counter create hit

Mudahnya Membuat Surat Keterangan Domisili di Kelurahan

Bagikan:

Kali ini admin akan bercerita wacana pengalaman gampangnya menciptakan surat informasi domisili daerah tingal yang biasanya diharapkan untuk mengorganisir banyak sekali keperluan resmi mirip membuat rekening bank, daftar sekolah anak saat alamat rumah dengan ktp tidak sama.

Untuk masalah admin, surat domisili ini dibuat selaku salah satu syarat untuk pendaftaran siswa gres Sekolah Dasar tahun 2017 alasannya alamat pada ktp berlainan dengan kawasan tinggal saat ini meskipun masih dalam satu kecamatan yang sama tetapi sebab beda kelurahan alhasil diminta surat keterangan ini.

Singkat dongeng karenanya admin coba cari berita bagaimana cara membuat surat domisili yakni dengan datang langsung ke rumah RT setempat dan ternyata syaratnya sungguh mudah adalah hanya foto copy e-ktp atau surat informasi pengganti ktp-el, foto copy kartu keluarga, pas foto ukuran 3×4 dua buah serta pengantar dari rt/rw.

Cara Membuat Surat Keterangan Domisili di Kelurahan

surat keterangan domisili - Mudahnya Membuat Surat Keterangan Domisili di Kelurahan

Berdasarkan pengalaman eksklusif ketika mengorganisir surat informasi domisili tempat tinggal langkah-langkahnya adalah selaku berikut:

  1. Datang ke tempat tinggal RT untuk meminta surat pengirim kemudian ke RW untuk minta tanda tangan. Penting : bila yang ingin menciptakan domisili lebih dari 1 maka anda mesti minta pengantar untuk masing-masing orang sebab walaupun masih dalam satu KK. Jadi 1 surat pengantar cuma berlaku untuk 1 orang.
  2. Datang ke kantor kelurahan setempat dengan membawa surat pengirim rt/rw, fc kartu keluarga, fc e-ktp, foto berwarna 3×4 2 buah yang satu untuk arsip kelurahan yang satu lagi akan ditempel pada surat informasi tersebut.
  3. Setelah hingga dikelurahan beritahu kita ingin buat domisili dan umumnya petugas akan menganalisa kelengkapan berkas dan kalau lengkap maka akan lagsung diproses.
  4. Setelah surat keterangan domisili akhir dan ditanda tangan lurah lalu diminta untuk foto copy kemudian kembali ke kelurahan untuk diberi stempel, yang foto copy akan dipegang pihak kelurahan sedangkan yang orisinil akan diberikan.

Akhirnya sesudah menunggu nyaris 2 jam, surat domisili pun tamat dibuat dan difoto copy dan mirip tampakpada penjelasan diatas prosesnya tidak rumit tetapi setahu aku memang tidak mampu diwakili oleh orang lain kecuali nama yang mewakili masih ada dalam satu kartu keluarga tampaknya bisa.

Baca Juga:   Cara Meniadakan Riwayat Youtube Di Hp (Mudah Banget)

Update Agustus 2017

Karena banyak yang tanya membuat domisili untuk DKI sedangkan yang aku bahas yakni Kabupaten Bogor maka seharusnya baca artikel berikut untuk berita lebih jelas.

  1. Prosedur Pembuatan Surat Domisili DKILapor.go.id

Penting : aku cuma menulis pengalaman bukan petugas dukcapil, atau instansi pemerintah yang lain jadi jika ada pertanyaan yang terlalu bersifat teknis apalagi kalau yang ditanyakan bukan kawasan kabupaten Bogor maka kemungkinan besar saya tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Itulah sedikit pengalaman sederhana mengurus pembuatan surat domisili di kelurahan untuk kebutuhan daftar anak masuk sd, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca juga : mengelola akta kelahiran final 1 hari.


Bagikan:
close