May 16, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Servis Ac Kendaraan Beroda Empat

Cara Servis AC Mobil 200x112 - Cara Servis Ac Kendaraan Beroda Empat

Mengetahui cara servis AC kendaraan beroda empat sendiri bekerjsama sangat penting, dengan begitu bisa menghemat pengeluaran tanpa mesti memanggil jasa servis AC. Sistem AC mobil sendiri ialah adonan dari beberapa parts, komponen atau perlengkapan yang melakukan pekerjaan , balasannya kita dapat mengontrol temperatur pada kabin serta mampu menghasilkan udara yang dingin.

Cara Servis AC Mobil

Cara Servis AC Mobil 200x112 - Cara Servis Ac Kendaraan Beroda Empat
Servis AC Mobil Mandiri

Panduan Servis AC Mobil

Di bawah ini ada beberapa panduan cara servis AC kendaraan beroda empat, melakukan pengecekan dan investigasi menyeluruh pada seluruh unsur AC kendaraan roda empatmu. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya berikut ini :

1. Mengecek Kondisi Kerja Pada Kompressor AC Mobil

Pasalnya kompresor AC pada kendaraan roda empat ini terbagi ke dalam 2 unsur utama, diantaranya magnetic clutch, dan kompresor. Ada beberapa  hal yang mesti dilaksanakan dalam pemeriksaan kompresor AC, diantaranya mengevaluasi kondisi fisik, pengecekan oli pada bagian dinding kompresor dan yang lain. Jika ternyata ada oli menempel di dinding kompresor, ini artinya kompresor pada mobilmu mengalami kebocoran.

Bagian-bab pada kompresor AC selaku penyebab terjadinya kebocoran freon bercampur oli diantaranya dari pengemasan antara back over dan front coverseal shaft compressor atau reliev valve dan sambungan pipa AC kompresor.

Sementara pengecekan kinerja kompresor AC untuk memompa refrigerant dapat dilihat memakai manometer gauge pada AC mobil.

2. Pemeriksaan Kopling Magnet atau Magnetic Clutch

Cara servis AC mobil berikutnya ialah melaksanakan investigasi kopling magnet atau magnetic clutch. Kopling magnet di dalam kompresor AC berkhasiat untuk menyambungkan putaran msin lewat puli kompresor. Pemeriksaan kopling magnet tersebut mampu dilihat dalam bentuk fisik, diantaranya center piece atau armature assembly yang tertarik magnet dikala AC menyala. Perhatikan juga bunyi ketika terhubung apakah suaranya terdengar lemah atau keras.

Baca Juga:   Cara Melacak Hp Dengan Gps Secara Praktis Dan Gampang

JIka dikala terhubung ada suara keras antara besi dengan besi, artinya telah terjadi keausan pada permukaan puli dengan armatur assembly, atau ada celah atau jarak terlalu jauh. Sehingga akhirnya pada jarak terlalu jauh mampu menjinjing akibat, seperti kadang terhubung bahkan kerap kali tak terhubung khususnya ketika suhu kompresor memanas. Sebab kemampuan magnet dalam menawan unsur center piece akan menyusut ketika panas.

Hal tersebut disebabkan alasannya adalah ketika AC mobil dinyalakan, biasanya permukaan pada center pice diam akan terhubung secara datang-datang pada permukaan puly yang terus menerus berputar. Hal tersebut terjadi dikala AC mobil tiap kali AC kendaraan beroda empat dalam posisi on maupun off, hal ini tentunya ada masa penggunaanya.

3. Mengecek Pipa-Pipa Pada AC

Mengecek pipa EC, entah itu pipa alumininium atau pipa flexible terhadap kemungkinan kebocoran atau bergesekan pada bagian kendaraan beroda empat yang lain, mampu menimbulkan kebocoran terjadi. Silahkan cek sambungan pipa dari kebocoran yang mungkin terjadi dan ditandai oleh basahnya sambungan pipa pada AC oleh oli.

Cek pula service valve terhadap kemungkinan kebocoran, hal serupa juga dapat dilihat dikala kebocoran terjadi dalam service valve yang terlihat basah akhir bekas oli.

4. Mengecek Kondensor AC

Cara servis AC kendaraan beroda empat berikutnya yakni pengecekan kondensor AC. Pemeriksaan kondensor AC secara fisik dapat dijalankan dengan cara mengevaluasi sirip-sirip dalam kondensor. Cek apakah terlihat basah oleh oli AC sebagai tanda terjadinya kebocoran kondensor. Selain itu, cek pula apakah ada sirip yang kotor atau tertekuk yang dapat mengurangi pendinginan kondensor.

