counter create hit

Penyebab Hp Cepat Panas Dan Boros Baterai Serta Cara Mengatasinya

Bagikan:

Cara mengatasi smartphone cepat panas dan boros baterai – Para pengguna HP Android lazimnya memakai untuk memutar video, berinteraksi di media sosial, mencari rute ke suatu tempat, hingga bekerja selagi dalam perjalanan. Hal ini menjadi salah satu penyebab Hp panas dan boros baterai. Perangkat yang low batt dan mati di saat kritis sudah menjadi hal lazimyang di alami oleh para penggunanya.

Tapi tak semua perangkat Android boros baterai semenjak dari pabrik. Ada penyebab-penyebab tertentu yang mampu berkontribusi pada borosnya pemakaian baterai pada Handphone. Untuk lebih detailnya simaklah berita perihal penyebab HP panas dan boros baterai untuk membantu mengatasi problem tersebut.

Penyebab HP Panas dan Boros Baterai

Jika ponsel pintar Anda terasa panas ketika sedang digunakan ataupun penggunaan baterai selalu boros, maka silahkan perhatikan beberapa penyebabnya berikut ini, serta cara mengatasinya.

Aplikasi Boros Daya

Pada Hp Android lazimnya terdapat aplikasi yang terus aktif di background, misalnya untuk memeriksa update atau notifikasi dari server dalam interval waktu tertentu. Contoh aplikasi yang mencampakkan baterai mirip ini yaitu Facebook.

Bagaimana cara mengetahui aplikasi yang menghamburkan baterai? Buka saja “baterai” di sajian “setting” Android, lalu lihat “Battery Usage“. Didalamnya adalah grafik yang berisi sejarah penggunaan baterai semenjak terakhir kali di-charge. Nah, di bawah itu ada daftar aplikasi yang menyedot daya paling banyak.

Perhatikan bahwa aplikasi yang sering digunakan (mirip media sosial) akan berada di urutan teratas. Pengguna mampu mengakal semoga tidak terlampau boros dengan mengendalikan waktu penyegaran yang lebih usang (misalnya di Twitter).

Aplikasi yang menggunakan GPS untuk memetakan lokasi juga mengakibatkan boros baterai. Agar tidak boros, setting lokasi mampu diubah menjadi “Wi-Fi and Mobile Networks Only“, kemudian diubah ulang menjadi GPS ketika menggunakan layanan navigasi mirip Google Maps.

Baca Juga:   Cara Ganti Dns Android Dan Ios

Baca juga: Cara Ampuh Memperbaiki Baterai HP tidak Bisa Dicharge

Terlalu banyak widget

Widget yang diletakkan di homescreen ini memiliki kegunaan sebagai jalan pintas untuk memperlihatkan aneka macam hal, tetapi jikalau terlampau banyak juga memiliki potensi memenuhi layar dan memboroskan baterai.

Periksa widget yang tidak terlampau diperlukan, kemudian nonaktifkan. Langkah ini mesti sedikit membantu meminimalisir pemakaian baterai.

Mode irit daya tidak dinyalakan

Aktifkan mode power saving pada Hp Android untuk meminimalkan daya ketika baterai rendah. Sejak OS versi 5.0 (Lollipop), sistem operasi Android sudah tergolong fitur penghemat baterai “power saving” yang mau diaktifkan saat kapasitas baterai meraih 15 persen.

Mode khusus ini meminimalisir daya dengan mematikan animasi, melakukan sinkronisasi di latar belakang, dan meminimalisir kecerahan layar. Meski seharusnya telah diaktifkan secara default, ada baiknya untuk memutuskan bahwa opsi untuk mengaktifkan penghematan daya otomatis telah diseleksi.

Beberapa produsen mirip Samsung dan Huawei menyediakan mode ekonomis data aksesori yang bisa meminimalkan daya tahan baterai lebih jauh dengan mematikan hampir semua fungsi perangkat kecuali yang paling dasar, yaitu telepon dan pesan singkat pengantaran (SMS).

Kecerahan tampilan terlalu tinggi

Mengurangi kecerahan layar mampu membantu meminimalkan kurun pakai baterai . Komponen Hp yang paling banyak memakan daya yaitu layarnya, terutama saat kecerahan (brightness) disetel terlalu tinggi.

Semua smartphone memiliki fitur kontrol kecerahan layar secara otomatis, tetapi pengaturannya tidak senantiasa benar. Pengguna mampu mengatur tingkat kecerahannya sendiri dengan mematikan pilihan “auto” yang lazimnya tersedia di samping slider brightness layar.Untuk menghemat daya tahan baterai, Anda harus menertibkan tingkat kecerahan ke tingkat rendah tetapi tetap tenteram di mata.

Pilihan  screen timeout yang mengendalikan saat telepon mati layar saat tidak dipakai juga bisa dipersingkat (misalnya menjadi 5 atau 10 detik) sehingga layar tidak diperbolehkan terlalu lama untuk menyala percuma.

Simak juga: 7 Kebiasaan Kecil yang Merusak Smartphone

Baterai sering panas

Performa baterai menyusut lebih singkat kalau terkena suhu tinggi, entah perangkat sedang dipakai atau tidak. Karena itu, hindari menempatkan ponsel Anda di kawasan yang berpeluang panas mirip laci dashboard mobil di siang hari.

Baca Juga:   Cara Mengunci Aplikasi, Gallery Foto, Sms Dan Medsos Di Android

Saat telepon memanas saat dipakai seperti dikala bermain game, ada baiknya istirahatkan sebentar untuk menurunkan suhu.Beberapa observasi menyebutkan bahwa umur baterai ponsel terbaru mampu dimaksimalkan jika kapasitasnya cuma terisi 80-90 persen saat charging. Kapasitas baterai juga mesti dijaga supaya tidak turun di bawah 10 persen.

Jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas, untuk menyingkir dari penyebab Hp panas dan boros baterai. Sebaiknya  sesekali harus mengisi baterai sampai 100 persen untuk “menyegarkan” baterai supaya tetap mampu mengisi kapasitas optimal.


Bagikan:
close