Mengenal 8 Manfaat Daun Ketapang untuk Kesehatan - KichanHelp

Mengenal 8 Manfaat Daun Ketapang untuk Kesehatan

Bagikan:

Manfaat Daun Ketapang – Dahulu, sebelum berkembangnya jaman dan canggihnya teknologi, sebagian besar orang menggunakan flora sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Hingga sekarang, tidak sedikit yang masih percaya bahwa obat tradisional khususnya dari flora ampuh dalam membasmi penyakit dalam tubuh.

Ada banyak jenis tumbuhan alami yang bisa dipakai sebagai penyelesaian untuk mengatasi masalah kesehatan.

Tak jarang, obat tradisional yang berasal dari tumbuhan tersebut mempunyai keampuhan luar biasa. Bahkan, beberapa penelitian membuktikan kebenarannya.

Tumbuhan tersebut biasanya di olah dengan beberapa cara seperti direbus, ditumbuk, atau bahkan dijadikan sebagai kuliner yang siap untuk dimakan bagi penderita suatu penyakit.

Salah satu flora yang bisa dijadikan sebagai obat tradisional alasannya adalah memiliki segudang faedah yaitu daun ketapang. Apakah kau pernah mendengar nama daun tersebut?

Baca juga: 8 Manfaat Begadang, Bisa Bikin Kamu Kaprikornus Pintar

Mengenal lebih dalam tentang daun ketapang

pengertian daun ketapang - Mengenal 8 Manfaat Daun Ketapang untuk Kesehatan

(foto: istockphoto)

Pohon ketapang yang mempunyai nama latin terminalia catappa ini ternyata berasal dari negara India, Laos, Kamboja, Malaysia, Jepang, Vietnam, Thailand, dan Australia.

Tinggi pohonnya meraih 30-35 meter. Sementara, ukuran daunnya mampu meraih 24cm dengan tekstur cukup bernafsu dan berwarna hijau renta dan tampakmengkilap.

Namun, daun ketapang bisa berganti warna menjadi merah atau kuning ketika musim gugur tiba.

Daun ketapang disinyalir memiliki kandungan senyawa flavonoid yang mana kita tahu bahwa senyawa tersebut mampu menawarkan pinjaman pada badan semoga terhindar dari aneka macam macam penyakit.

Baca juga: Apa Itu Penyakit Ain, Kenali Sebab dan Bahayanya

Manfaat daun ketapang bagi kesehatan

daun ketapang 2 min - Mengenal 8 Manfaat Daun Ketapang untuk Kesehatan

(foto: istockphoto)

Awalnya, daun ini hanya memiliki manfaat untuk merawat ikan cupang. Oleh alasannya itu,r banyak peternak ikan hias tersebut mengejar-ngejar daun ini.

Baca Juga:   12 Biaya Kartu Kredit BCA Terbaru : Tahunan dan Khusus [2022]

Daun ini dipercaya mampu menurunkan kadar pH air sehingga dapat mencegah perkembangan jamur dan bakteri pada akuarium.

Selain itu, daun ketapang juga bisa mengatasi gangguan kesehatan pada kulit ikan cupang. Sehingga, bila ikan mengalami luka maka akan cepat sembuh jikalau diobati dengan daun ini.

Tak hanya mampu merawat ikan cupang, rupanya daun ketapang juga mampu memperlihatkan segudang manfaat baik bagi kesehata tubuh. Beberapa manfaat tersebut diantaranya:

1. Mengobati hepatitis

Hepatitis ialah salah satu penyakit berbahaya yang jikalau dibiarkan akan merusak hati seorang penderitanya.

Oleh alasannya adalah itu, penyakit ini harus secepatnya diselesaikan supaya tidak muncul resiko jelek yang tidak diharapkan.

Daun ketapang dianggap mampu mengobati penyakit hepatitis. Akan namun, cuma daun yang telah gugur saja yang bisa dipakai.

Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid lebih banyak ditemukan pada daun ketapang yang telah gugur, sehingga bisa dijadikan selaku pengobatan Hepatitis.

2. Membantu melawan diabetes

Sama seperti hepatitis, diabetes juga merupakan penyakit berbahaya dan mesti segera dikerjakan. Jika tidak, maka akan timbul resiko komplikasi yang bisa menciptakan nyawa terbang.

Dikatakan bahwa daun ketapang bisa menolong melawan diabetes dengan cara menurunkan gula darah dalam badan.

Namun, perlu dicatat bahwa belum ada penelitian lanjutan tentang hal tersebut. Oleh alasannya adalah itu, semestinya berkonsultasi ke dokter apalagi dulu.

3. Meredakan nyeri haid

Sebagian besar perempuan niscaya mencicipi nyeri haid di bab pinggang, payudara, serta perut. Kondisi ini terjadi balasan kontraksi rahim terlalu kuat sehingga pasokan oksigen ke beberapa otot terputus.

Ketika nyeri haid menyerang, pastinya terasa tidak nyaman, bahkan kegiatan yang mesti segera dilaksanakan menjadi terhambat. Untuk itu, nyeri tersebut mesti secepatnya dituntaskan.

