counter create hit

Kontroversi The Lion King Tiru Kimba the White Lion Muncul Lagi

Bagikan:

Film animasi Lion King asli ialah salah satu film Disney yang paling dicintai. Remake film itu ketika ini menduduki posisi pertama di tangga Box Office Amerika Serikat dan menghasilkan lebih dari $713,6 juta secara global. Film orisinil Lion King tayang pada 1994. Saat itu beberapa penggemar anime dengan segera melihat ada persamaan yang besar lengan berkuasa antara film itu dengan serial anime Kimba the White Lion. Kontroversi ini muncul kembali dengan tayangnya remake film itu. Banyak pihak yang membahas persamaan di antara kedua aksara itu.

Ada video yang membandingkan banyak sekali persamaan antara Lion King dan Kimba the White Lion. Dan hal ini mengagetkan para penggemar baru, tulis Movie Web, Kamis (25/7). Sutradara film animasi The Lion King, Roger Allers dan Rob Minkoff membantah kalau mereka tahu ihwal Kimba. Padahal Roger pernah tinggal di Tokyo dan melakukan pekerjaan di bidang animasi. Saat dia di sana, Osamu Tezuka, pencipta serial Kimba, dianggap sebagai Walt Disney-nya Jepang. Kaprikornus rasanya mustahil Roger yang melakukan pekerjaan di bidang animasi tidak memedulikan sosok besar itu. Setelah jawaban mereka dikonfrontasi beberapa kali dan akhirnya tim animasi Disney mengaku jika mereka tahu ihwal Kimba. Sementara kesamaan nama Simba dan Kimba dianggap selaku kebetulan alasannya adalah Simba yakni kata Swahili untuk singa.

 Selain itu ada beberapa perbedaan besar di antara dua kisah itu. Kimba the White Lion memperlihatkan insan. The Lion King tidak. Tapi dongeng keduanya secara garis besar sama. Dan beberapa adegan di dalam keduanya juga seperti. Penjahat dalam film The Lion King bernama Scar dan dia mempunyai luka di mata kirinya. Kimba memiliki seekor penjahat bernama Claw dan ia juga mempunyai luka di mata kirinya. Anak buah Claw terdiri dari dua hyena. Sedangkan Scar mempunyai tiga hyena. 

Desain permulaan Simba juga sangat mirip dengan Kimba, khususnya sebab Simba mulanya yaitu singa putih seperti Kimba. Kesamaan itu tidak berakhir di sini, beberapa adegan dalam The Lion King juga identik dengan Kimba the White Lion. Misal adegan Simba muda menyaksikan ke awan yang berbentuk ayahnya yang terbunuh, kemudian adegan Simba bangkit di Pride Rock pada dikala matahari terbit dan bahkan pertandingan antara Simba dan pamannya terlihat sama dengan yang ada pada Kimba. Melihat video yang mengupas persamaan di antara keduanya sungguh-sungguh membuka mata.

Baca Juga:   Update PUBG Mobile Versi 0.14.0 Dirilis 14 Agustus

Yang mengejutkan Tezuka Productions tidak pernah menuntut atau melaksanakan tindakan hukum kepada Disney. Padahal berdasarkan ahli hak cipta, kalau mereka menuntut Disney, maka bukti mereka sungguh besar lengan berkuasa. Terutama sehabis The Lion King menjadi populer di layar lebar, teater Broadway dan kini dalam bentuk remake. 

Ada beberapa pihak yang percaya jika Disney diam-diam mengeluarkan uang Tezuka semoga tidak menuntut mereka sehingga mereka tidak merasa malu harus mengakui kesalahan mereka. Tapi pikiran ini hanyalah spekulasi dan belum ada konfirmasi dari pihak manapun secara resmi. 


Bagikan:
close