May 19, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ngopi Santai

Catat! 9 Persiapan Lebaran Yang Wajib Kamu Lakukan

KichanHelp.com – Bulan suci Ramadhan sudah tiba. Sering kali bulan ini rasanya berlalu begitu cepat tanpa kita sadari, datang-datang telah jelang idul fitri saja. Dalam menyambut Hari Raya Idulfitri, banyak persiapan idul fitri yang harus kamu persiapkan dan nggak boleh terlalaikan. Apa saja, ya, yang perlu disediakan? Simak selengkapnya pada artikel berikut!

Rangkaian Persiapan Lebaran Untuk Kamu Siapkan

Di Indonesia, lebaran menjadi momen sakral yang sarat peringatan, mengenang dominan penduduk kita menganut agama Islam. Nggak heran bila butuh antisipasi khusus. Apa saja, ya?

1. Zakat Fitrah

Zakat fitrah ialah zakat yang wajib setiap Muslim bayarkan di bulan Ramadhan, menjelang Hari Raya Lebaran. Selain mensucikan diri setelah menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan, zakat fitrah juga bisa kita maknai sebagai bentuk kepedulian kepada orang yang kurang bisa serta mengembangkan kebahagiaan dan kemenangan di hari raya. Zakat fitrah mampu berupa beras 3,5 liter per jiwa atau dalam bentuk tunai setara harga tersebut. Jumlahnya memang tidak besar, tetapi persiapan lebaran satu ini jangan sampai terlupakan. Kamu mampu alokasikan dana untuk zakat fitrah sesudah gajian mendekati awal puasa supaya nggak lupa.

2. Membersihkan Rumah

Hari Raya Lebaran jadi momen berguna bagi kita untuk bersilaturahmi dengan mengunjungi rumah sanak saudara dan saudara akrab. Agar suasana rumah menjadi lebih tenteram untuk bercengkrama, kita perlu membersihkan rumah beserta furniturnya. Mulai dari mengganti gorden, taplak meja, mengecat ulang dinding yang sudah lusuh, dan perbaikan yang lain.

3. Memasak Masakan Spesial Idulfitri

Salah satu persiapan lebaran lainnya yang identik adalah masakan khas lebaran. Biasanya, kaum ibu sibuk berburu bahan kuliner seperti daging sapi dan ayam untuk membuat kuliner khas hari raya seperti rendang, opor ayam, semur ayam, ketupat, say dll. Makanya, nggak heran bila harga materi masakan naik seiring dengan naiknya seruan kepada barang tersebut. Jangan lupa untuk mempersiapkan alat makan yang cukup untuk menjamu sanak saudara dan kerabat di hari raya.

4. Siapkan Kue Idulfitri

Selain makan berat, lazimnya kita juga mempersiapkan kudapan manis idul fitri seperti kastangel, nastar, putri salju, biji ketapang, sesuai selera. Jika kau punya waktu, kudapan manis idul fitri mampu dibentuk sendiri. Akan tetapi, jika ingin lebih praktis, cukup beli pribadi di toko kudapan manis saja, ya.

5. Siapkan Uang THR

Hari raya identik dengan memberikan THR atau angpao pada bawah umur duit masih kecil. Bagi kau yang sudah melakukan pekerjaan , nggak ada salahnya untuk membuatkan pada bawah umur. Mereka umumnya sangat bergairahuntuk ikut datang ke rumah saudara. Selain menunjukkan kebahagiaan, pertolongan THR bisa memupuk tali silaturahmi pada belum dewasa sedari dini.

6. Bingkisan (Hampers) Idulfitri

Tradisi saling bertukar hampers menjelang Idulfitri sudah ada semenjak lama. Biasanya ketika berkunjung ke rumah kerabat, kita akan menjinjing bingkisan. Persiapan idul fitri untuk menyebarkan hampers kepada sanak kerabat tentu membutuhkan dana. Oleh sebab itu, penting untuk menciptakan anggaran khusus untuk kebutuhan satu ini. Pastikan, kamu telah mempersiapkannya, ya, biar pengeluaran tidak membludak.

Kamu mampu berikan hampers unik berbentukkartu emas edisi lebaran, lho. Hitung-hitung mampu sekaligus mengajarkan investasi emas pada orang tersayang.

Kamu mampu mulai investasi emas di tanamduit, lho. Cetak desain emas edisi spesial Lebaran favorit kau agar momen idul fitri bersamakeluarga jadi lebih berkesan, mulai dari 0,1 gram aja Yuk, peroleh rancangan emas favoritmu kini dengan klik link pada banner berikut!

7. Mencuci Alat Shalat

Di hari yang fitri, orang-orang niscaya ingin tampil rapi dan higienis, tergolong dikala ibadah shalat Idulfitri. Sebelum hari lebaran tiba, tentukan kamu sudah mencuci semua alat shalatmu supaya nyaman dipakai saat shalat Ied nanti.

8. Biaya Mudik

Momen idul fitri identik dengan tradisi mudik ke kampung halaman. Tradisi ini memerlukan ongkos cukup besar, apalagi kalau mudik bareng anggota keluarga yang lain. Oleh alasannya adalah itu, biaya pulang kampung wajib masuk dalam daftar utama alokasi dana untuk antisipasi lebaran.

9. Jaga Kesehatan

Segala kebutuhan dan persiapan hari raya tidak akan bisa kau wujudkan, kalau kamu jatuh sakit. Kaprikornus, jaga kesehatanmu dengan menjaga teladan makan dan tetap rutin berolahraga selama bulan ampunan, ya.

Susun Persiapan Lebaran dengan Investasi Reksadana!

Dalam menyambut hari raya, kita butuh persiapan yang masak, terutama terkait pengeluaran. Harga materi pokok yang mengalami peningkatan, biaya pulang kampung, duit THR, dan banyak sekali pengeluaran yang lain pasti butuh perencanaan keuangan yang matang. Jadi, tentukan kau sudah membuat pos alokasi honor tersendiri untuk pengeluaran persiapan idul fitri.

Kamu bisa membuat planning keuangan untuk merencanakan biaya untuk hari raya dengan alokasi honor sederhana menggunakan sistem 50-30-20. Rinciannya selaku berikut:

  • 50% untuk keperluan selama bulan berkat, zakat fitrah, zakat mal (2,5%), dan keperluan lainnya.
  • 30% untuk mengembangkan THR ke keluarga, biaya pulang kampung, kudapan manis idul fitri, dll.
  • 20% untuk dana darurat dan investasi
Baca Juga:   Cara Cek Nomor Bpjs Ketenagakerjaan Dengan Nik Ktp

Setelah menentukan alokasi gaji, barulah kau mampu simpan duit kamu dalam bentuk reksadana pasar uang. Selain lebih menguntungkan, dana persiapan idul fitri tidak akan terpakai untuk keperluan lain, alasannya adalah reksadana tidak mampu dicairkan pribadi seperti duit di rekening. Butuh waktu sekitar 1–2 hari untuk mencairkan kepemilikan reksadana pasar uangmu. Jadi, lebih kondusif, bukan?

close