counter create hit

Haircut Value: Definisi, Rumus, Contoh

Bagikan:

Pada artikel cara membaca portofolio saham kita sudah membahas bahwasanya ada nilai-nilai tertentu yang menjadi acuan perusahaan sekuritas dalam memilih besaran remain trade limit atau batas-batas seorang investor menggunakan dana dari akomodasi leverage

Nilai-nilai tersebut berjulukan haircut value dan mampu ditemukan di samping kanan kolom growth or loss dalam setiap aplikasi trading saham. Kenali apa itu haircut value dan apa fungsinya dengan membaca artikel ini sampai selesai. 

Definisi Haircut Value

Haircut value yakni nilai-nilai yang digunakan oleh KPEI dan perusahaan sekuritas untuk meminimalkan nilai market value suatu saham yang dipegang oleh seorang penanam modal. Umumnya, nilai ini ditampilkan dalam bentuk persentase atau rasio. 

Nilai ini dipakai untuk memilih besaran nilai agunan yang bisa dijadikan jaminan oleh investor ketika penanam modal tersebut ingin mengajukan sumbangan (leverage) dan tidak mempengaruhi potensi keuntungan yang mampu diperoleh penanam modal.

Artinya, kalau penanam modal tersebut mempunyai aset sebesar 1.000.000 rupiah dan nilai haircut aset tersebut yaitu 5%, maka perusahaan sekuritas hanya akan menganggap investor tersebut punya aset sebesar 950.000 (1.000.000-5%) untuk dijadikan sebagai jaminan santunan. 

KPEI menciptakan teladan tentang nilai ini bareng komite haircut. Bagi penanam modal, nilai ini mampu memiliki arti risiko investasi pada suatu perusahaan. Umumnya, haircut value yang tinggi diartikan sebagai risiko yang tinggi. Begitupun sebaliknya. 

Bagi perusahaan sekuritas, haircut value berfaedah sebagai pertimbangan dalam administrasi aset sehingga perusahaan tersebut mampu memilih apakah investasi di perusahaan tersebut tepat atau tidak.

Disisi lain, KPEI menggunakan indikator ini untuk memberi stimulus pada pasar modal. Artinya, KPEI berharap jikalau nilai haircut dibuat lebih rendah, maka banyak penduduk yang terpesona untuk membeli saham gres meskipun menggunakan fasilitas perlindungan. 

Perlu dikenang bahwasanya nilai ini akan terus diupdate oleh KPEI. Sehingga, pastikan Anda mengakses nilai haircut terbaru dari sebuah perusahaan. 

Baca Juga:   Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu

Sebuah data lama yang dipublikasikan oleh okezone.co.id pada tahun 2012 menyebutkan bahwa KPEI dikala itu menetapkan haircut value berikut ini untuk masing-masing level peringkat saham:

  • Saham AAA = 5%
  • Saham AA = 15%
  • Saham A = 25%
  • Saham BBB- = 35%
  • Saham BB-= 100%

Data tentang besaran haircut value modern hanya mampu Anda dapatkan melalui aplikasi trading saham kesayangan Anda atau lewat laman resmi KPEI. Namun untuk pilihan yang terakhir, hanya bisa dibuka oleh anggota KPEI saja. 

Rumus Mencari Hasil Haircut Value

Nilai haircut value akan tampil secara otomatis di setiap aplikasi trading saham. Begitu juga dengan nilai aset yang mampu Anda jadikan agunan untuk bantuan remain trading limit. Namun untuk menambah pemahaman, berikut ini rumus hasil haircut value:

Haircut value = (1- haircut value) x market value

Karena nilai market value diperoleh dari hasil kali antara harga saham terakhir dengan jumlah lot yang dimiliki, maka:

Hasil haircut value = (1- haircut value) x (jumlah lembar saham yang dimiliki x harga saham terakhir)

Misalnya:

Diketahui harga saham: 500/lembar

Jumlah saham yang dimiliki investor: 1000 lembar

Haircut value saham: 10%. 

