counter create hit

Review Amartha: Kelebihan Dan Kekurangan (2022)

Bagikan:

KichanHelp.com – Salah satu pionir P2P lending untuk perjuangan mikro di Indonesia yaitu Amartha. Amartha bukan penipu alasannya adalah sudah terdaftar di OJK sebagai perusahaan resmi yang mengadakan usaha layanan pendanaan dan tercatat sebagai anggota AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia).

Sebagai platform pinjam meminjam duit secara online, Amartha bukan cuma memperlihatkan peluang keuntungan berupa dukungan modal usaha bagi pengusaha, melainkan juga keuntungan bagi para pemodal yang ingin berinvestasi dan mendapatkan imbalan bagi hasil flat hingga 15% per tahun. Bahkan bagi yang kepincutmenjadi investor, Anda mampu mulai investasi hanya dengan modal Rp 100 ribuan saja.

Berikut review Amartha mengenai kelebihan dan kekurangannya berdasarkan pengalaman pemakaian selama 2 tahun terakhir.

Apa itu Amartha?

Amartha ialah layanan P2P lending milik PT Amartha Mikro Fintek. Layanan Amartha berkonsentrasi pada pendanaan perjuangan mikro berbasis ekonomi inklusif.

Situs resminya mampu diakses di Amartha.com.

Selaku Komisaris Utama ialah Bapak Rusdiantara yang pernah menjabat selaku Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia 2014-2019. Sehingga banyak juga yang mengajukan pertanyaan, apakah Amartha tergolong salah satu BUMN Indonesia? Jawabannya bukan. Meski begitu Amartha adalah perusahaan asli Indonesia yang telah banyak menerima penghargaan dunia.

homepage amartha - Review Amartha: Kelebihan Dan Kekurangan (2022)
Homepage di web app Amartha

Tentang Layanan P2P dari Amartha

Amartha menyediakan kemudahan pendanaan yang transparan bagi pebisnis maupun pihak pemodal. Sudah bangun semenjak 2010 dan telah menyalurkan sekitar Rp 6.3 Triliun untuk para pelaku usaha di Indonesia.

Amartha punya keunikan tersendiri dalam layanannya yaitu, Amartha bisa meraih hingga pedesaan yang belum tersentuh layanan keuangan. Amartha merupakan P2P lending berjenis P2P kredit mikro yang memilih pengusaha UMKM perempuan dengan modal mulai dari Rp 1.5 jutaan.

detail mitra - Review Amartha: Kelebihan Dan Kekurangan (2022)
Contoh kawan yang bisa dibiayai

Sebelum penyaluran dana, setiap penerima sumbangan akan diputuskan skor kredit, yang dijumlah berdasarkan evaluasi perjuangan dan kepribadiannya dan ditampilkan dalam satuan Grade A hingga E.

Kaprikornus pihak pendana mampu dengan mudah mengenali tipe calon akseptor dukungan yang hendak disalurkan.

Kelebihan Amartha

Layanan sumbangan dari Amartha mampu Anda jadikan penyelesaian untuk diversifikasi investasi atau potensi permodalan. Pasalnya metode Amartha sungguh aman menurut penggunaan teknologi, jaminan pendanaan dengan asuransi dan integrasi di lapangan.

Baca Juga:   Cara Menjumlah Nilai Intrinsik Saham

Layanan ini juga memungkinkan Anda mendapat keuntungan bagi hasil hingga 15% per tahun. Anda juga mampu ambil pembayaran angsuran kapan saja, tanpa ada batas waktu. Kelebihan di atas mengakibatkan Amarta selaku salah satu P2P lending terbaik dikala ini.

Masih banyak keunggulan Amartha mirip berikut:

  • Investasi Praktis. Proses pengajuan dukungan dan pendanaan sungguh gampang, bisa dilakukan via online dengan performa aplikasi yang user friendly.
  • Berdampak Sosial. Platform ini bisa mempertemukan antara pemodal dan pemilik perjuangan, sehingga kian besar potensi ekonomi yang bisa dibangun.
  • Program Referral. Program ini memberikan keuntungan bagi Anda yang mengajak sobat untuk investasi lewat Amartha dan peluang bonusnya sampai jutaan rupiah.
  • Dana Aman. Dana yang Anda salurkan akan aman alasannya Amartha merupakan perusahaan resmi dan terdaftar OJK. Selain itu dana Anda juga sudah diasuransikan dan kawan juga mendapat asuransi jiwa.

