counter create hit

Facebook Sedang ‘Bertempur’ Dengan Rusia

Bagikan:

Facebook Sedang ‘Bertempur’ Dengan Rusia

mark 2 - Facebook Sedang ‘Bertempur’ Dengan Rusia

 

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan terhadap senator AS bahwa perusahaannya senantiasa terlibat pertempuran dengan operator Rusia yang ingin mengeksploitasi jaringan sosial.

Mark menyampaikan Robert Mueller, penasihat khusus yang menyelidiki dugaan campur tangan Rusia dalam pemilu 2016, sudah mewawancarai staf Facebook.

Mark mengatakan ia belum di antara mereka yang diwawancarai oleh kantor Mueller.

Namun dia menyertakan: “Pekerjaan kami dengan penasihat khusus bersifat rahasia dan aku ingin memastikan bahwa dalam sesi terbuka saya tidak mengungkapkan sesuatu yang bersifat diam-diam.”

Pada bulan Februari, kantor Mueller menuduh 13 orang Rusia dengan gangguan dalam penyeleksian 2016 , bareng dengan tiga perusahaan Rusia.

Salah satunya ialah Badan Riset Internet, adakala disebut selaku  “Russian troll farm” , dengan dakwaan yang mengatakan memiliki “tujuan strategis untuk menabur pertikaian dalam tata cara politik AS”.

Mark menyampaikan perusahaan itu kini membuatkan alat-alat gres untuk mengidentifikasi akun imitasi.

“Ada orang-orang di Rusia yang tugasnya adalah menjajal mengeksploitasi tata cara kami dan tata cara internet lain dan sistem lain juga. Kami perlu berinvestasi untuk menjadi lebih baik dalam hal ini juga.”

Pimpinan Facebook itu menangkis pertanyaan dari senator perihal bagaimana jaringan sosial mampu dikelola lebih erat.

Senator John Kennedy memperingatkan dia: “Saya tidak harus menentukan Facebook untuk mengatur itu. Tetapi oleh Tuhan, saya akan melakukannya. Itu tergantung pada Anda … Perjanjian pengguna Anda menjengkelkan.”

Ketika ditekan, miliarder berusia 33 tahun itu mengatakan ia akan menyambut regulasi, jikalau itu adalah “peraturan yang tepat”, walaupun dia menyingkir dari spesifikasinya.

Dia timbul di depan sesi adonan beberapa komite senat AS, sesudah terungkap dalam beberapa pekan terakhir bahwa sekitar 87 juta orang mempunyai isu profil mereka diakses oleh perusahaan penjualan Cambridge Analytica.

Baca Juga:   Youtube Untuk Android: Tombol Navigasi Berubah Posisi

Selama persidangan, Mr Zuckerberg juga menyampaikan:

  • “Sudah terperinci sekarang bahwa kami tidak dapat melaksanakan hal yang cukup untuk menangkal alat-alat ini dipakai lebih ancaman”
  • “Dalam retrospeksi itu terang kesalahan” percaya Cambridge Analytica akan menghapus data, tanpa pemeriksaan lebih lanjut
  • Dia tidak “merasa” Facebook mempunyai monopoli
  • Bahwa akan senantiasa ada model gratis dari Facebook, yang membuka kemungkinan model jejaring sosial berbayar dan bebas iklan
  • Berurusan dengan pidato kebencian secara otomatis mempunyai “tingkat kesalahan yang lebih tinggi ketimbang yang aku senangi”
  • Dia secara langsung prihatin ihwal kemungkinan kecurangan politik di perusahaan

Dengan istirahat pertama dalam proses, harga saham Facebook telah meningkat nyaris 5%, karena pasar bereaksi nyata terhadap kinerja Mark, meningkatkan kekayaan bersihnya dengan sekitar $ 3 miliar.

Perusahaan Cambridge Analytica populer karena relevansinya dengan kampanye pemilu Donald Trump 2016, dan telah mengklaim memainkan “bagian integral” dalam kemenangan Trump.

Tetapi dibilang tidak ada data yang terlibat dalam skandal gres-gres ini dipakai untuk menolong kampanye Trump.

Kabar bahwa kuis kepribadian yang dikembangkan oleh seorang akademisi, Aleksandr Kogan, telah mengumpulkan data tidak cuma dari orang-orang yang menggunakannya namun juga dari sahabat Facebook mereka diungkapkan oleh pemeriksaan surat kabar. Aleksandr Kogan kemudian menjual data ke Cambridge Analytica.

Kedua perusahaan menyalahkan Aleksandr Kogan. Facebook mengatakan bahwa walaupun pengguna menawarkan izin terhadap aplikasi Aleksandr Kogan untuk mengumpulkan informasi mereka, menjualnya pada ketentuan layanan.

Cambridge Analytica, sementara itu, mengklaim bahwa mereka tidak tahu bahwa gosip itu diperoleh dengan tidak sebaiknya. Selama tampilan Mark, perusahaan itu men-tweet bahwa ia “menasihati” media informasi melalui para pengacaranya ihwal peliputan.

Kedua perusahaan juga menyampaikan mereka pindah untuk meniadakan data setelah mereka mengetahui persoalan pada tahun 2015.

Baca Juga:   Ada Ikon Roket Pada Aplikasi Facebook, Apa Sih Fungsinya?

Beberapa jam sebelum sidang kongres, Facebook juga mengungkapkan bahwa pesan langsung dari sekitar 1.500 pengguna dimasukkan dalam pengumpulan data.

facebook - Facebook Sedang ‘Bertempur’ Dengan Rusia

100810929 whitespace - Facebook Sedang ‘Bertempur’ Dengan Rusia


Bagikan:
close