May 19, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Share/Transfer File APK (Aplikasi) ke HP Android Lain

cara pakai shareclouds 1 - Cara Share/Transfer File APK (Aplikasi) ke HP Android Lain

Ada dua cara gampang share/transfer file APK atau aplikasi Android ke HP lain adalah melalui Bluetooth dan WiFi dengan menggunakan komplemen aplikasi khusus yang dapat digunakan untuk mengembangkan file apk antar ponsel Android.

Transfer aplikasi Android (apk) akan sungguh memiliki kegunaan jikalau kita mempunyai lebih dari satu buah HP, dan mampu menghemat kuota paket data yang digunakan karena tidak butuhmendownload aplikasi yang sama berulang-ulang pada setiap HP.

Ada banyak aplikasi yang dapat dipakai untuk berbagi file apk, seperti ShareApps dan SuperBeam. Keduanya mampu diunduh secara gratis dari Google Play Store, apps ini memiliki metode koneksi yang berlainan bila ShareApps melalui bluetooth sedangkan SuperBeam via Wifi dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingakan bluetooth.

Dua Cara Share/Transfer File APK (Aplikasi) ke HP Android Lain


1. Menggunakan ShareCloud (Share Apps) – Via Bluetooth

Keunggulan cara ini adalah, hanya perlu install aplikasi shareapps pada HP yang akan mengantarsedangkan yang mau mendapatkan cuma perlu mengaktifkan bluetooth saja, dan berikut yakni langkah-langkahnya.

  1. Install aplikasi ShareCloud (Share Apps) dari Google Play Store.
  2. Aktifkan bluetooth di kedua ponsel yang hendak dipakai dan pastikan di HP peserta anda telah atur bluetooth semoga ditemukan dengan mencentang “make visible to other devices”
  3. Jalankan aplikasi ShareCloud di HP pengirim lalu pilih menu Aplikasi.
  4. Cari file aplikasi yang mau dikirim kemudian pilih hidangan titik 3 yang ada dipojok kanan nama aplikasi kemudian pilih Bagikan.cara pakai shareclouds 1 - Cara Share/Transfer File APK (Aplikasi) ke HP Android Lain
  5. Pilih Bluetooth.
  6. Kemudian akan timbul opsi untuk menentukan devices, pilihah HP yang hendak menerima file aplikasi tersebut.APK VIA Bluetooth - Cara Share/Transfer File APK (Aplikasi) ke HP Android Lain
  7. Di HP Android yang akan mendapatkan, akan muncul notifikasi. Pilih Accept untuk mendapatkan dan tunggu sampai proses selesai.

Aplikasi ShareCloud yang dulunya bernama Share Apps juga mampu digunakan untuk mengirim file gambar, video, musik, maupun file lainnya melalui BBM, WhatsApp, Email, Google Drive dan lainnya.


2. Menggunakan SuperBeam Lewat Wifi

  1. Install terlebih dulu aplikasi SuperBeam dari Google Play Store berikut ini.
  2. Jalankan aplikasinya di kedua ponsel.
  3. Di HP Pengirim, pilih hidangan – Send, lalu pilih Apps. Kemudian pilih apk apa saja yng ingin ditransfer sesudah itu tap icon panah untuk memulai proses pengantaran.Cara SuperBeam Android - Cara Share/Transfer File APK (Aplikasi) ke HP Android Lain
  4. Di HP Penerima, Pilih Menu – Receive kemudian scan qr code yang muncul di ponsel pengirim dengan mengarahkan kamera biar terbaca sehabis file akan otomatis diterima dan tunggu hingga proses akhir.Cara Menggunakan SuperBeam - Cara Share/Transfer File APK (Aplikasi) ke HP Android Lain
Baca Juga:   Cara Cat Ulang Tembok

Kesimpulan – ShareCloud memiliki kelebihan adalah kita tidak perlu install aplikasi ini pada HP yang hendak menerima tetapi kekurangannya tentu ada pada kecepatan transfer yang masih kalah lebih singkat dibandingkan lewat wifi. Superbeam memiliki keunggulan dalam hal kecepatan transfer apk utamanya kalau ukurannya cukup besar, tetapi kekurangannya kedua HP baik yang mengirim maupun peserta mesti sama-sama menginstall superbeam.

Sangat mudah bukan copy atau transfer file aplikasi apk ke HP Android lain, mana yang terbaik? itu semua tergantung keperluan dan seleran anda, tetapi bila menginginkan kecepatan dan tidak perlu melaksanakan pengaturan yang membingungkan maka SuperBeam yakni pilihan yang paling tepat. Baca : Cara Menggunakan SuperBeam.

close