counter create hit

Kisah Nabi Luth, Berdakwah kepada Kaum Sodom yang Durhaka

Bagikan:

Di dalam kitab suci Alquran ada banyak cerita umat terdahulu. Setiap dongeng niscaya senantiasa ada pesan yang tersirat penting bagi hamba Allah yang beriman.

Salah satu cerita mempunyai arti dari Quran yaitu dongeng tentang Nabi Luth AS dan umatnya. Nabi Luth AS disebutkan 27 kali di Alquran, sedangkan kaumnya 10 kali.

Umatnya terkenal dengan kebiasaannya yang menyimpang, khususnya berafiliasi sesama jenis.

Alhasil mereka terkena azab yang sungguh keras dan mematikan. Inilah dongeng Nabi Luth AS ketika berdakwah pada umatnya.

Baca juga: Kisah Nabi Yaqub, Pelajaran Bagi Orangtua Mendidik Anak

Diutus ke sebuah tempat bernama Sodom yang umatnya sungguh ingkar

nabi luth islamicportal - Kisah Nabi Luth, Berdakwah kepada Kaum Sodom yang Durhaka

(foto: islamicportal)

Jika dirunut silsilah keluarganya, Nabi Luth AS adalah keponakan Nabi Ibrahim AS. Ayahnya, Haran bin Tharih yakni adik dari Nabi Ibrahim AS.

Diriwayatkan bahwa Nabi Luth AS menjadi delegasi Allah SWT ke daerah yang berjulukan Sodom atau Sadum.

Kini daerahnya secara geografis masuk ke kawasan Yordania. Tugas kenabiannya tidak gampang sebab mesti membereskan umat yang diketahui dengan Kaum Sodom yang sangat ingkar dan moralnya telah rusak parah.

Umatnya diajak untuk beriman pada Allah SWT, jauh dari maksiat kejahatan, dan pastinya dari bujuk rayu iblis.

Seruan dan permintaan kebaikan terus disampaikan kepada umatnya supaya bisa berhenti dari maksiat dan lebih taat kepada Allah SWT.

Umatnya punya sikap menyimpang, khususnya berafiliasi sesama jenis

nabi luth p - Kisah Nabi Luth, Berdakwah kepada Kaum Sodom yang Durhaka

(foto: lokadata)

Sejak awal kedatangan Nabi Luth AS di tanah Sodom, tidak ada sambutan baik dari penduduk .

Kedatangannya adalah sebagai utusan Allah, namun malah dipandang sebagai orang asing, asing, dan dianggap mengganggu kehidupan lokal.

Dakwahnya tidak didengar, malah diabaikan bagai angin lalu. Saat ada perayaan tentang azab, kaum Sodom justru menantang datangnya azab.

Kaum Sodom tidak berakhlak, tidak beragama, nilai-nilai kemanusiaan, ataupun cinta kasih.

Pencurian dan tindak kejahatan lain mirip sudah menjadi hal biasa. Sehari-hari berlaku hukum rimba. Yang berpengaruh jadi penguasa, dan yang lemah jadi korban penindasan. Semakin hari, dakwahnya kian tidak mudah.

Baca Juga:   Asal Usul Sasando, Alat Musik Berdawai Asli dari NTT

Parahnya lagi, umatnya juga menyimpang alasannya bekerjasama dengan sesama jenis. Yang laki-laki menjadi homoseksual, sedangkan yang perempuan menjadi lesbian. Inilah awal mula adanya fenomena LGBT di dunia.

Mengalami kesulitan dalam berdakwah, dan istrinya ternyata berkhianat

kisah nabi luth ok - Kisah Nabi Luth, Berdakwah kepada Kaum Sodom yang Durhaka

(foto: okezone)

Suatu hari, ada beberapa tamu bermuka ganteng yang mengetuk pintu rumahnya. Saat dibukakan pintu, tamu pun dipersilakan masuk secepatnya. Jangan hingga umat mengenali ihwal kedatangan tamu tersebut.

Istri dan anaknya pun diberi pesan semoga mempertahankan belakang layar soal tamunya. Tidak lama kemudian, entah bagaimana umatnya mampu tahu perihal kehadiran tamu berparas ganteng.

Tidak diduga sebelumnya, ternyata orang yang membocorkan diam-diam yaitu istrinya sendiri.

Istrinya selama ini ternyata telah berkhianat dengan cara berpihak terhadap umat yang ingkar. Itulah mengapa dakwahnya selama ini sangat sukar.

Informasi soal kepentingan dakwah juga sering bocor. Kemudian, hal yang dikhawatirkannya pun terjadi.

Kabar kedatangan tamu berwajah ganteng telah tersiar secara luas di golongan umatnya. Sudah jelas diketahui kalau budbahasa umatnya ialah suka mengumbar hawa nafsu dan zalim terhadap pendatang.

Baca juga: Kisah Nabi Nuh, Umatnya yang Ingkar Tenggelam dalam Banjir Besar

Kedatangan tamu-tamu misterius berparas ganteng, umatnya pun ingin tau

nabi luth madeblog - Kisah Nabi Luth, Berdakwah kepada Kaum Sodom yang Durhaka

(foto: madeblog)

Seruan dan perayaan terus disampaikan karena umatnya malah bersikeras ingin berjumpa tamu-tamu yang rupawan. Umat yang bergejolak diingatkan biar tidak bertindak melebihi batas.

Sesaat lalu para tamu rupawan malah keluar rumah dan mengatakan bahwa sebenarnya mereka bukan manusia, tapi malaikat ciptaan Allah.

Umat yang semakin beringas tidak yakin atau tidak menghiraukan mereka insan atau malaikat. Yang jelas pintu sudah diterobos paksa.

Tiba-tiba semua gelap bagi umatnya dikala itu. Umatnya menjadi buta. Ini yaitu azab Allah sebagai perayaan supaya berhenti bermaksiat. Tentang peringatan azab, dahulu umatnya pernah menantang azab.

Akhirnya terjadi juga azab yang pernah ditantang kaum Sodom. Para tamu menyuruh supaya Nabi Luth AS secepatnya pergi dari tanah Sodom bersama keluarganya.

Disuruh pergi dari negeri Sodom yang akan terkena azab mematikan

Baca Juga:   Kisah Nabi Samiā€™un, Peristiwa Penting sebelum Turun Surat Alqadr

nabi lutj ganaislamika - Kisah Nabi Luth, Berdakwah kepada Kaum Sodom yang Durhaka

(foto: ganaislamika)

Azab yang lebih besar akan Allah turunkan kepada kaum Sodom yang tetap ingkar. Malaikat pun berpesan biar dalam perjalanan nanti tidak ada yang menoleh ke belakang.

Lewat tengah malam, Nabi Luth AS dan keluarga pergi jauh ke luar kota, tanpa menoleh ke belakang. Lagi-lagi istrinya jadi musuh dalam selimut.

Sudah diperingatkan, malah senantiasa menoleh ke belajang alasannya ingin tahu apa yang terjadi pada kaumnya.

Waktu menjelang fajar, datang-datang bumi terguncang ahli. Semuanya terbalik dan dihujani watu bertubi-tubi.


Bagikan:
close