counter create hit

Cara Sms Banking Bri

Bagikan:

Bagaimana cara SMS Banking BRI? Penggunaan layanan SMS Banking BRI ketika ini telah menjadi transaksi yang sungguh menguntungkan. Karena fitur ini memperlihatkan fasilitas dan efisiensi jika dilihat dari waktu dan biaya dalam bertransaksi. Jika hanya melaksanakan pengecekan saldo BRI melalui ATM, tentu akan terasa menyita waktu dan ribet. Akan namun dengan memakai SMS Banking BRI membuat cara pengecekan saldo BRI lebih simpel dan mudah.

Hanya dengan bermodalkan perangkat hp dan pulsanya saja, maka Kamu bisa melaksanakan transaksi perbankan dalam beberapa menit saja. Bandingkan jika Kamu melakukan transaksi di kantor bank BCA atau di ATM, bisa saja Kamu mesti mengantri sampai beberapa jam.

Namun meskipun layanan SMS banking ini telah usang ada, pada kenyataannya tak sedikit nasabah bank BRI yang masih belum mengenali cara SMS banking BRI.

Mengenal Layanan SMS Banking BRI

Sama halnya dengan bank-bank ternama lainnya, BRI (Bank Rakyat Indonesia) pun terus berinovasi untuk memberikan layanan yang terbaik untuk para nasabahnya. Keberadaan layanan perbankan melalui handphone sendiri, telah menjadi terobosan gres yang memudahkan para nasabah BRI untuk bertransaksi.

SMS Banking BRI ialah layanan perbankan dari BRI yang mampu dilaksanakan melalui handphone, hanya lewat pesan SMS ke 3300 saja. Kamu cukup mengetikkan format SMS sesuai yang diminta, kemudian bisa mengakses aneka macam macam transaksi. Adapun transaksi yang mampu dijalankan, seperti pengecekan saldo, pembayaran tagihan, transfer, hingga pembelian pulsa.

Baca Juga:   Review Nokia 2 Modern, Harga 1 Jutaan Spesifikasi Mempesona?

Perbedaan SMS Banking BRI dengan BRI Mobile

Selain SMS Banking, BRI pun sebetulnya telah merilis layanan perbankan berbasis mobile, yakni mobile banking BRI. Pasalnya layanan BRI mobile tersebut sama-sama menawarkan kemudahan pada para nasabahnya, untuk membuat transaksi finansial menjadi lebih simpel.

Layanan BRI Mobile sendiri sudah diperkenalkan dari tahun 2012 lalu dan dapat diakses hanya melalui smartphone saja. Selain itu, ada banyak sekali macam fitur yang ditawarkan mobile banking BRI. Sebut saja dari pengecekan saldo, transfer duit, mutasi rekening, pembelian, pembayaran dan ganti PIN.

Tak cuma itu saja, ada beberapa fitur yang tersedia di BRI Mobile yang lain. Adapun fitur-fitur tersebut sebagai berikut :

  • Menjadwalkan transaksi pembayaran.
  • Dapat menyimpan histori acara transaksi.
  • Bisa menyimpan notifikasi aktivitas transaksi.
  • Membatasi limit transfer hingga Rp. 1 miliar.
  • Informasi produk BRI, mirip deposito.
  • Mencari info terkait merchant e-Pay, diantaranya mirip Kereta Api Indonesia.
  • Mencari informasi ihwal keberadaan ATM.

Jika ditanya, apakah Mobile Banking BRI sama mirip SMS Banking? Kedua layanan tersebut, pastinya berlawanan. Jika cara layanan SMS Banking BRI dapat digunakan dengan cara mengirimkan pesan melalui format SMS sesuai ketentuan. Sementara itu, BRI Mobile pribadi diakses pada aplikasi yang telah terpasang di perangkat smartphone.

Akan tetapi, baik lewat SMS Banking BRI maupun melalui BRI Mobile, layanan-layanan ini mampu digunakan untuk melakukan aneka macam macam pembayaran.

Cara SMS Banking BRI

Cara SMS Banking BRI - Cara Sms Banking Bri
SMS Banking BRI

Tutorial Daftar SMS Banking BRI

Mengingat cara SMS Banking BRI bahu-membahu tak jauh berbeda dari layanan BRI Mobile, ini artinya Kamu mampu sekaligus melaksanakan registrasi Mobile Banking dan SMS banking BRI. Berikut ulasannya!