5. Mengecek Ekspansi Valve

Pada katup expansi atau expansi valve AC mobil umumnya ada beberapa jenis, hanya saja yang hendak kita cek kondisinya dari bagian luar yakni katup expansi berbentuk kotak. Meskipun expansi kotak tersebut ada pula yang diletakkan pada rumah evaporator, hal ini lazimnya tergantung dari konstruksi evaporator. Adapun pola kendaraan beroda empat yang dapat dilihat expansi valve-nya dari luar adalah Toyota, serta mudah dibongkar pasang meskipun kita tidak membuka evaporator.

Baca Juga:   Cara Download File Lampiran Dari Email Yahoo 3 Langkah Saja

Sementara itu, untuk pengecekan gampangnya ialah dengan cara mengevaluasi kondisi fisik apakah ada bekas oli yang ada di area sekitar katup expansi yang menunjukan terjadinya kebocoran dalam seal sambungan pada pipa AC.

Adapun jenis katup perluasan pada rumah evaporator, Kamu tak dapat memeriksa kondisi fisiknya, tetapi bisa dilihat menurut kinerjanya dari tekanannya.

6. Pengecekan Receiver Drier

Cara servis AC mobil sendiri selanjutnya ialah pengecekan pada receiver drier. Fungsi dari receiver drier ini adalah untuk menyaring abu dan kotoran biar tak bisa lolos ke dalam katup expansi. Pada AC mobil yang bertipe receiver drier terpisah dari unsur kondensor umumnya dilengkapi oleh pressure switch dan sight glass.

Adapun untuk pengecekan receiver drier terpisah dari kondensor yang lazimnya bertipe L atau T, cek juga dari adanya bekas oli di area sambungan out dan in. Hal ini dikarenakan di bab tersebut sering mengalami kebocoran oli AC atau freon sebab sil mengeras atau sambungan pada pipa AC kurang keras terhubung.

Kamu juga mesti melihat keadaan freon lewat sight glass di bab atas unsur receiver drier. Cek apakah unsur sight glass-nya kotor atau higienis, bila berwarna kehitaman seharusnya kerjakan pergantian pada receiver drier. Lalu cek AC mobil keseluruhan di jasa servis AC.

Kemudian pada kabel pressure switch, cek kabel dan soket yang terhubung. Pastikan apakah kondisinya tersambung atau tidak.

7. Pengecekan Blower

Cara servis AC kendaraan beroda empat selanjutnya, cek blower dengan cara menyimak putaran pada blower. Pastikan pula apakah suaranya terdengar halus atau kering yang diakibatkan alasannya adalah terjadinya aus pada bushing motor blower. Dengan begitu, dikala AC nyala akan ada bunyi keras pada motor blower.

8. Pengecekan Evaporator

Pengecekan atau investigasi evaporator sendiri mampu dikerjakan dengan gampang,c aranya dengan mencicipi adanya hembusan angin lewat grill AC. Apabila hembusan anginnya terasa kurang kencang, serta imbas yang hendak ditimbulkannya yaitu AC menjadi kurang cuek. Selain itu, sering kali angin tak keluar pada berbagai macam AC, tak ada salahnya membersihkan evaporator akhir kotor.

Baca Juga:   Cara Isi Pulsa Di Mytelkomsel Bayar Pakai Gopay

9. Pengecekan Drive Belt

Drive belt AC mobil menyambungkan antara puli cranksaft mesin dengan puli kompresor AC. Pengecekan mampu dilaksanakan dengan memeriksa apakah terlihat terjadi retakan atau kondisinya masih baik. Apabila ada retakan, seharusnya ganti komponen tersebut untuk menghalangi putus yang terjadi di tengah jalan. Mengingat unsur drive belt pada AC kendaraan beroda empat untuk beberapa macam dan brand kendaraan beroda empat sendiri menyatu bareng putaran pada water pump dan alternator.

10. Cek Fan Kondensor

Kamu mesti mengecek fan kondensor yang juga menyatu bareng fan radiator, caranya dengan menganalisa hembusan angin, keadaan soket kabel dan arah hembusan angin tersebut. Dalam hal ini, bila fan kondensornya mati untuk beberapa tipe mobil mampu mengakibatkan naiknya suhu mesin ketika AC dinyalakan.

11. Cek Jumlah Freon

Cek umlah freon mampu dikerjakan dengan cara manual melalui sight glas di dalam receiver drier. Apabila tata cara AC menggunakan receiver drier menyatu dengan bagian kondensor, sight glass sendiri lazimnya terletak di jalan masuk pipa yang bertekanan tinggi.

Itulah 11 cara servis AC kendaraan beroda empat yang mampu dikerjakan untuk mengecek terjadinya dilema-problem pada bagian AC. Dengan begitu dapat dilakukan perbaikan perbaikan secepatnya sebelum bertambah parah dan merusak bagian AC lainnya.