May 18, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Setting Free Ongkir Di Tokopedia

Cara Setting Free Ongkir di Tokopedia 200x112 - Cara Setting Free Ongkir Di Tokopedia

Bagaimana cara setting free ongkir di Tokopedia? Ya, dengan setting ongkir gratis di Tokopedia pastinya bisa menjadi salah satu alternatif cara optimalkan penjualan. Kamu bisa mempelajari ketentuan dan syaratnya, serta kerjakan dengan sedikit demi sedikit.

Ketentuan Free Ongkir Tokopedia

Sebagai seller di Tokopedia, tentu Kamu mesti mengenali syarat serta ketentuan semoga menerima fitur free ongkir di marketplace yang satu ini. Ini beliau hal-hal yang perlu diperhatikan jika ingin mengaktifkan layanan free ongkir :

1. Dikhususkan Untuk Jasa Ekspedisi AnterAja (Reguler) dan Si Cepat

Layanan free ongkir di Tokopedia cuma berlaku bagi ekspedisi Anteraja (Reguler) dan si Cepat. Dengan begitu, Kamu harus mengaktifkan jasa ekspedisi ini menggunakan setting resi otomatis atau airway bill dan layanan non tunai.

Jika dilihat secara rincian, ini beliau mitra yang sudah berhubungan dalam layanan ongkir gratis di Tokopedia :

  • Anteraja (khusus reguler) dan SiCepat
  • JNE model cargo dan SiCepat
  • Anteraja, Gojek dan Grab untuk Instant & Sameday.

Maka dari itu, Kamu mesti mengaktifkan layanan Anteraja dan SiCepat terlebih dahulu. Baru lalu mengaktifkan fitur AWB secara otomatis.

2. Hanya Berlaku Bagi Official Store dan Power Merchant

Hal yang perlu Kamu garis bawahi sekaligus sebagai syarat mutlak layanan gratis ongkir yaitu klasifikasi toko. Kamu harus menentukan bahwa tokomu masuk sebagai power merchant, bahkan bila mampu Official Store. Untuk seller klasifikasi indivicu, lazimnya yang mampu dilaksanakan yakni mengembangkan lapaknya ke dalam power merchant agar dapat menikmati fitur free ongkir.

Baca Juga:   Cara Kerja Rem Tromol Kendaraan Beroda Empat

3. Menuliskan Berat Produk dengan Akurat

Untuk mengisi deskripsi produk sendiri, Kamu harus menentukan mengisi berat produk dengan sempurna. Jika perlu, Kamu mesti menimbang tiap-tiap produk yang ingin dijual. Supaya lebih aman, Kamu mampu memberikan pemanis bobot atau berat untuk dijadikan tolak ukur dari embel-embel berat bungkus atau packaging. Karena tiap-tiap paket membutuhkan tingkat keselamatan yang memiliki ketebalan kardus berbeda.

4. Memastikan Lokasi Toko ada di area Anteraja dan SiCepat

Walaupun sudah mengaktifkan jasa ekspedisi sesuai ketentuan, pastinya akan sia-sia jika area tokomu tak berada di dalam coverage penjemputan ekspedisi Anteraja dan SiCepat. Oleh sebab itu, Kamu harus menentukan hal tersebut lebih dahulu.

5. Nominal Biaya Ongkir yang Digratiskan

Pada ongkos ongkir non reguler, lazimnya jumlah subsidinya sebesar Rp. 5.000, sementara versi regulernya sekitar Rp. 20 ribu untuk layanan intra pulau. Sedangkan jika posisinya inter pulau maka subsidinya bisa hingga Rp. 40 ribu. Adapun sekurang-kurangnyapembelian supaya mampu mendapatkan layanan bebas ongkir yaitu dari Rp. 50 ribu.

Adapun yang dimaksud layanan intra pulau yaitu antar kota masih dalam 1 pulau. Sedangkan interpulau sendiri adalah layanan atar kota yang berlainan pulau.

Contohnya :

  • Apabila buyer atau pembeli dari kota Malang membeli barang dari seller di Jakarta, subsidinya senilai Rp. 20 ribu.
  • Sementara bila pembeli tersebut berasal dari Aceh dan berbelanja produk dari Jakarta, subsidinya menjadi Rp. 40 ribu, karena telah termasuk beda pulau.

Cara Setting Free Ongkir di Tokopedia

Cara Setting Free Ongkir di Tokopedia 200x112 - Cara Setting Free Ongkir Di Tokopedia
Setting Free Ongkir di Tokopedia

Tutorial Setting Free Ongkir di Tokopedia

Sesuai dengan ketentuan dan syarat di atas, maka cara setting free ongkir di Tokopedia yang mampu Kamu coba, yakni sebagai berikut :

1. Menjadi Power Merchant Tokopedia

Cara setting free ongkir di Tokopedia yang pertama adalah, Kamu mesti menjadi power merchant Tokopedia. Ada beberapa langkah yang mesti dijalankan berikut ini!

