counter create hit

Fungsi Safe Mode Android & Cara Mengaktifkan / Mematikannya

Bagikan:

Apa itu Safe Mode Android ? Apa fungsinya ? Bagaimana cara mengaktifkan dan mematikannya ? 3 pertanyaan ini akan Sultan jawab di postingan ini. Sistem operasi Android sama mirip tata cara operasi pada umumnya. Semakin usang dipakai dan kian banyak aplikasi diinstal maka kian banyak pula service atau layanan yang mesti dilaksanakan. Semakin banyak layanan dijalankan akan memperbesar kemungkinan  sistem operasi error. Hal ini mengakibatkan penampilan hp jadi lebih lambat dibanding saat pertama kali dibeli.

Safe Mode Android Fungsi dan Cara Mengaktifkannya - Fungsi Safe Mode Android & Cara Mengaktifkan / Mematikannya

Cara untuk memperbaiki hp lemot lazimnya dengan melakukan factory reset atau format ulang. Langkah ini akan mengembalikan pengaturan hp ke pengaturan pabrik. Namun sayangnya, factory reset mampu meniadakan semua data dan aplikasi yang dipasang di hpmu. Ada cara lain untuk memperbaiki hp lemot adalah dengan Safe Mode.

Pengertian dan Fungsi Safe Mode Android

Safe Mode yaitu sebuah kondisi di mana metode operasi Android hanya mengerjakan fungsi dasar yang penting dan utama saja. Ketika hp Android kamu masuk ke Safe Mode, semua aplikasi pihak ketiga tidak mampu digunakan. Fungsi Safe Mode adalah untuk menyelidiki apakah ada aplikasi tertentu yang mengakibatkan persoalan pada sistem operasi Android. Selain bisa untuk memperbaiki hp error atau lemot, Safe Mode juga bisa dipakai untuk memperbaiki hp yang sering restart sendiri atau sulit booting.

Saat masuk ke dalam Safe Mode, performa hp kita akan sama saja. Namun bedanya ada tanda air (watermark) bertuliskan “Safe Mode” di pojok kiri bawah. Saat masuk ke Safe Mode kau mampu memperbaiki kinerja sistem operasi yang sering restart sendiri dan uninstal aplikasi pihak ketiga yang menjadikan hp Android lemot. Lalu bagaimana caranya mengaktifkan Safe Mode di hp Android ? dan bagaimana cara mematikan Safe Mode Android ?

Baca Juga:   Cara Unreg Nomor Kartu Indosat Ooredoo Yang Sudah Diregistrasi

Cara Mengaktifkan Safe Mode Android

Cara mengaktifkan Safe Mode Android di beberapa merk dan tipe hp itu berlawanan-beda. Kombinasi tombol yang digunakan juga berbeda. Untuk mengaktifkan Safe Mode di beberapa tipe hp lawas bisa dengan cara mematikan hp terlebih dulu. Setelah itu nyalakan kembali dengan tombol Power, lalu tekan dan tahan kedua tombol volume selama booting berjalan. Namun untuk hp Android tipe modern, kamu mampu mengaktifkan Safe Mode dengan cara berikut ini:

Cara Mengaktifkan Safe Mode di Hp Stock Android

Cara ini mampu kau lakukan di hp dengan Android murni atau stock Android, mirip: Google Pixel, Android One, Nexus, dan lain sebagainya. Cara ini mampu dikerjakan di beberapa versi hp Android yang melaksanakan tata cara operasi Android 6.0 atau versi terbaru. Selain itu, cara ini juga mampu dilaksanakan di hp merk, LG, HTC, Sony, dan beberapa brand hp Android lainnya.

  1. Tekan dan tahan tombol power
  2. Setelah muncul opsi Power Off dan Restart, tekan dan tahan Power Off hingga timbul pop up “Reboot to Safe Mode”
  3. Pilih pilihan OK dan tunggu hingga hp restart dan masuk ke dalam Safe Mode.

Safe Mode Android - Fungsi Safe Mode Android & Cara Mengaktifkan / Mematikannya

Cara Mengaktifkan Safe Mode di Hp Samsung Galaxy & HTC

Cara ini bisa dilaksanakan untuk masuk ke Safe Mode di hp Samsung Galaxy, HTC, atau beberapa model hp Android lainnya.

  1. Matikan hp dengan tombol Power dan pilih Power Off
  2. Setelah mati, tekan dan tahan tombol Power hingga timbul logo Samsung atau HTC
  3. Lepas tombol Power dan tekan dan tahan tombol volume down (bawah)
  4. Terus tekan dan tahan sampai proses boot up selesai
  5. Lepaskan tombol dikala hp sudah masuk ke dalam Safe Mode.

Cara Mengaktifkan Safe Mode di Hp Xiaomi

  1. Matikan hp dengan tombol Power dan tekan Power Off
  2. Nyalakan kembali dengan tombol Power
  3. Setelah timbul logo Mi tekan sensor sidik jari (fingerprint scanner) berulang-ulang
  4. Tekan terus hingga masuk ke Safe Mode.
Baca Juga:   Bagaimana Cara Mengaktifkan Line Pay E-Cash?

Jika hp kamu tidak bisa masuk ke Safe Mode dengan cara pertama, coba dengan cara kedua. Perlu dicatat, ada beberapa model dan merk hp yang baru bisa masuk ke Safe Mode jika sudah masuk dalam mode pengembang (Developer Mode). Untuk masuk ke mode pengembang, kamu harus pergi ke Setting > About kemudian ketuk berulang kali pada informasi pilihan “Build Number.”

Cara Mematikan Safe Mode Android dengan Praktis

Cara mematikan Safe Mode dan mengembalikan hp ke mode wajar jauh lebih mudah. Yang perlu kamu kerjakan hanya Restart hp kembali. Caranya tekan dan tahan tombol Power sampai timbul opsi Power Off dan Restart. Pilih Restart dan biarkan hp booting ulang secara otomatis.

Safe Mode Android banyak keuntungannya. Beberapa manfaat Safe Mode adalah memungkinkan Anda mampu menganalisa aplikasi pihak ketiga mana yang membuat hp lemot, mengubah setingan ke setingan tolok ukur atau bawaan pabrikan, dan menghapus atau mengubah aplikasi atau setingan yang tidak diperlukan. Biasanya Safe Mode dipakai saat ada penggunaan Mod berlebihan. Kelebihan lain dari Safe Mode yaitu meniadakan aplikasi yang sering memunculkan iklan atau mengandung malware.


Bagikan:
close