May 16, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Screenshot Iphone 11

Cara Screenshot iPhone 11 200x112 - Cara Screenshot Iphone 11

Fitur tangkapan layar atau screenshot merupakan salah fitur memiliki kegunaan yang mampu Kamu manfaatkan. Tapi sayangnya, masih saja banyak pengguna yang tak mengenali fitur screenshot, khususnya bagi yang memakai iPhone 11 untuk pertama kalinya. Padahal cara screenshot iPhone 11 cukup mudah dikerjakan.

Terkadang, kita ada saja harapan untuk melakukan tangkapan layar pada gambar di iPhone. Entah itu, hanya sebab ingin menyimpan hasil tangkapan layar saja, atau mungkin ingin menunjukkan bukti ke orang lain pada layar ponsel pintar tersebut.

Fitur Screenshot Pada iPhone

Pada iPhone versi atau generasi sebelumnya dengan Touch ID atau tombol home, pengambilan screenshot umumnya dilaksanakan memakai tombol power dan home secara serempak hingga beberapa detik. Kombinasi tombolnya tampakberlainan antara perangkat smartphone android dengan iPhone.

Sesudah tombol Touch ID atau home dihilangkan di iPhone X maupun di atasnya, kombinasi tombol dalam mengambil tangkapan layar pun turut berubah. Apalagi pada perangkat iPhone 11 series, cara screenshot-nya telah pasti tak lagi sama. Lalu, bagaimana cara screenshot iPhone 11?

Cara Screenshot iPhone 11

Cara Screenshot iPhone 11 200x112 - Cara Screenshot Iphone 11
Screenshot iPHone 11

Tutorial Screenshote iPhone 11 (iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max)

Jika Kamu ingin melakukan tangkapan layar pada gambar di iPhone, maka ada beberapa langkah cara screenshot iPhone 11 yang mampu dicoba berikut ini :

  • Persiapkan layar yang hendak di screenshot melalui perangkat iPhone. Kemudian buka aplikasi atau buka pada bab tertentu di situs yang mau Kamu ambil tangkapan layar.
  • Lalu tekan kombinasi tombol volume up (+) dan power bersamaan untuk melaksanakan tangkapan layar. Biasanya tombol power terletak di samping kanan iPHone-mu ketika Kamu menyaksikan layar. Sementara tombol volume up atau naik sendiri adalah tombol atas yang ada di segi berlawanan pada hpmu.
  • Kamu bisa melepaskan kedua tombol tersebut. Dari sini, Kamu akan menemukan flash  berwarna putih pada layar, yang disertai oleh bunyi shutter pada kamera. Selanjutnya Kamu bisa melepaskan tombol dengan segera. Hasil tangkapan layar, akan disimpan secara otomatis pada aplikasi fotomu. Kamu bisa menemukannya pada folder screenshot atau folder bernama all photos.
  • Silahkan klik gambar kecil jika ingin mengedit atau melihat screenshot. Sesudah mengambil screenshot, biasanya Kamu akan memperoleh thumbnail sementara pada samping kiri bawah di layar hp. Kamu mampu mengetuk thumbnail tersebut bila hendak membuka screenshot untuk mengeditnya, mampu juga menggeseknya ke samping kiri jikalau hendak menyimpannya.
Baca Juga:   Menangani Aplikasi Whatsapp Untuk Pc Blank Putih Di Windows 7, 8 Dan 10

Itulah langkah-langkah cara screenshot iPhone 11 yang bisa Kamu coba, gimana mudah kan?

Cara Screenshot iPhone Seri Lainnya

Selain cara screenshot iPhone 11, Kamu juga bisa menjajal  screenshot untuk perangkat iPhone seri yang lain. Setiap tipe iPhone menunjukkan performa dan fitur yang terus berubah sehingga menciptakan cara screenshot pun mengalami perbedaan, tergantung dari jenis ponsel pintar yang dipakai. Ini dia tindakan screenshot perangkat iPhone yang lain yang bisa Kamu coba :

1. Screenshot Memakai Tombol Samping dan Utama

Bagi pengguna iPhone 4, Kamu bisa mencoba cara screenshot ini. Perlu kita ketahui, tahun 2014 lalu, pabrikan Apple sudah meluncurkan seri iPhone dengan tombol samping, selaku pengganti tombol atas di model sebelumnya. Selain itu, iPhone 4 tergolong tipe pertama yang memiliki tombol samping.

Hal tersebut pastinya sangat mempengaruhi cara screenshot di perangkatnya. Namun sama halnya dengan tipe sebelumnya, seluruh tipe perangkat ponsel pintar tersebut masih memiliki tombol utama di bagian depan.

