counter create hit

Daftar Dukungan Koperasi Tanpa Jaminan

Bagikan:

Apabila Anda membutuhkan derma uang dengan segera, santunan koperasi tanpa jaminan mampu menjadi salah satu penyelesaian untuk menjawab problem tersebut ketimbang harus meminjam duit lewat sumber yang tidak pasti. Salah satu keunggulannya dibandingkan dengan pinjam di bank yaitu Anda tidak perlu merencanakan jaminan apalagi dahulu.

Hadirnya Koperasi Simpan Pinjam (KSP) sendiri memang memiliki berbagai manfaat konkret untuk keberlangsungan ekonomi masyarakat. Karena lembaga tersebut dilaksanakan demi kepentingan bareng dengan asas kekeluargaan. Itulah kenapa anggotanya sungguh mungkin untuk mengajukan dukungan tanpa jaminan.

Pengertian Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi Simpan Pinjam atau KSP yakni organisasi di bidang ekonomi yang dikerjakan demi kepentingan bareng dengan berdasarkan asas kekeluargaan. Pengertian mengenai koperasi simpan pinjam tersebut tertuang dalam Undang-Undang no. 17 th. 2012 tentang Perkoperasian.

Dalam pelaksanaannya, koperasi simpan pinjam menawarkan berbagai produk derma untuk para anggota menurut akad dan perjanjian bersama. Jadi semoga Anda dapat meminjam di KSP, maka Anda terlebih dulu harus terdaftar selaku anggota dari salah satu koperasi yang ada.

Menariknya, dikala ini Anda tidak cuma dapat mengakses koperasi secara manual. Karena seiring berkembangnya zaman menuju kala digital, berbagai media digital pun ketika ini mampu dimanfaatkan untuk meraih koperasi simpan pinjam. Namun pastinya prinsipnya tetap menurut asas kekeluargaan seperti sebelumnya.

Daftar Koperasi Pinjaman Tanpa Jaminan

Berikut anjuran sumbangan koperasi tanpa jaminan:

1. Koperasi Namastra

Apabila Anda memerlukan dana cepat tetapi tidak mempunyai aset yang dapat dijadikan jaminan, Koperasi Namastra ialah salah satu tempat terbaik. Pihak KSP dari Namastra menyediakan tiga jenis pinjaman tanpa jaminan yang mampu dijadikan pilihan.

Yang pertama ialah bantuan NamaKMS, yaitu tunjangan bagi anggota wanita Koperasi Namastra untuk modal usaha.

Baca Juga:   Oppo A5 2020 Spesifikasi Dan Harga Terbaru 2019

Kedua ialah pertolongan Komersil, yaitu perlindungan modal untuk pengguna yang berstatus umum. Kemudian yang ketiga adalah pemberian NamaKarya, yaitu santunan untuk pegawai atau karyawan perusahaan kawan Namastra.

2. Koperasi SIGAP Prima Astrea

Menawarkan penelusuran yang tidak kalah cepat, Koperasi SIGAP Prima Astrea ketika ini telah memiliki berbagai anggota. Pinjamannya sendiri ditujukan untuk para karyawan dan security perusahaan SIGAP Prima Astrea. Layanan koperasi ini dibuat biar dapat diakses lewat media digital.

Para anggota koperasi mampu mengajukan sumbangan lewat aplikasi Koperasi SIGAP. Di dalam aplikasi tersebut, pengguna dapat melakukan beberapa hal. Mulai dari mengajukan perlindungan, cek info anggota, cek simpanan, cek pemberian, hingga membeli barang barang dari koperasi.

3. Koperasi Swadharma

Bisa dikatakan bahwa koperasi ini merupakan tempat tunjangan paling besar di Indonesia. Yang mana produk produknya dijamin langsung oleh Bank Negara Indonesia (BNI). Oleh alasannya itu, pemberian tanpa agunan yang disediakan pun cuma dapat dinikmati oleh pegawai BNI saja. Dan kandidat debitur yang bukan karyawan atau pensiunan BNI tidak mampu memakainya.

Padahal tunjangan tanpa jaminan yang ditawarkan termasuk sangat menguntungkan, tersedia dalam bentuk pertolongan reguler dan perlindungan insidentil. Untuk pertolongan reguler maksimal plafon sebesar Rp. 100 juta dengan tenor 1 sampai 120 bulan dan bunga 17% per tahun. Sedangkan pemberian insidentil maksimal plafon menyesuaikan kebutuhan dengan tenor 1 sampai 120 bulan dan bunga 15% per tahun.

