counter create hit

Inilah Keuntungan Dalam Berinvestasi Reksadana

Bagikan:

KichanHelp.comApakah kamu ingin menjadikan investasi sebagai gaya hidup tapi merasa belum memiliki uang banyak untuk berinvestasi? Jika iya, tenang, karena reksadana bisa jadi pilihan bijak.

Seperti kamu ketahui, reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang cukup banyak digandrungi masyarakat saat ini. Bagaimana tidak, kemudahan serta potensi imbal hasil (return) yang lebih tinggi dibandingkan produk perbankan menjadi salah satu alasan banyak orang yang tertarik di instrumen pasar modal tersebut.

Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi atau deposito.

Selain itu, reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Nah, ada beberapa fakta menarik mengenai reksadana dibandingkan dengan berbagai instrumen investasi yang lain.

1. Return Cenderung Tinggi

Keuntungan pertama dari investasi reksadana adalah keuntungan dari pengembalian yang cenderung tinggi, atau yang dikenal dengan istilah return cenderung tinggi. Investasi reksadana bisa memberikan keuntungan hingga 20% setiap tahunnya. Tingginya keuntungan tersebut bisa memberikan kesempatan kepada para investor untuk bermain reksadana.

Keuntungan tinggi juga dihasilkan salah satunya oleh reksadana saham. Tingginya keuntungan yang diberikan oleh reksadana saham, dapat memberikan kesempatan pada investor untuk menggunakan reksadana saham sebagai instrumen untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan jangka panjang, seperti dana pendidikan dan juga dana pensiun.

2. Diversifikasi Risiko

Keuntungan lainnya adalah keamanan dalam investasi, hal tersebut dikarenakan investasi reksadana menawarkan verifikasi resiko. Hal ini disebabkan karena uang investor disebar ke berbagai instrumen sehingga jika terjadi resiko, tidak akan menurunkan nilainya secara bersamaan. Dengan begitu, kita sebagai investor akan mendapatkan keamanan dan juga gambaran keuntungan secara berjangka.

Baca Juga:   Tips Untuk Pemula Yang Ingin Investasi Reksadana

3. Dikelola Oleh Manajer Investasi Berpengalaman

Kita sebagai investor mungkin memiliki keterbatasan pemahaman tentang reksadana, dan dari keterbatasan pemahaman tersebut membuat kita menjadi banyak takut dan khawatir. Tapi, hal tersebut tidak akan kita alami dalam memainkan investasi reksadana. Karena, investasi reksadana dikelola oleh Manajer Investasi yang berpengalaman dan profesional.

Kita juga bisa menilai kinerja Manajer Investasi secara transparan, dan bisa secara fair menilai juga memilih Manajer Investasi yang membuat kita nyaman dan sesuai dengan keinginan kita.

4. Bisa Investasi dengan Modal Minim

Keuntungan selanjutnya adalah kita bisa berinvestasi dengan modal minim, contohnya kita bisa berinvestasi dengan modal hanya Rp10.000 saja. Hal ini dikarenakan pada penjual reksadana terus melakukan inovasi agar instrumennya bisa terjangkau bagi setiap lapisan masyarakat.

Banyak reksadana online yang telah dijelaskan sebelumnya yang memberikan kemudahan investasi dengan modal minim. Hal tersebut merupakan sebuah kesempatan yang wajib kita manfaatkan sebaik mungkin

5. Praktis, Bisa Dikelola Secara Online

Keuntungan terakhir dari investasi reksadana adalah bisa dikelola secara online, sehingga sangat praktis untuk kita melakukannya. Hal tersebut dikarenakan trend platform reksadana yang mulai beralih secara online. Tentu saja hal ini memberikan kemudahan bagi kita, bahkan beberapa platform online ada yang memberikan biaya gratis untuk investasi reksadana. Tidak ada alasan untuk kita tidak mencobanya, bukan?

Semoga penjelasan terkait apa itu investasi reksadana, seperti apa cara investasi reksadana online dan lain sebagainya yang telah dijelaskan di atas, bisa membantu kita untuk lebih mudah dalam melaksanakannya. Kunci dari investasi adalah kejelian dalam melihat peluang.

Mengetahui celah investasi dan kemungkinan keuntungan adalah kunci dalam berinvestasi. Namun, kita juga harus bersiap untuk gagal. Karena, kegagalan merupakan kesempatan yang tertunda. Kegagalan merupakan kesempatan untuk kita bisa lebih baik lagi dalam memahami sesuatu hal yang sedang kita tekuni, termasuk investasi reksadana.

Itu tadi penjelasan lengkap tentang cara investasi reksadana untuk pemula. Cara berinvestasi reksadana bisa dimulai kapan saja di usia berapa saja. Tak perlu modal besar, dengan modal ratusan ribu pun kamu sudah bisa berinvestasi reksadana.

Baca Juga:   Biaya Dalam Investasi Reksadana Yang Ditanggung Investor

Manfaat Reksa dana

Sebagai salah satu investasi yang menarik dan banyak diminati, reksa dana memiliki banyak manfaat yaitu:

Memiliki Biaya Rendah

Reksa dana merupakan dana yang dikumpulkan dari banyak investor dan kemudian dikelola secara profesional, hal ini sejalan dengan besarnya kemampuan untuk melakukan investasi tersebut serta menghasilkan keuntungan reksa dana yakni  efisiensi dalam biaya transaksi.

Dikelola oleh Manajemen Profesional

Pengelolaan portofolio suatu reksa dana dilaksanakan oleh Manajer Investasi yang memang mengkhususkan keahliannya dalam hal pengelolaan dana. Peran Manajer Investasi sangat penting mengingat Pemodal individu pada umumnya mempunyai keterbatasan waktu, sehingga tidak dapat melakukan riset secara langsung dalam menganalisis harga efek serta mengakses informasi ke pasar modal.

Transparansi Informasi

Setiap reksa dana wajib memberikan informasi atas perkembangan portofolionya dan biayanya secara kontinyu sehingga pemegang Unit Penyertaan dapat memantau keuntungan reksa dana, biaya, dan risiko setiap saat. Pengelola Reksa Dana wajib mengumumkan Nilai Aktiva Bersih (NAB) nya setiap hari di surat kabar serta menerbitkan laporan keuangan tengah tahunan dan tahunan serta prospektus secara teratur sehingga Investor dapat memonitor perkembangan investasinya secara rutin.

Likuiditas yang Tinggi

Agar investasi yang dilakukan berhasil, setiap instrumen investasi harus mempunyai tingkat likuiditas yang cukup tinggi. Dengan demikian, Pemodal dapat mencairkan kembali Unit Penyertaannya setiap saat sesuai ketetapan yang dibuat masing-masing reksa dana sehingga memudahkan investor mengelola kasnya. Reksa dana terbuka wajib membeli kembali Unit Penyertaannya sehingga sifatnya sangat likuid.

Diversifikasi Investasi

Diversifikasi atau yang biasa disebut penyebaran investasi yang terwujud dalam portofolio akan mengurangi risiko, karena uang atau kekayaan reksa dana diinvestasikan pada berbagai jenis bursa efek sehingga risikonya pun juga tersebar. Dengan kata lain, risikonya tidak sebesar risiko bila seorang membeli satu atau dua jenis saham atau bursa efek secara individu.

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana


Bagikan:
close