May 16, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Reset Password Gmail

Cara Reset Password Gmail - Cara Reset Password Gmail

Lupa dengan password Gmail sendiri yaitu hal yang sering dialami banyak pengguna Gmail. Apabila Kamu mengalami hal ini, sebetulnya Google telah mengantisipasinya dengan melakukan cara reset password Gmail gampang. Asalkan Kamu sudah menyertakan nomor hp atau telepon pemulihan.

Salah satu tujuan dan manfaat mendaftarkan atau memverifikasi nomor hp pada akun Google ialah akan berguna saat kita lupa kata sandi dan harus melakukan reset password.

Jika Kamu sedang mengalami kondisi yang serupa, ialah lupa password Gmail maka Kamu bisa menjajal cara reset password Gmail dengan bimbingan di bawah ini!

Cara Reset Password Gmail

Cara Reset Password Gmail - Cara Reset Password Gmail
Reset Password Gmail

Tutorial Reset Password Gmail Praktis

Di bawah ini, kita akan mencoba cara reset password Gmail memakai 3 opsi, yakni lewat nomor telepon pemulihan, alamat email pemulihan dan pertanyaan pemulihan. Untuk persiapan, kedua opsi tersebut harus ditambahkan dikala mendaftar Gmail apalagi dahulu. Lalu, pastikan Kamu tidak lupa akun email beserta password selaku saluran masuknya dan nomor hp pemulihan yang digunakan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan cara reset password Gmail dengan mudah berikut ini :

1. Reset Password Gmail Melalui Alamat Email Pemulihan

Untuk mengatasi lupa password Gmail yaitu Kamu bisa menggunakan akun email pemulihan atau cadangan yang dimasukkan dikala mendaftar Google. Apabila Kamu sudah memasukkan akun email cadangan/pemulihan, ini ia langkah-langkahnya :

  • Masukan akun email-mu di laman login akun Gmail. Lalu tekan next.
  • Ketika diminta menginputkan password, tekan forgot password.
  • Gmail selanjutnya akan langsung mengirimkan verification code ke gmail pemulihan yang dimasukkan ketika mendaftar gmail. Inputkan aba-aba verifikasi dan tekan next.
  • Kamu akan eksklusif diarahkan menuju pengerjaan password email yang baru pada Gmail. Sesudah menciptakan password, tekan Save Password.

Sesudah Kamu menciptakan password yang baru, ini artinya sudah berhasil masuk ke akun Gmail-mu.

Baca Juga:   Cara Reset Macbook

2. Reset Password Gmail Memakai Nomor Telepon Pemulihan

Jika Kamu tidak dapat mengakses akun email pemulihan yang dibuat dikala daftar Gmail, Kamu masih bisa menggunakan nomor hp yang pernah didaftarkan. ini ia langkah-langkahnya selaku berikut :

  • Masukkan akun Gmail-mu di laman login Google Mail. Kemudian ketuk next.
  • Ketika diminta menginputkan password, ketuk forgot password.
  • Di tampilan berikutnya, masukkan verification code, ketuk Try another way.
  • Setelah itu, Kamu diminta untuk menentukan mendapatkan verification code lewat telepon atau pesan.
  • Cek hpmu dan inputkan verification code yang telah dikirimkan di kolom yang telah tersedia. Tekan next.
  • Lalu, Kamu cukup menciptakan password yang gres untuk masuk ke Gmail. Setelah itu, tekan Save Password. Jika telah berhasil login, Kamu akan menerima rekomendasi berupa Security Checkup.

3. Reset Password Gmail Melalui Pertanyaan Pemulihan

Jika Kamu sudah ada di halaman pemulihan maupun memilih “lupa password”, maka salah satu pilihan yang bisa Kamu dapatkan adalah lewat pertanyaan pemulihan. Ini lazimnya cuma mampu diperoleh kalau Kamu mempunyai opsi pertanyaan pemulihan saat sedang menciptakan akun Google Mail ketika pertama kali mendaftar. Sehingga Kamu dapat memakainya saat lupa kata sandi Gmail. Biasanya pertanyaan pemulihannya diubahsuaikan dengan apa yang diseleksi dikala pertama kali. Adapun langkah-langkahnya berikut ini :

  • Pertama-tama, Kamu akan langsung dialihkan menuju halaman tempat mengisi kata sandi yang dikenang terakhir kali.
  • Ketuk opsi “try another way”.
  • Selanjutnya tekan tautan tersebut hingga Kamu mendapatkan pertanyaan pemulihan kemudian tekan tombol selanjutnya jika ingin lanjut.
  • Di halaman berikutnya, Kamu diminta memasuki tanggal, bulan dan tahun pembuatan akun Gmail. Silahkan tekan selanjutnya.
  • Lalu kalau telah diisi dengan benar, selanjutnya akan diminta me-reset password serta menginputkan password yang baru. Setelah me-reset password gres, tinggal masuk kembali ke akun Gmail.

