May 19, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Reset Remote Ac Sharp

Cara Reset Remote AC Sharp - Cara Reset Remote Ac Sharp

Bagaimana cara reset remote AC Sharp? Jika Air Conditioner-mu tak menyala ketika remote-nya ditekan, mungkin saja sensor AC di dalam remote AC-mu harus diperbaiki. Remote control atau sensor Air Conditioner merupakan perangkat elektro terpenting yang terdapat dalam Air Conditioner. Jika kedua alat tersebut tak berfungsi tentu saja akan sangat menyusahkan. Sebab posisi AC ada di bagian atas, kemudian jikalau Kamu ingin menyalakannya dengan cara manual, pasti harus naik dengan tangga. Tentu saja hal ini akan merepotkan.

Kenapa AC Tidak Dapat Dinyalakan dari Remote Control?

Sebelum membahas cara reset remote AC Sharp rusak, ada beberapa penyebab AC Sharp milikmu tidak mampu dinyalakan dari remote control. Berikut ini ulasannya :

1. Remote Control Tak Berfungsi

Salah satu penyebab remote AC tak mampu menyala adalah, Kamu mampu mengeceknya dengan mendekatkan remote pada sensor. Adapun solusinya bila remote tak berfungsi secara maksimal jikalau tak didekatkan ke sensor, yakni yang mesti dilaksanakan pertama kali cukup mengubah baterai pada remote AC-mu.

Silakan cek fungsi remote control pada AC, dengan cara berikut ini :

  • Tekan remote control kalau ingin mengevaluasi apakah lampu LED-nya masih menyala ataukah sudah mati, caranya gunakan kamera digital atau kamera hp.
  • Jika LED-nya masih menyala, ini artinya kondisi remote-mu masih normal.
  • Apabila LED menyala tetapi tidak berfungsi, maka penyebabnya yakni komunikasi nirkabel IR (Infra Red) tak mampu menerima data dari sensor AC dengan remote control.
  • Pastikan remote AC memakai remot original.
  • Simpan remote AC di lingkungan yang kondusif supaya tak terinjak.
Baca Juga:   Cara Reset Remote Kendaraan Beroda Empat

2. Sensor AC Rusak

Penyebab terjadinya sensor AC rusak disebabkan oleh 2 hal. Faktor pertama meningat sensor AC terkena cipratan air ketika melaksanakan penyemprotan apda evaporator. Bisa juga sebab air menetes ketika melakukan pendinginan. Adapun cara mengatasinya yakni dengan melakukan pembersihan air yang terdapat pada sensor memakai hair dryer atau dijemur. Untuk mengetahui apakah ada kerusakan pada sensor AC atau tidak, yakni dengan cara melakukan pengukuran menggunakan multitester.

3. Kerusakan Pada IC Control

Untuk kerusakan pada IC control sendiri tak dapat dilaksanakan sendiri, maka dari itu Kamu mesti menyerahkan kendala ini ke teknisi AC.

Mengetahui Kode Remote AC Sharp

Sebenarnya sebelum Kamu melaksanakan cara reset remote AC Sharp, Kamu harus tahu dahulu isyarat AC Sharp.

Pemakaian AC yang dipakai untuk mendinginkan udara di dalam ruangan makin lama makin bertambah penggunaannya. Dalam tiap 1 paket AC umumnya selalu dilengkapi 1 buah unit AC lengkap bersama kipas outdoornya, serta 1 buah remot. Adapun persoalan yang kerap terjadi yaitu kerusakan remote AC.

Oleh alasannya itu, sangat penting untuk memiliki remote universal. Remote universal lazimnya dapat dipakai di semua jenis aba-aba remote AC. Tak terkecuali remote AC Sharp.

Meskipun kualitas remote universal mungkin tidak semenarik remote original. Tapi remote universal mampu dijadikan sebagai penyelesaian untuk membuat lebih mudah menanggulangi remote AC Sharp yang rusak.

Tiap remote AC pastinya memiliki kode. Umumnya isyarat ini akan sungguh berkhasiat karena mampu menyambungkan sensor dari remote ke unit AC yang lainnya. Apabila Kamu mempunyai AC merk Sharp, Kamu mampu menggunakan remote AC universal untuk mengubah remote AC Sharp-mu yang telah rusak.

Adapun aba-aba remote AC merk Sharp sendiri berada di kisaran 720-739. Melalui aba-aba ini, Kmau pun mampu membuat AC mampu dipakai kembali dengan mudah.

Cara Reset Remote AC Sharp

Cara Reset Remote AC Sharp - Cara Reset Remote Ac Sharp
Reset Remote AC Sharp

Reset Remote AC Sharp Dengan Praktis

Sesudah Kamu mengenali isyarat remote Sharp yang mampu dipakai pada remote universal, tentu saja Kamu mampu langsung memasukkan isyarat secara manual. Kode inilah yang nantinya mampu Kamu masukkan ke dalam cara reset remote AC Sharp. Berikut beberapa langkah gampang melakukan reset pada remote AC Sharp di bawah ini :

Baca Juga:   Cara Menyertakan Link Di Instagram Stories Dengan Mudah

1. Aktifkan AC Sharp di Rumahmu

Langkah permulaan yang harus Kamu kerjakan ialah Kamu dapat mengaktifkan AC Sharp di dalam rumahmu. Namun jika Kamu menyalakan AC Sharp, seharusnya dikerjakan secara manual. Sebab remote AC Sharp originalmu sudah rusak, jadi tak bisa digunakan kembali.