Melalui tombol tersebut itulah, ada banyak fungsi yang mampu dikerjakan oleh pengguna dengan cepat. Fungsi salah satunya ialah untuk melakukan screenshot. Ada berbagai macam iPhone yang mempunyai tombol samping, seperti tipe 7.

Berikut langkah cara melakukan tangkapan layar pada iPhone 7 beserta semua tipe iPhone yang memiliki tombol samping, berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan pilih tampilan layar yang mau di screenshot.
  • Silahkan tekan kombinasi antara tombol utama di depan bareng tombol samping.
  • Setelah itu, balasannya lazimnya akan langsung muncul berupa gambar kecil sempurna di pojok sebelah kiri pada bawah layar hpmu.
  • Jika ingin melihatnya, Kamu bisa mengetuk gambar tersebut atau mampu memindah ke samping kiri jika ingin menutupnya.

2. Screenshot Memakai Tombol Atas dan Tombol Utama

iPhone besutan Apple diluncurkan pertama kali tahun 2007, dan seri iPhone tersebut memiliki 2 tombol penting, adalah tombol power terletak di atas dan disebut sebagai tombol atas, serta tombol home atau utama di depan.

Kedua tombol tersebut memiliki fungsi penting untuk kegiatan tangkapan layar di perangkat gadgetmu. Seluruh tipe hp yang memiliki tombol tersebut sudah mempunyai kesanggupan dalam melakukan tangkapan layar.

Baca Juga:   Daftar Hp Xiaomi Layar Amoled Terbaru Di Tahun 2021

Sebenarnya caranya sungguh gampang, Kamu bisa mengerjakannya dengan cepat. Seri iPhone 5s yang mempunyai tombol atas juga termasuk salah satu varian terlaris yang dijual oleh Apple. Adapun langkah-langkah screenshot perangkat iPhone 5s mampu dijalankan lewat tutorial berikut :

  • Pilih mana penampilan gamar yang mau disimpan menggunakan tata cara screenshot.
  • Silahkan tekan tombol bab atas serentak tombol home atau utama sebentar.
  • Lakukan pratinjau hasil screenshot di bawah sudut sebelah kiri pada layar.
  • Jika ingin membuka preview, Kamu mampu melakukannya dengan cara mengetuknya, lalu geser ke samping kiri jika ingin menutupnya.

3. Screenshot Seri iPhone X ke Atas

Pabrikan Apple selalu memanjakan para penggunanya dengan memperlihatkan pergantian signifikan, dimulai semenjak diluncurkannya seri iPhone X tahun 2017 kemudian. Mulai dari tipe iPhone X, kita tak lagi memperoleh tombol home bab depan pada gawai besutan Apple tersebut.

Tak hanya dari segi penampilan fisiknya yang mengalami perubahan, namun juga dari sistem keamanannya. Semua perangkat iPhone X maupun di atasnya telah memakai fitur Face ID yang menggantikan peranan Touch ID.

Pasalnya fitur baru tersebut melakukan pekerjaan dengan cara memindai tampang pengguna dalam mengakses ke perangkat hpmu. Keberadaan fitur Face ID telah membuatnya kehilangan tombol home, dan pastinya bisa mengganti cara tangkapan layar yang dijalankan pada jenis atau varian sebelumnya.

Berikut cara tangkapan layar pada seri iPhone X atau di atasnya yang memiliki fitur Face ID. Diantaranya :

  • Silahkan pilih tampilan yang ingin dilakukan screenshot.
  • Kemudian tekan tombol Volume Naik dan tombol samping secara serempak dengan tepat.
  • Hasil tangkapan layar pun akan muncul di pojok kiri bawah pada layar yang berbentuk gambar berskala kecil.
  • Jika ingin menyaksikan alhasil, klik gambar kecil atau geser ke samping kiri jikalau ingin menutupnya.

Bagaimana Cara Menemukan Hasil Screenshot Pada iPhone 11?

Tak sedikit orang yang menyampaikan bahwa hasil tangkapan layar seringkali tak tersimpan pada File Manager. Apabila hal tersebut terjadi, berikut ulasan cara mendapatkan tangkapan layar dari iPhone 11, diantaranya :

Baca Juga:   Agar Tidak Error Menghubungkan Shareit Dari Hp Android Ke Pc

  • Silahkan buka Galeri di hpmu.
  • Setelah itu, tap pada folder foto, pilih album.
  • Kemudian di folder tangkapan layar, Kamu akan melihat seluruh hasil screen shot yang telah dilaksanakan.
  • Selesai.

Itulah langkah cara screenshot iPhone 11 dan bimbingan tangkapan di seri iPhone yang lain beserta cara memeriksa hasil screenshot. Semoga berfaedah!