caranya dengan memakai menu Apple. Selain itu, mampu juga dengan menekan power kemudian tahan hingga kurang lebih 10 detik.
  • Kamu juga mampu mencoba melalui cara ini, yakni dengan cara menekan power sembari menahan ke-4 tombol Cmd+R+P+Opt serentak.
  • Selain itu, coba tahan terus dengan menekan variasi tombol empat tadi, sampai menciptakan bunyi saat Macbook menyala.
Baca Juga:   Cara Reset Ecu Mobil

2. Reset Pada Baterai

Jika Kamu masih bingung bagaimana cara reset baterai, dengan langkah-langkah di bawah ini :

  • Silahkan balik Macbook-mu, lalu cek baterainya, apakah dapat dilepas atau sudah tertanam. Apabila baterainya dapat dilepas, cobalah melepas sebentar saja, lalu pasang kembali.
  • Cek Management Cotnroller atua SMC untuk mengendalikan power setting dan kipas pada Macbook. Setelah itu, kerjakan reset selaku solusi memperbaiki kerusakan terkait baterai perangkatmu.
  • Tekan power kemudian tahan sampai 5 detik untuk melepaskan sistem kelistrikan yang ada.
  • Lalu masukkan lagi baterainya lalu tekan power kalau ingin menyalakannya.

3. Factory Reset

Cara reset Macbook ini yakni cara yang mampu dilakukan kalau cara di atas masih belum sukses. Mengingat metode ini meniadakan semua data yang sudah tersimpan pada Macbook. Berikut ulasannya :

  • Sebelum factory reset, alangkah baiknya data yang sudah tersimpan dilakukan back up lebih dulu.
  • Nyalakan lagi kemudian tahan tombol Cmd+R.
  • Silahkan pilih opsi recovery HD.
  • Setelah itu, tekan Disk Utility.
  • Tekan tombol erase jikalau ingin menghapusnya.
  • Lalu tutup lagi disk utility.
  • Mulailah menginstal kemudian tunggu sampai prosesnya berhasil.

Itulah beberapa langkah dan metode cara reset Macbook yang dapat dipilih supaya perangkat Macbook-mu mampu dipulihkan kembali. Selain itu, bila Kamu sedang mencari laptop terbaik untuk membantu pekerjaanmu lebih mudah, Kamu bisa menjajal Macbook. Ada beberapa keunggulan dan kelemahan Macbook yang dapat Kamu pikirkan.

Kelebihan Macbook

Berikut ini, ada beberapa keunggulan perangkat Macbook yang harus Kamu ketahui untuk menjadi bahan pertimbangan menentukan Macbook. Ini dia ulasannya :

1. Sistem Keamanan OS yang Baik

Produk Macbook ini memiliki keamanan OS yang bagus. Jika dibandingkan produk lainnya, semisal Windows, tentu saja keamannya lebih baik. Tak cuma itu saja, pengguna Macbook pun tak memerlukan antivirus embel-embel. Pasalnya software antivirus tersebut dapat menghemat memori.

2. Daya Tahan Mesin yang Kuat

Kelebihan Macbook yang lain adalah mesinnya memiliki daya tahan yang kuat. Rasanya masuk akal bila Macbook banyak dipilih walaupun harganya mahal. Karena daya tahan pada mesin Macbook yang kuat menjadikannya mampu tahan di waktu yang cukup lama.

Baca Juga:   Cara Reset Ulang Windows 10

Di samping itu, OS yang bagus pun bisa menjadi salah satu kelebihannya bila dibandingkan produk lainnya. Selain itu, perangkat Macbook juga memiliki fitur unggulan yang cukup banyak. Jika Kamu membeli perangkat Macbook, maka Kamu juga mampu menemukan software office atau aplikasi pembuatan kata. Hal tersebut tentu saja sungguh membantu menyelesaikan pekerjaan kantor atau pekerjaan sekolah.

Adapun hal yang bisa membuktikan kalau Macbook memiliki daya tahan besar lengan berkuasa adalah dari pemakaian seri lama. Misalnya saja, pemakaian Macbook tahun 2015 mampu digunakan hingga tahun 2019. Hal tersebut pertanda kalau Macbook sendiri merupakan produk yang daya tahannya baik.

3. User Friendly

Keunggulan perangkat Macbook berikutnya yaitu dari sistem operasinya. Perangkat macbook dari Apple tersebut memberikan sistem operasi cukup baik. Adapun sistem tersebut  berjulukan MacOS. Ini tentu saja bisa menawarkan pengalaman yang baru untuk para penggunanya. Dengan begitu, menawarkan akomodasi pada penggunaannya. Tak cuma mudah digunakan, metode tersebut juga memiliki faedah lebih baik.

4. Hardware yang Berkualitas Tinggi

Saat menggunakan Macbook, umumnya jauh terasa lebih nyaman dibandingkan laptop yang lain. Ini disebabkan hardware yang tersedia memiliki kualitas tinggi. Semisal pemakaian trackpad dan keyboard yang gampang. Di samping itu, sound mampu menghasilkan bunyi lebih jernih.

5. Dapat Menginstall Windows

Keunggulan berikutnya di Macbook adalah mampu menginstal Windows. OS Windows juga mampu dijalankan pada laptop Macbook. Apabila ingin menginstal OS Windows, Kamu dapat melaksanakan sebuah tata cara. Dimana tata cara ini dinamakan bootcamp. Dimana metode tersebut memungkinkan untuk menjalankan OS lain secara virtual atau paralel.

Kekurangan Macbook

Walaupun menunjukkan banyak keunggulan, Macbook juga mempunyai beberapa kelemahan. Diantaranya sebagai berikut :

1. Tempat Service yang Masih Jarang

Kekurangan Macbook Apple adalah kawasan service jarang didapatkan. Berbeda dengan laptop yang lain yang umumnya bisa dijalankan service di layanan yang tidak resmi. Tapi keluaran Apple sendiri cuma mempunyai tempat service official atau resmi. Makara, produk hanya mampu diperbaiki di jasa service official saja dan tidak bisa dibawa ke outlet atau jasa tidak resmi.

Baca Juga:   Review Vivo V11 Pro Vs V11 Spesifikasi Dan Harga Terbaru

2. Harga Aksesoris yang Mahal

Harga spare part Macbook sendiri terbilang mahal. Tapi disamping itu, aksesoris yang lain pun cukup mahal. Misalnya kabel data dengan harga yang begitu mahal. Adapun hal yang mesti dipersipakan saat berbelanja Macbook adalah harus siap berbelanja aksesoris yang yang lain dengan harga lebih mahal.

3. Harga Repair atau Perbaikan Mahal

Sama dengan laptop lain, apabila ada duduk perkara atau keruskaan di dalamnya, perangkat Macbook juga harus dikerjakan perbaikan atau pengecekan. Akan namun, service atau perbaikan dari Macbook sendiri nantinya dikenakan ongkos lebih mahal dibanding yang lainnya.

Mislanya saja, kalau terjadi kerusakan pada keyboard Mac, maka ongkos perbaikannya mampu sampai jutaan rupiah. Di samping itu, apabila display layarnya mengalami kerusakan biayanya juga cukup tinggi. Saat memilih berbelanja perangkat macbook, Kamu harus sudah mengerti resiko pengeluaran ongkos yang lebih besar.

Oke, itulah kelebihan dan kelemahan Macbook yang harus Kamu pikirkan sebelum menentukan perangkat ini. Selain itu, kalau perangkat Macbookmu mengalami kerusakan, Kamu bisa mencoba cara reset Macbook di atas. Semoga bermanfaat!