Kekurangan Amartha

1. Tidak tersedia layanan investasi syariah

Pada permulaan-awal kehadiran Amartha, mereka pernah mengklaim menerapkan tata cara syariah. Namun semenjak tahun 2019 hingga sekarang, pengukuhan di atas dihilangkan dan tidak ada pergeseran dalam metode bisnis. Makara, bila Anda kesengsem untuk berinvestasi di P2P lending dengan tata cara syariah, Amartha tidak mampu menjadi pilihan.

2. Biaya layanan dan bunga mitra yang besar

Amartha memang menunjukkan imbal hasil besar bagi para lender, sampai meraih 15%. Di sisi lain, biaya layanan dan bunga yang dibebankan kepada mitra dianggap cukup besar ialah mencapai 30%. Bunga tersebut lebih besar 7 kali lipat dari bunga KUR (Kredit Usaha Rakyat) dari pemerintah.

3. Biaya asuransi

Amartha menunjukkan pertolongan dana bagi para investor dengan adanya asuransi. Sayangnya, jika mitra yang Anda danai mengalami gagal bayar. Untuk pencairan dana di Amartha, investor dikenakan biaya 1.5%. Biaya asuransi ini termasuk cukup besar dan artinya investor menanggung 2 kali risiko, gagal bayar dan mesti bayar biaya asuransi.

4. Imbal hasil tidak seimbang dan risiko tinggi

Imbal hasil investor memang terbilang tinggi, namun risiko investasi juga tinggi dikarenakan bunga untuk mitra juga besar, sehingga risiko gagal bayar cukup besar. Apalagi kawan Amartha dari kalangan perempuan yang belum mapan.

Hal ini berlawanan dibanding P2P lending lain mirip Akseleran dan Koinworks yang peminjamnya banyak dari kalangan korporat.

Banyak pengguna menyarankan untuk menurunkan bunga ke kawan, sehingga risiko gagal bayar mampu diperkecil. Apalagi jumlah bunga yang dibebankan sama, baik mitra grade A dan grade E.

Baca Juga:   √ 20 Cara Cek Limit Kartu Kredit BNI 24 Jam : SMS & Call Center [2022]

Layanan Pendanaan di Amartha

Tentang Pendanaan

Bagi Anda pemilik modal yang ingin menyalurkan pendanaan, tidak perlu cemas sebab Amartha telah mengasuransikan dana yang Anda berikan di Perusahaan Penjaminan Kredit Jamkrindo dan Asuransi Jiwa bagi mitra sehingga risiko pendanaan bisa dihemat.

Siapapun bisa menjadi pihak pendana di Amartha, Anda hanya perlu melaksanakan registrasi dan menunggu hingga pengajuan disetujui. Jika terjadi kegagalan pada proses verifikasi Anda bisa mengulangi tahap registrasi kembali dan pastikan foto identitas dilakukan langsung dari perangkat HP Anda, bukan hasil edit.

Bahkan bagi warga Indonesia yang tinggal di mancanegara, Anda mampu menikmati layanan pendanaan Amartha. Caranya bisa menghubungi tim support Amartha dan akan dibantu sampai proses pendanaan.

Cara Daftar di Amartha Sebagai Pendana

Langkah pendanaan di Amartha cukup gampang, apalagi dengan instal aplikasi Amartha di HP Anda, lalu Anda bisa ikuti panduan berikut:

  1. Pembuatan akun perdana, dengan melengkapi data langsung seperti identitas (KTP), rekening bank dan setelah proses verifikasi sukses, Anda bisa langsung mengawali pendanaan.
  2. Memilih mitra akseptor dukungan, mampu Anda lihat menurut lokasi, plafon, skor kredit dan jenis bisnisnya. Akan lebih gampang untuk menentukan mitra dengan jenis bidang usahanya, sesuai dengan perjuangan yang Anda minati.
  3. Anda mampu menerima pembayaran keuntungan, mulai dari masa waktu mingguan, sehingga cashflow Anda lebih tanpa hambatan dan resiko minim.