4. Dolphin Dana

Daftar kawasan tunjangan koperasi tanpa jaminan berikutnya yakni Dolphin Dana. Anggota koperasi tidak perlu mencantumkan jaminan apa pun untuk mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 10 juta. Dengan maksimal plafon Rp. 10 juta, tenor pertolongan mulai dari 3 bulan sampai 12 bulan dengan bunga 14% per tahun dan biaya 1 hingga 15%.

Koperasi simpan pinjam yang menyediakan bantuan tanpa jaminan seperti itu tentu mampu menjadi penyelesaian kalau Anda membutuhkan dana dalam waktu cepat, mengingat bahwa tidak ada jaminan apa pun yang perlu Anda cantumkan dalam perjanjian. Namun pastikan bahwa koperasi memang sudah mempunyai izin resmi sebelum mengajukan santunan.

Baca Juga:   √ Pinjaman Online Rupiah Cepat : Syarat, Bunga & Cara Pengajuan 2022

Syarat Mengajukan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Selain terdaftar sebagai anggota koperasi, terdapat sejumlah syarat yang mesti Anda penuhi jika ingin mengajukan derma tanpa agunan. Umumnya syarat syarat yang ditetapkan yaitu mengisi formulir permohonan dukungan, fotokopi KTP, fotokopi NPWP bila mengajukan pinjaman dengan nominal di atas Rp. 50 juta.

Lalu fotokopi rekening listrik, fotokopi kartu keluarga, fotokopi buku pensiun kalau telah pensiun. Meski begitu, beberapa dokumen tolok ukur tersebut perlu dikonfirmasi kembali ke pihak koperasi terkait. Karena mampu saja tidak semua koperasi simpan pinjam menetapkan syarat dokumen yang sama. Dan untuk keperluan bisnis mungkin mampu berlawanan dengan keperluan dukungan perseorangan.

Cara Mengajukan Pinjaman Uang di Koperasi Simpan Pinjam

1. Memilih KPS

Untuk mengajukan bantuan uang di koperasi, maka Anda mesti terdaftar selaku anggota koperasi terlebih dahulu. Kaprikornus langkah pertama yang perlu dikerjakan yaitu menentukan koperasi simpan pinjam yang tepat. Langkah ini mampu dibilang gampang-mudah susah, karena ada banyak jenis koperasi yang tersedia untuk menyejahterakan penduduk .

Tentu beberapa di antaranya mungkin dapat mendukung keperluan finansial Anda. Namun yang menjadi pertanyaan adalah koperasi simpan pinjam yang mana ? Untuk itu, ada beberapa tips yang perlu Anda terapkan semoga tidak salah memilih dan koperasi memang sesuai dengan kebutuhan.

Pertama, tentukan koperasi yang diseleksi memang KPS alias koperasi simpan pinjam. Karena kalau bukan KPS, mampu saja koperasi tersebut tidak menawarkan layanan peminjaman dana. Kedua, pilih KSP primer lantaran KSP sekunder tidak bisa menunjukkan dana atas nama individual. Kemudian pastikan koperasi telah terdaftar di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI, serta mempunyai izin.

2. Memenuhi Syarat yang Berlaku

Jika sebelumnya sudah dijelaskan mengenai dokumen persyaratan yang umumnya ditetapkan untuk mengajukan bantuan, kali ini akan dibahas perihal syarat sebagai anggota koperasi itu sendiri. Pasalnya Anda tidak bisa mengajukan bantuan apabila syarat selaku anggota saja tidak tercukupi.

Adapun syaratnya adalah seorang warga negara Indonesia, memahami bahwa keanggotaan KSP ini bersifat individual, mengeluarkan uang tabungan wajib dan pokok sesuai ketentuan, serta menyepakati aneka macam ketentuan yang berlaku di dalam koperasi tersebut. Sementara standar untuk mengajukan perlindungan dananya sendiri mirip yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Baca Juga:   4 Cara Membatalkan Pinjaman SolusiKita 2022 : Syarat & Penyebab

3. Mengajukan Pinjaman di Koperasi

Tata cara mengajukan bantuan di koperasi yaitu Anda bisa menyerahkan berkas-berkas kriteria ke koperasi sekaligus proposal pengajuan pemberian dana. Proposal pengajuan dukungan dana tersebut berisikan tujuan penggunaan dana. Misalnya Anda memerlukan dananya untuk mengeluarkan uang tagihan, untuk modal usaha, dan lain sebagainya.

Selanjutnya tunggu tawaran pengajuan derma dana diperiksa oleh pengelola koperasi. Apabila disetujui, pencairan perlindungan serta lamanya pengembalian akan diadaptasi dengan komitmen antara kedua belah pihak. Kemudian hal tersebut dituangkan dalam janji pertolongan koperasi. Tentunya Anda harus menyepakati akad tersebut jika ingin duit segera cair.


Bagikan:
close