1. Cara Registrasi SMS Banking BRI Melalui ATM

Cara SMS banking BRI untuk pendaftaran SMS Banking sendiri mampu dijalankan lewat ATM. Adapun langkah-langkahnya selaku berikut :

  • Temukan gerai mesin ATM bank BRI terdekat.
  • Setelah di depan gerai ATM, tinggal masukkan saja kartu debit atau ATM-mu.
  • Inputkan nomor PIN ATM BRI-mu.
  • Selanjutnya pilih menu “Transaksi Lain lalu pilih “Lainnya”.
  • Setelah itu, pilih opsi “Transaksi Lain” lalu pilih “Lainnya”.
  • Pilih opsi Registrasi dan Mobile Banking.
  • Inputkan nomor hp yang aktif, kemudian tekan Benar.
  • Masukkan PIN untuk digunakan pada aplikasi, bisa mengisinya sama seperti PIN pada kartu ATM. Selanjutnya, tekan “Benar”.
  • Inpurkan lagi PIN yang telah diinput, kemudian tekan “Benar”.
  • Pemberitahuan akan langsung timbul di tampilan layar ATM sebagia bukti bahwa transaksi sukses dilakukan.
  • Kamu pun akan mendapatkan struk transaksi yang keluar dari slot mesin ATM untuk dijadikan bukti bahwa registrasi telah sukses dilakukan.
Baca Juga:   Cara Cek Saldo Bri

Sesudah mendaftar layanan SMS Banking di mesin ATM, layanan yang bisa Kamu peroleh hanya untuk pengecekan saldo BRI saja. Supaya bisa mengakses layanan dan fitur yang lain, seperti bertransaksi di BRI Mobile dan SMS Banking BRI, Kamu harus mengkonfirmasi registrasi di CS bank BRI.

2.  Cara Registrasi SMS Banking BRI di Kantor Cabang BRI

Tak hanya lewat ATM saja, Kamu juga mampu melakukan pendaftaran SMS banking melalui kantor cabang BRI. Ada beberapa langkah yang mesti ditempuh jika ingin mencoba cara SMS Banking BRI lewat kantor cabang ini, diantaranya :

  • Sebelum pergi ke kantor cabang, tentukan untuk mempersiapkan dokumen pendaftaran layanan SMS Banking BRI. Seperti fotokopi KTP dan salinan kartu ATM bank BRI milikmu.
  • Untuk  berjaga-jaga, semestinya persiapkan buku simpanan bank BRI-mu.
  • Jika semuanya sudah siap, pastikan nomor hp yang telah didaftarkan senantiasa aktif biar tidak diblokir.
  • Kamu cuma perlu mengunjungi kantor BRI untuk melakukan konfirmasi registrasi ke meja customer service. Pihak CS BRI, nantinya siap membantu mengurus pendaftaran layanan SMS banking hingga simpulan. Dengan begitu, layanan SMS Banking BRI mampu dijalankan untuk cek saldo, transfer, pembelian pulsa dan token listrik. Selain itu, hal tersebut berlaku bagi yang mendaftarkan diri selaku nasabah BRI
  • Selain itu, jangan lupa untuk membawa kartu ATM dan KTP ketika Kamu pergi ke Bank BRI untuk melaksanakan registrasi SMS banking BRI.

Tutorial Transfer SMS Banking BRI, Cek Saldo dan Format Lainnya

Seperti yang sudah dibahas di atas, jikalau layanan SMS Banking BRI mampu dipakai untuk mengirimkan SMS lewat format tertentu pribadi ke nomor 3300. Selain itu, setiap transaksi memiliki format SMS berbeda. Untuk memudahkanmu melakukan transaksi SMS banking BRI, berikut format SMS yang harus Kamu pahami :

1. Cek Saldo BRI

Untuk pengecekan saldo BRI, Kamu tinggal mengetikkan format : SALDO(spasi)PIN. Lalu kirimkan ke 3300.

2. Transfer Sesama BRI

Jika ingin melaksanakan transer ke sesama pengguna BRI, formatnya yakni : TRANSFER(spasi)BRI+No.rekening(spasi)nominal(spasi)PIN. Kemudian kirim ke nomor 3300.

Baca Juga:   4 Cara Mengatasi Mesin EDC BRI Tidak Ada Sinyal 100% Berhasil

3. Transfer ke Bank Lain

Cara SMS Banking BRI untuk transfer ke bank lain juga cukup gampang. Kamu cuma perlu mengetikkan format berikut : TRANSFER (spasi) KODE Bank+norek (Spasi) nominal (spasi) PIN.

4. Pembelian Token PLN

Untuk melaksanakan pembelian token PLN sendiri, Kamu bisa mengikuti format SMS : BELI (spasi) PLNPRE (spasi) No Meter/IDPEL (spasi) Nominal (spasi) PIN.

5. Pengisian Pulsa

Sementara untuk pengisian pulsa sendiri, Kamu tinggal mengikuti format SMS berikut : PULSA(spasi)NOMORHP(spasi)Nominal(spasi)PIN.

6. Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Cara SMS Banking BRI berikutnya untuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Adapun formatnya ialah : BAYAR(spasi)BPJKS(spasi)Nomor Kepesertaan BPJS (spasi)PIN. Kemudian kirimkan ke 3300.

7. Pengecekan Tagihan Kartu Kredit BRI

Untuk memeriksa tagihan kartu kredit BRI, Kamu tinggal mengirimkan format : INFO(spasi)KKBRI(spasi)No.Kartu Kredit(Spasi)PIN. Lalu kirim ke nomor 3300.

Itulah beberapa langkah cara SMS Banking BRI yang dapat dicoba, mulai dari registrasi sampai melaksanakan berbagai transaksi.


Bagikan:
close