counter create hit

Mitos Dark Web Yang Belum Banyak Diketahui

Bagikan:

KichanHelpMitos Dark Web Yang Belum Banyak Diketahui – Pernahkah Anda mendengar istilah “dark web”? Namanya sendiri terlihat angker, bukan? “dark web” atau “darknet” ialah bab dari Internet yang tidak dapat diakses oleh siapa pun. Untuk mengaksesnya, Anda membutuhkan beberapa perangkat lunak yang mampu membuat Anda anonim dan tidak dapat dilacak.

Mitos Dark Web Yang Belum Banyak Diketahui

Banyak orang menerka bahwa “dark web” dan “deep web” yaitu hal yang sama. Namun nyatanya, ada beberapa poin yang mampu membedakannya. Perlu Anda pahami bahwa “dark web” lebih dalam dari pada “deep web”. Dark web terletak di sebagian situs deep web, lazimnya terkait dengan aktivitas kriminal serta pasar ilegal.

Namun, ada banyak rumor tidak benar yang beredar tentang bagian Internet ini. Jadi apa yang terjadi disana? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Yang memakai dark web bukan hanya orang jahat

Orang-orang tidak hanya menggunakan dark web untuk mendapatkan konten yang jelek dan mengusik. Penjahat ada dimana-mana, tapi ada juga orang dari pemerintah, jurnalis, pengacara hingga karyawan perusahaan internet mirip Facebook, DuckDuckGo dan ProPublica.

Namun, perlu dimengerti bahwa dark web sering disalahgunakan. Penelitian sudah memberikan bahwa 80% penggunaannya terkait dengan pedofilia. Beberapa orang menggunakannya untuk menjual barang ilegal, konten pembunuhan, dll.

2. Tak semua cyber crime terjadi dari dark web

Faktanya, nyaris semua kejahatan dunia maya terjadi di web yang umum kita pakai atau clearnet yang biasa kita gunakan. Faktanya, penjahat dunia maya menggunakan dark web secara ekstensif untuk menghimpun dan bertukar info. Karena ada lembaga hacker underground, pasar ilegal dan layanan lainnya. Tetapi ini tak memiliki arti bahwa semua kejahatan dunia maya terjadi di dark web.

Baca Juga:   Denda Telat Bayar Shopee Paylater 2 Hari, Ini Besarannya

3. Siapa saja mampu mengakses dark web

Banyak orang mengira bahwa dark web itu tersembunyi, diam-diam, dan jauh dari kerumunan Internet. Namun nyatanya, siapa saja mampu menggunakan browser Tor gratis untuk mampu mengakses dark web. Firefox sudah memodifikasi browser untuk mendapatkan ekstensi privasi dan keamanan.

4. Mengakses dark web tak senantiasa ilegal

Web gelap itu sendiri tidak ilegal. Tetapi mereka memakai enkripsi (kata sandi) yang besar lengan berkuasa untuk memastikan keamanan situs, layanan, dan pengguna mereka. Di beberapa negara, enkripsi yang besar lengan berkuasa tidak boleh. China ialah contohnya. Mereka melarang penggunaan browser Tor dan VPN.

Di Amerika Serikat, kanal ke darknet sama legal dengan terusan ke clearnet. Namun, yang dilakukan didalamnya mungkin ilegal. Misalnya membeli narkoba.

Baca juga : Fakta Penting IMEI di HP yang Perlu Kamu Pahami

 


Bagikan:
close