Maka, hasil haircut saham tersebut yaitu: 

Hasil haircut value= (1- 10%) x (1000 x 500) = 90% x 500.000= 450.000

Jadi, penanam modal tersebut hanya bisa mengakibatkan saham senilai 450.000 untuk dijadikan jaminan. 

Faktor yang Menentukan Nilai Haircut

Dilansir dari Investopedia, setidaknya ada dua aspek yang menghipnotis haircut value. Dua faktor tersebut adalah pergantian harga suatu aset dan risiko lain yang berhubungan dengan aset tersebut. 

Semakin mudah harga suatu aset diperkirakan, maka semakin rendah haircut value aset tersebut. Begitu pula dengan aspek risiko. Semakin rendah risiko investasi di sebuah aset, maka kian rendah pula haircut value aset tersebut. 

Dalam hal ini, umumnya obligasi pemerintah (treasury bills) dapat disebut sebagai salah satu aset dengan nilai haircut terendah. Sebab, obligasi jenis ini harganya gampang diperkirakan dan niscaya dibayar oleh pemerintah kecuali bila negara tersebut gulung tikar. 

Sebaliknya, haircut value pada margin trading bisa sangat tinggi yakni sekitar 50%. Artinya, kalau aset yang dimiliki oleh seorang investor sebanyak 1.000.000 rupiah, maka investor tersebut kemungkinan besar hanya bisa dapat sumbangan maksimal sebesar 500.000 rupiah jika beliau ingin melakukan margin trading

Baca Juga:   Nasehat Software Analisis Teknikal Saham Gratis (2022)

Hal ini sebab margin trading ialah acara trading yang mempunyai risiko tinggi karena memanfaatkan volatilitas tinggi harga sebuah saham.

Contoh Haircut Value

Kedua gambar di bawah adalah gambar pola penampilan data haircut value seorang penanam modal pada aplikasi trading saham dari MNC Sekuritas. Dari gambar yang pertama terlihat bahwasanya terdapat nilai haircut value yang berlawanan pada masing-masing saham yang dimiliki oleh penanam modal tersebut. 

Screenshot 2021 11 26 21.14.46 - Haircut Value: Definisi, Rumus, Contoh
Contoh haircut value. Sumber:  al Gardia TV
Screenshot 2021 11 26 21.15.13 1 - Haircut Value: Definisi, Rumus, Contoh
Contoh Haircut value. Sumber:  al Gardia TV

Dalam hal ini, investor itu mempunyai saham dengan nilai haircut value berkisar antara 5% sampai 25%. Lalu, pada gambar kedua tertera berapa nilai saham yang bisa dijadikan agunan oleh penanam modal tersebut bila dia ingin mengajukan santunan. 

Misalnya, untuk saham Bank BTPN Syariah (BTPS), penanam modal tersebut mempunyai nilai aset sebanyak 800.000. Padahal, nilai haircut saham perusahaan ini adalah 25%. Oleh sebab itu, nilai saham yang mampu dijadikan agunan oleh investor bila beliau ingin menggunakan saham perusahaan ini sebagai agunan ialah sebesar 600.000. 

Contoh lainnya adalah investor tersebut mempunyai saham PT Unilever Indonesia sebanyak 2.250.000 sedangkan nilai haircut UNVR yaitu sebesar 5%. Maka, jumlah agunan yang bisa diajukan yaitu sekitar 2.137.000 rupiah. 

Kesimpulan

Haircut value berkhasiat selaku nilai-nilai yang digunakan untuk menghemat market value suatu saham. Nilai ini berperan dalam penentuan jumlah remain trading limit atau sumbangan yang bisa diambil oleh seorang penanam modal. 

Di segi lain, haircut value juga mampu digunakan oleh penanam modal dalam mengidentifikasi tingkat risiko investasi di sebuah perusahaan. Semakin tinggi haircut value, maka semakin tinggi pula investasi di saham atau instrumen tersebut.

Cara untuk mengetahui hasil haircut value cukup gampang yaitu dengan meminimalkan market value dengan persentase haircut value yang tertera di setiap saham. 


Bagikan:
close