counter create hit

Rencanakan Masa Tua Dengan Berinvestasi Reksadana Agar Tidak Babak Belur

Bagikan:

KichanHelp.com – Semua orang tentu mendambakan rasa aman dari sisi keuangan di masa depan. Namun pada dasarnya, tidak ada seorangpun tahu tentang apa yang akan terjadi di masa depan. Sehingga kita perlu menyiapkan keuangan kita di masa pensiun nanti.

Selain menabung, kita bisa berinvestasi untuk menyiapkan dana pensiun. Meskipun pendapatan belum seberapa, namun tak ada salahnya kita belajar menjamin masa depan sejak dini.

Salah satu instrumen investasi yang bisa dicoba adalah reksadana. Dengan investasi di reksadana, bisa mengajarkan kita untuk menjamin masa depan sejak dini. Konsepnya mirip menabung, akan tetapi ada beberapa aspek yang membuat investasi di reksadana lebih baik.

Pertama, jika kita berinvestasi reksadana, maka uang yang kita hasilkan akan bertambah nilainya. Karena memang prinsip reksadana adalah pihak manajer investasi akan menginvestasikan uang kita ke beberapa instrumen yang bisa menghasilkan keuntungan seperti saham, obligasi atau deposito. Makanya,sangat mungkin untuk meraup untung dari berinvestasi reksadana.

Kedua, investasi reksadana secara tidak langsung akan memaksa kita untuk bersabar. Karena, rata-rata produk reksadana memang baru terasa pertambahan nilai yang signifikan jika kita menunggu setidaknya setahun.

Potensi nilai reksadana berpotensi akan bertambah lebih besar lagi jika kita mau bersabar untuk jangka waktu yang panjang.

Ketiga, kita bisa memilih jenis reksadana berdasarkan profil risiko. Artinya reksadana bisa menyesuaikan apakah kita seorang high-risk taker, medium-risk taker atau low-risk taker.

Sementara jika kita kurang berani untuk mengambil risiko rugi, kita bisa memilih reksadana pasar uang. Jika cukup berani tapi masih jaga-jaga untuk tidak terlalu rugi, bisa coba fixed income (reksadana pendapatan tetap) atau balanced (reksadana campuran).

Terakhir, jika kita cukup berani mengambil risiko, kita bisa investasi di reksadana saham (equity). Semua pilihan ada pada kita sendiri.

Perlu diketahui, reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Baca Juga:   Hak Investor Dalam Berinvestasi Reksadana Yang Wajib Diketahui

Selain itu, reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.


Bagikan:
close