2. Arahkan Remote Universal ke Unit AC

Jika AC Sharpmu sudah menyala, Kamu bisa mengarahkan remote pengganti atau remote universal ke dalam unit AC. Apabila hal ini sudah dilakukan, Kamu punbisa menekan tombol selama kurang lebih 3 detik. Cek pada display layar pada remote AC-mu, bila telah berkedip Kamu mampu mengubah arahan AC-mu.

Cara reset remote AC Sharp selanjutnya, Kamu mampu menggunakan tombol temperatur, untuk tombol (-) jikalau ingin menghemat angka, sedangkan tombol (+) guna menambahkan angka pada arahan yang sudah ditunjukkan di display remote-mu.

3. Masukkan Kode Remote AC Sharp

Langkah berikutnya adalah Kamu mampu menekan OK saat instruksi yang dimasukkan sama seperti isyarat AC Sharp yang Kamu miliki. Kamu mesti ingat bahwa isyarat AC brand Sharp adalah antara kisaran 720-739.

4. Coba Tes Tombol Remote Lain

Apabila arahan AC Sharp di atas sudah dimasukkan, Kamu mampu mulai menjajal mengecek tombol remote lainnya. Kamu mesti tahu, kalau instruksi yang dimasukkan sudah sesuai, dengan begitu semua tombol mampu berfungsi dengan baik. Namun bila tidak berfungsi, Kamu dapat dengan kode yang lain. Tujuannya biar semua tombol di remote AC Sharp dapat berfungsi dengan baik.

Mengenali Tombol-Tombol Remote AC Sharp

Sebelum menuntaskan pembahasan cara reset remote AC Sharp, bagi pengguna AC gres Kamu pasti mesti tahu tombol-tombol yang terdapat pada remote AC Sharp. Berikut beberapa tombol remote AC Sharp yang mesti dikenali, berikut ini :

1. On/Off

Tombol On/Off umumnya terletak di ujung paling kanan yang bertanda lingkaran serta garis di tengahnya. Adpaun fungsi tombol ini adalah untuk mengoperasikan AC Sharp apakah akan dinyalakan (ON) atau ingin dimatikan (OFF). Cara menggunakan tombol ini, cukup mengarahkan remote tersebut ke AC sembari menekan tombol tersebut.

Baca Juga:   Cara Reset Tape Mobil

2. Mode

Di dalam remote AC Sharp, Kamu akan menemukan beberapa pilihan mode pengoperasian. Berikut ini beberapa mode yang bisa Kamu tekan sesuai kebutuhan :

  • Cool Mode. Adalah mode yang wajib dipilih dikala Kamu ingin memberikan hawa yang acuh taacuh. Mode cool  ini sungguh ideal dipakai di ruangan yang berukuran sangat besar. Karena mode ini mampu memberikan rasa sejuk dan masbodoh hingga ke seluruh bab ruangan.
  • Dry Mode. Untuk mode ini, agak berlainan dengan cool mode meskipun keduanya memberikan kesejukan. Sebab jikalau cool mode menolong AC mendinginkan ruangan secara sarat , sementara dry mode tak mengharuskan AC melakukan pekerjaan penuh. Adapun fungsinya adalah untuk mengurangi kelembaban dan bukan mendinginkan.
  • Auto Mode. Jika Kamu memilih auto mode, AC pun akan bekerja dengan cara otomatis. Adapun cara kerja dari AC yang diatur menggunakan remote AC Sharp dengan mode ini ialah mendeteksi suhu yang nantinya akan disertai oleh tindakan otomatis dari AC.

3. Fan

Tiap produk AC Sharp biasanya dilengkapi oleh kipas atau fan didalamnya. Fan inilah yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Fan Mode ini bisa Kamu jumpai di samping kanan pada tombol mode yang bergambar seperti kipas. Kamu bisa memilih tombol ini untuk melakukan pengaturan kecepatan kipas.

4. Tombol Temperatur atau Suhu

Tombol temperatur pada remote AC Sharp terletak id bab atas serta bawah mode tombol. Pada tombol atas, yang bertanda panah ke atas digunakan untuk memajukan suhu sementara tombol di bawah yang berikon tanda panah ke bawah untuk menurunkan temperatur.

Sebenarnya masih ada tombol yang lain yang mampu Kamu manfaatkan pada remote AC Sharp dan tidak mampu dibahas satu per satu. Diantaranya Air Swing, Plasmacluster Operation, Jet Kuat Operation, dan Timer.

Oke, demikianlah ulasan wacana cara reset remote AC Sharp yang bisa Kamu coba berikut beberapa tombol fungsi pada remote AC Sharp yang harus diketahui. Semoga bermanfaat!

close