Tips Untuk Menyelesaikan Cara Mengatasi Lupa Password Gmail

Sebenarnya, ada beberapa langkah yang dapat dibarengi saat Kamu tengah menuntaskan beberapa langkah cara menangani lupa password Gmail supaya berlangsung dengan lancar. Ini ulasannya :

Baca Juga:   Cara Reset Printer Epson L3110

1. Pakai Lokasi dan Perangkat yang Sama

Sebaiknya pakai device atau perangkat komputer/telepon yang kerap dipakai untuk login ke dalam akun tersebut. Di samping itu, pastikan untuk memakai browser web yang sering digunakan untuk login. Pastikan pula lokasi ada di tempat lazimnya Kamu login mirip kantor dan rumah.

2. Menjawab Pertanyaan

Kamu harus tanpa kendala menjawab seluruh pertanyaan sebaik dan sebenar mungkin. Jika ragu menjawabnya, biasanya pihak Google pun akan mengembalikan akunnya. Jadi, lebih baik lagi bila menawarkan tebakan yang terbaik dibandingkan tidak mengisi jawabannya sama sekali.

3. Cek Password dan Jawaban

Sebaiknya hindari kesalahan ejaan pada pasword atau jawaban. Misalnya memperhatikan karakter kecil atau besar serta ejaan pada password-mu. Lalu tentukan untuk tidak typo baik pada nomor maupun simbol terentu.

Selain itu, dikala diharuskan mencantumkan password yang terakhir, tentukan untuk memasukkan kata sandi modern yang diingat. Apabila Kamu tidak mengingatnya, inputkan password sebelumnya. Dengan makin gres kata sandinya, pasti semakn baik.

Sementara itu, jika ada di halaman pertanyaan keselamatan. Sebaiknya berikan tanggapan yang Kamu ingat. Apabila tidak ingat, Kamu harus memperlihatkan tebakan terbaikmu. Namun jikalau ingat dan ternyata tetap tidak mampu masuk, coba pakai kombinasi jawaban berbeda. Misalnya, pakai “bdg” kalau dibandingkan menggunakan “bandung” atau lebih ke abreviasi.

4. Memasukkan Email yang Sudah Terhubung

Ketika Kamu diminta memasukkan akun email recovery, silahkan masukkan akun email yang telah ditambahkan pada akun. Misalnya, Kamu dapat memasukkan akun email pemulihan untuk login lagi, atau alamat email alternatif yang mampu dipakai untuk masuk atau login. 

5. Menambahkan Informasi yang Bisa Membantu

JIka masih belum login, dan diarahkan pada halaman pertanyaan kenapa Kamu tak dapat mengakses akun, Kamu bisa memberikan jawaban berupa informasi yang mampu membantu. Misalnya saja :

  • Kamu menerima pesan error.
  • Sedang bepergian.
  • Merasa akun telah di hack malware.
  • Kamu sudah mengubah kata sandi belum usang ini tetapi tidak ingat.

Jika penjelasanmu sudah sesuai dengan beberapa isu yang Kamu masukkan, maka pihak Google pun mampu membantumu dengan mudah.

Baca Juga:   Cara Reset Password Wifi Indihome

Kesimpulan

Jika Kamu telah mengikuti langkah-langkan untuk menanggulangi lupa kata sandi Gmail dengan tepat di atas, Kamu seharusnya telah dapat me-recovery Gmail milikmu. Akan tetapi, alangkah baiknya jikalau setelahnya Kamu simpan kata sandi Gmail atau kata sandi akun yang lain agar tidak lupa. Simpan password tersebut di tempat yang sekiranya kondusif.

Tak cuma itu, Kamu juga tak perlu ragu memajukan tata cara keselamatan Google Mail dikala melakukan pendaftaran. Pastikan sebisa mungkin, untuk melengkapi info identitasmu dengan sebanyak mungkin. Makara, ketika Kamu lupa password Gmail, atau ada pencurian identitas akun Gmail, mengalami kerusakan dan lainnya, akan lebih gampang me-recovery Gmailmu.

Oke, demikianlah ulasan wacana cara reset password Gmail yang mampu Kamu praktekkan ketika lupa password Gmail. Semoga berfaedah dan selamat mencoba!