counter create hit

Magic Mushroom, Jamur Ajaib yang Bisa Memicu Halusinasi

Bagikan:

Ada ribuan jenis jamur di dunia yang sebagian kondusif disantap, tapi ada juga yang berbahaya alasannya adalah beracun. Salah satu jamur beracun adalah magic mushroom yang mampu menyebabkan halusinasi.

Memang jamur abnormal yang satu ini cukup kontroversial. Meskipun terlarang, ternyata ada orang yang sengaja mengonsumsi untuk kesenangan sesaat.

Cara mengonsumsinya mampu dengan cara dicampur ke dalam masakan, diseduh ke dalam teh, atau menjadi olahan mirip kudapan manis kering. Beberapa gosip di bawah ini mungkin bisa membantumu untuk mengenalinya.

Baca juga: Tenis: Sejarah, Luas Lapangan, Aturan Main, dan Istilah Penting

Mengandung zat psilosibin yang sering disalahgunakan untuk kesenangan sesaat

magic mushroom fungipedia - Magic Mushroom, Jamur Ajaib yang Bisa Memicu Halusinasi

(foto: fungipedia)

Magic mushroom bahu-membahu bukanlah nama dari salah satu jenis jamur, tetapi menjadi sebutan untuk banyak jamur sekaligus yang mengandung zat psilosibin.

Ada lebih dari 75 spesies jamur liar yang mengandung suatu zat kimia berjulukan psilosibin.

Psilosibin tergolong zat yang cukup rentan untuk disalahgunakan untuk mampu ‘fly’ mirip saat mengonsumsi narkoba jenis LSD (Lysergic acid diethylamide). Tempatnya berkembang umumnya di sekitar kotoran sapi atau kerbau.

Itulah mengapa jamur ini juga disebut jamur kotoran sapi. Kandungan psilosibin itulah yang mampu menimbulkan sensasi yang intens dan menyerang tata cara otak.

Kinerja otak pun jadi melambat alasannya oksigen yang masuk ke otak terhambat. Efek yang terjadi mungkin berbeda pada masing-masing orang, tergantung keadaan psikologis orang yang mengonsumsi.

Di kurun kemudian pernah digunakan untuk sesembahan suku Aztec untuk para tuhan

magic mushroom hellosehat - Magic Mushroom, Jamur Ajaib yang Bisa Memicu Halusinasi

(foto: hellosehat)

Lalu seperti apa ciri-cirinya? Jamur terlarang ini terlihat seperti jamur kering lazimnya yang memiliki tangkai panjang. Warna bab atasnya cokelat tua, ada bintik putihnya, dan cokelat muda di tengahnya.

Ada satu jenis yang disebut dengan Psylocybe cubensis yang secara harfiah artinya kepala gundul (bald head) sebab memang bentuknya seperti kepala manusia tanpa rambut. Keberadaannya di bumi sudah sejak ribuan tahun.

Bahkan dulu jamur ini digunakan untuk salah satu sesaji dan persembahan saat upacara spiritual suku Aztec di Amerika selatan.

Baca Juga:   Gak Cuma Jajar Genjang, 10 Bentuk Ketupat yang Unik untuk Lebaran

Konon suku Aztec pernah menyebutnya flesh of gods atau daging para tuhan, sehingga tidak sembarang pilih untuk dikonsumsi.

Seiring perubahan peradaban, manusia mengonsumsinya untuk mencari ‘kesenangan’ dalam kondisi halusinasi.

Baca juga: Basket: Sejarah, Luas Lapangan, Aturan Main, dan Istilah Penting

Setelah dimakan dalam dosis tertentu, bisa mengakibatkan imbas secara fisik maupun mental

magic mushrooms mixmag - Magic Mushroom, Jamur Ajaib yang Bisa Memicu Halusinasi

(foto: mixmag)

Dalam jual beli gelap, nama lain untuk magic mushroom lumayan banyak, contohnya; mushies, shrooms, blue meanies, liberty caps, golden tops, philosopher’s stone, agaric dan amani.

Pada kadar tertentu, penggunanya yang mengalami halusinasi mencicipi bahwa segala hal di sekelilingnya sangat lucu atau malah menyedihkan.

Selain mempunyai efek secara psikologis, ada pula imbas secara fisik ialah pusing, pupil membesar, jantung berdebar kencang, kondis lemas, mengantuk, demam parah, atau mati rasa.

Efeknya mampu terjadi dalam waktu setengah jam sehabis disantap dan mampu tahan antara 4-6 jam lamanya.

Psilosibin tidak senantiasa menyebabkan halusinasi indera pendengaran atau penglihatan dalam sekejap, namun bisa mengaburkan persepsi insan pada keadaan lingkungan di sekitarnya.

Semakin sering seseorang mendapat asupan psilosibin, maka tingkat sensitivitasnya menurun dan jikalau dosisnya kecil maka tidak terasa lagi pada tubuh.

Maka perlu dosis yang lebih tinggi supaya mampu menerima sensasi yang dikehendaki.

Berisiko kecanduan, tapi juga ada berfaedah untuk dokter yang membantu pasien gangguan mental

magic mushroom doktersehat 800x534 1 - Magic Mushroom, Jamur Ajaib yang Bisa Memicu Halusinasi

(foto: doktersehat)

Kondisi yang membahayakan yaitu dikala seseorang kecanduan dan terus menerus memajukan dosisnya. Meskipun fisiknya ‘toleran’ atau merasa seakan-akan tidak terjadi apa-apa, namun risiko tetap ada.

Termasuk pada seseorang yang berupaya lepas dari ketergantungan pada magic mushroom, gejala psikologis yang timbul mampu seperti tertekan. Inilah argumentasi mengapa ada larangan untuk konsumsi zatnya secara bebas.

Jika disantap berlebihan menjadi kecanduan dan bisa berisiko maut.

Berdasarkan Undang-undang No. 35 tahun 2009, magic mushroom sudah dimasukkan ke dalam narkotika kelompok I. Konsumsi atau peredarannya dilarang dan bisa terkena pidana.

Di antara banyak bahayanya, sebenarnya ada juga faedah. Dokter jiwa menggunakannya untuk menolong pasien gangguan mental mirip gangguan kecemasan (Anxiety Disorder), OCD (Obsessive Compulsive Disorder), dan PTSD (Post Traumatic Stress Disorder).

Baca Juga:   10 Hidangan yang Bikin Bau Badan, Jangan Banyak-Banyak Ya


Bagikan:
close