 

marketplace amartha - Review Amartha: Kelebihan Dan Kekurangan (2022)
Menu marketplace

Cara Memberikan Pinjaman di Amartha

Anda mampu memilih kawan secara langsung di marketplace Amartha. Caranya yaitu:

  1. Masuk ke marketplace
  2. Pilih mitra yang ingin didanai
  3. Masukkan jumlah pemodalan
  4. Pastikan jumlah saldo di atas jumlah pemodalan
  5. Klik tombol “Ayo Modalin”
  6. Ikuti prosedur konfirmasi

Bagaimana Jika Mitra Gagal Bayar?

Segala jenis investasi mengandung risiko, mirip dalam hal ini ialah gagal bayar di Amartha. Namun risiko ini mampu lebih dulu Anda identifikasi sebelum menentukan untuk menyalurkan dana. Amartha juga memiliki tingkat gagal bayar hampir mendekati 0%, sehingga sangat kecil kemungkinan kawan gagal bayar.

Amartha juga memiliki fitur mutakhir berupa estimasi tingkat risiko investasi pada masing-masing mitra atau layanan. Jadi Anda pastikan Anda telah mengetahui kelompok usaha berdasarkan penilaian atau portofolio yang tampil pada aplikasi.

Dikatakan mitra gagal bayar adalah dikala selama 12 ahad tidak memenuhi kewajiban pembayaran. Jika mitra mengalami gagal bayar di Amartha, meski telah melalui tenor, maka akan dilaksanakan write off.

Jadi Anda tetap mampu menerima sisa nilai pendanaan yang sudah diubahsuaikan oleh Amartha.

Mengenal Pendanaan Crowdfunding

Crowdfunding adalah tipe pendanaan secara berkelompok. Tipe ini cocok bagi pemula yang ingin investasi modal kecil dan risiko minim. Anda mampu mulai investasi dengan modal mulai dari Rp 100 ribu dan berlaku kelipatan sesuai dengan jumlah plafon masing-masing peminjam.

Baca Juga:   Cara Investasi Emas Di Shopee

Meski nilai modal kecil, namun Anda juga bisa berpotensi menerima keuntungan 15% per tahun.

Layanan Pinjaman di Amartha

Tentang Penerima Pinjaman

Melalui layanan tunjangan, Anda bisa menerima tunjangan dana untuk perjuangan mikro dengan plafon pendanaan mulai dari Rp 3 juta dengan tenor 3.6 – 12 bulan.

Layanan pertolongan modal ini bisa Anda peroleh, bagi pelaku usaha yang berada di kabupaten Provinsi Jawa Barat, Banten, DI Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Cara Mendapat Pinjaman Bagi Pelaku Usaha

Proses derma di Amartha mampu Anda peroleh sehabis memenuhi syarat dan ketentuan seperti pembentukan kelompok hingga pertemuan mingguan. Tim dari Amartha akan mendampingi setiap golongan perjuangan yang nantinya mendapat derma. Untuk angsuran pengembalian mampu dikerjakan dengan era waktu mingguan.

  1. Pembentukan kelompok perjuangan berisikan 15-20 orang yang tinggal di daerah yang berdekatan dan mengikuti pelatihan yang diadakan Amartha.
  2. Penerimaan dana akan didapat penanam modal, sehabis melalui proses pengajuan berdasarkan sistem skor kredit dan usaha Anda ditampilkan pada tata cara Amartha.
  3. Pertemuan mingguan berupa training kelola keuangan dan pengembangan usaha yang mesti diikuti oleh golongan usaha.

Keuntungan Bagi Penerima Pinjaman

Ada beberapa argumentasi mengapa 1 juta CEO usaha mikro memilih Amartha, di antaranya:

  1. Proses mudah alasannya tanpa jaminan dan pencairan dana cepat.
  2. Tersedia pilihan proses bagi hasil tetap atau flat tanpa ongkos manajemen.
  3. Tidak ada penalti jika peminjam melunasi derma lebih cepat.
  4. Waktu angsuran yang fleksibel, dengan plafon Rp 3 – Rp 10 juta dan tenor 3 – 12 bulan.
  5. Proses transparan sehingga setiap peserta santunan tercatat riwayat pembiayaannya dan kian baik kredit skornya maka mampu mendapat pembiayaan dengan nominal lebih besar.

FAQ


Bagikan:
close