Langkah 1 : Penuhi Persyaratan Menjadi Power Merchant

Adapun patokan sebelum melaksanakan pengajuan menjadi Official Store atau power merchant yakni, penampilan tokomu minimal mesti 75 poin, dan harus melakukan verifikasi toko.

Baca Juga:   6 Cara Screenshot Pada Hp Samsung Galaxy S9/S9 Plus

Jika Kamu sudah menyanggupi tolok ukur di atas, semestinya teruskan dengan mengaktifkan power merchant.

Langkah 2 : Bergabung Menjadi Power Merchant

Ada beberapa pilihan yang mampu dilakukan kalau Kamu ingin bergabung selaku  power merchant, diantaranya :

  • Masuk ke akun Tokopedia, kemudian kunjungi pilihan Pusat Seller. Selanjutnya pilih pilihan Power Merchant, lalu tekan upgrade Tokomu.
  • Lalu masuk ke dalam akun Tokopedia, lalu tekan Power Merchant di side bar.
  • Silahkan masuk ke dalam aplikasi topseller. Lalu pilih di samping kiri atas. Tekan upgrade tokomu kalau ingin mengaktifkan layanan power merchant.

Kamu mampu menentukan pilihan di atas, tinggal cari yang paling mudah. Tak hanya bergabung, Kamu juga dapat berlangganan melalui cara berikut ini :

  • Pakai PC atau desktop untuk login ke akun Tokopedia.
  • Silahkan kunjungi web seller.tokopedia.com/edu/power-merchant.
  • Kamu mampu menentukan paket berlangganan.
  • Kemudian lanjutkan dengan cara memilih pilihan Metode Pembayaran.
  • Tekan bayar.
  • Silahkan kerjakan pembayaran di Tokopeida mirip biasa.

Jika Kamu bergabung menjadi power merchant, maka ada banyak kelebihan yang dapat diperoleh. Diantaranya yakni mampu mendapatkan badge pada toko, maka produkmu mampu sering-sering dipromosikan alias tampil di dalam hasil penelusuran. Selain itu, mampu memperoleh ikon free ongkir.

Melalui ikon tersebut, biasanya pembeli menjadi makin kepincut. alasannya adalah faktanya kalau ketimbang promo lain dan cashbackfree ongkir memberikan pesona tersendiri sehingga akan ada banyak buyer yang memilihnya. Setelah itu, angka pembelian pun akan kian meningkat.

2. Mengaktifkan Fitur Free Ongkir AnterAja dan SiCepat

Mengaktifkan fitur ini bergotong-royong mempunyai sejumlah laba, yakni paket yang dikirim dapat diambil eksklusif oleh kurir atau pick up. Adapun waktu yang diperlukan umumnya sekitar 1×24 jam setelah melakukan pengajuan pick up. Setelah itu, saat barang sudah dikirim, Kamu tak perlu harus menuliskan AWB alasannya hal ini lazimnya akan masuk dengan otomatis.

Jika ingin mengaktifkan kedua layanan tersebut sungguh gampang, dikarenakan telah ada di dalam sajian seller di aplikasi Tokopedia. Adapun yang mesti ditentukan ialah ketika ada orderan, semestinya jangan lupa mencetak isyarat booking dan label pengantaran, kemudian tempelkan pada paket.

Baca Juga:   Cara Setting Gps Map Camera

3. Memastikan Untuk Mengikuti Semua Syarat dan Ketentuan Diatas

Cara setting free ongkir di Tokopedia berikutnya, sehabis Kamu mendapatkan layanan bebas ongkir, semestinya ikuti ketentuan dan syarat yang telah ditetapkan Tokopedia. Selain itu, jangan lupa terus menawarkan kualitas pelayanan terbaik untuk pelanggan, biar Kamu menerima testimoni faktual.

Biasanya testimoni ini akan sangat kuat bagi poin toko, serta dapat besar lengan berkuasa pada performa toko secara tak eksklusif ke depannya.

Kesimpulan

Dengan memberikan layanan free ongkir untuk tokomu di Tokopedia, pastinya mampu meningkatkan penjualan produkmu di marketplace Tokopedia. Tak cuma bebas ongkir saja, bahu-membahu pemasaran toko mampu meningkat lewat cara lainnya. Seperti halnya dengan memperlihatkan fitur cicilan. Karena, Tokopedia juga kini telah memberikan fitur pembayaran dengan cicilan.

Dengan mengaktifkan fitur cicilan, bukan tak mungkin jikalau tingkat pembelian produk di tokomu meningkat. Apalagi untuk harga produk dengan rata-rata bernilai jutaan serta hanya mampu dibeli lewat tata cara angsuran saja.

Dengan catatan, seluruh fitur yang mampu menguntungkan pembeli sudah tersedia ditokomu, ini artinya tokomu memperlihatkan banyak kemudahan untuk memikat para konsumen.

Semoga ulasan cara setting free ongkir di Tokopedia di atas bermanfaat. Semoga berguna dan selamat menjajal !