Daun ketapang disebut mampu meredakan nyeri haid. Caranya, rebus beberapa helai daun ketapang. Kemudian, minum air rebusan tersebut secara rutin untuk menerima hasil optimal.

4. Mengatasi sakit perut

Pernahkah kamu merasa sakit perut secara tiba-datang? Sakit perut kerap membuat kita merasa tidak tenteram dan kesusahan dalam melaksanakan berbagai aktivitas.

Baca Juga:   √ Apa Itu BI Fast Payment Bank Indonesia : Fitur, Syarat & Biaya 2022

Sakit perut mampu kamu obati dengan cara mengonsumsi obat tradisional yakni daun ketapang. Daun ketapang dianggap mampu menanggulangi sakit perut khususnya ketika terjadi masalah pada pencernaan.

Bahkan, penduduk Filipina menggunakan daun ketapang selaku obat tradisional semenjak dahulu kala.

Mereka menilai bahwa mengonsumsi daun ini sangat ampuh menanggulangi sakit perut, terlebih lagi jika dimasak menjadi jus.

5. Bagus untuk ibu hamil

Ibu hamil memerlukan nutrisi dan vitamin yang cukup supaya janin dalam kandungan tumbuh dan meningkat dengan baik.

Salah satu vitamin yang sungguh dibutuhkan janin yakni asam folat. Seperti yang kita tahu bahwa vitamin ini berkhasiat untuk menolong perkembangan otak janin serta replikasi DNA.

Daun ketapang diyakini bisa memenuhi keperluan asam folat pada ibu hamil. Sehingga, jikalau disantap akan memberikan faedah bagi janin yang dikandungnya.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara direbus. Kemudian, air rebusannya mampu kau minum secara rutin.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua ibu hamil bisa mengonsumsi ramuan herbal. Untuk itu, seharusnya konsultasikan apalagi dahulu dengan dokter kandunganmu semoga terhindar dari resiko jelek yang tidak dikehendaki.

6. Mengobati sariawan

Sariawan merupakan dilema kesehatan yang terjadi pada bagian verbal akhir bisul jamur bernama Canadida albicans.

Jamur ini menimbulkan bercak berwarna putih dan memerah pada bab gusi, lisan, pengecap, dan bagian lisan yang merepotkan dibersihkan.

Sariawan yang berkembang di bab mulut dan lidah tak jarang menciptakan kita tidak nyaman saat makan dan minum. Rasa sakitnya juga kerap menciptakan kita tidak nafsu makan.

Oleh sebab itu, sariawan semestinya harus secepatnya diobati agar tidak semakin parah dan sakit. Biasanya, orang mengobatinya menggunakan antiseptik yang dioleskan pada bab yang terkena sariawan.

Daun ketapang ternyata juga diyakini dapat menyembuhkan sariawan. Hal ini dikarenakan daun ini mengandung antiseptik yang diandalkan cukup efektif dalam penyembuhan sariawan.

7. Menangkal sel kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan. Ada banyak jenis kanker mirip kanker usus, kanker payudara, kanker serviks, kanker pankreas, dan lain sebagainya.

Baca Juga:   Gaya Hidup Hipster, Berpenampilan Nyentrik dan Berjiwa Seni

Umumnya, masalah kesehatan tersebut terjadi akhir teladan hidup yang tidak sehat. Mengonsumsi alkohol dan merokok yakni salah satu penyebab terutama.

Tak sedikit penderita kanker gagal melawan sel tersebut, sehingga menyebar ke seluruh tubuh dengan segera. Akibatnya, mereka tidak mampu bertahan hidup.

Oleh alasannya adalah itu, sebelum hal tersebut terjadi, alangkah baiknya kalau sel kanker yang berpotensi masuk ke dalam badan, kita musuh. Salah satunya yakni dengan cara mengonsumsi obat herbal yaitu daun ketapang.

Hal ini dikarenakan daun ketapang memilki sifat antikarsigonik yang diyakini mampu menekan kemajuan sel kanker dalam badan.

8. Menyehatkan tulang

Tulang merupakan bagian badan yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya semoga tidak menimbulkan duduk perkara mirip osteoporosis, kanker tulang, dan penyakit tulang lainnya.

Daun mengandung sifat antioksidan yang selain ampuh menangkal radikal bebas, juga mampu menguatkan tulang sehingga terhindar dari masalah tulang kropos.

Selain itu, imbas antiklastogenik juga diberikan oleh kandungan senyawa aktif yang ada pada daun ketapang.

Akhir kata

Demikianlah beberapa faedah abnormal daun ketapang yang sangat bagus untuk kesehatan badan. Kamu mampu memakai daun ini ketika memiliki masalah kesehatan yang sudah dijelaskan di atas.

Akan tetapi, bila duduk perkara kesehatanmu cukup serius, maka perlu dikonsultasikan dengan mahir kesehatan terlebih dulu.


Bagikan:
close