fbpx

Review Asetku: Kelebihan Dan Kelemahan (2022)

Bagikan:

KichanHelp.com – Salah satu P2P lending yang paling banyak dipakai di Indonesia adalah Asetku. Kami telah memakai platform ini selama 2 bulan terakhir.

Artikel ini akan membicarakan review Asetku secara lengkap, mengulas kelebihan dan kelemahan yang dimilikinya.

Mengenal Asetku

Asetku yaitu platform P2P lending dari PT Pintar  Inovasi Digital. Asetku telah bangun sejak Oktober 2017.

Asetku bukan penipu alasannya termasuk perusahaan terpercaya dan sudah terdaftar di OJK serta ialah anggota AFPI. Jadi, platform ini terhitung aman dan tidak berbahaya untuk dipakai.

Selain itu, Asetku menjamin dari kedua pihak telah di-review berdasarkan profil usaha, risiko, skor kredit dan pertimbangan keselamatan lain. Jadi Anda akan mendapatkan pihak-pihak terpercaya yang benar melakukan usaha dengan baik. Sehingga kesempatan laba hingga 15-22% mirip yang dijanjikan, mampu terealisasi dengan baik.

Tertarik Menjadi Lender atau Borrower?

Lender

Jika Anda ingin menambah portofolio investasi, punya keunggulan modal dana, ingin bermanfaat bagi sesama, menjadi Lender adalah pilihan tepat. Dana yang Anda salurkan mampu memiliki efek aktual mirip untuk pelaku perjuangan.

portofolio asetku - Review Asetku: Kelebihan Dan Kelemahan (2022)
Anda mampu melihat hasil investasi di hidangan “Portofolio”

Meski bukan jadi syarat utama untuk menjalankan bisnis, namun uang bisa sungguh mempengaruhi pertumbuhan bisnis, misalnya untuk iklan dan penawaran spesial. Apalagi dengan hadirnya media umum dan teknologi dikala ini.

Untuk menjadi Lender cukup dengan punya kartu identitas KTP, NPWP, dan rekening bank. Keamanan dana terjamin alasannya platform ini telah melakukan verifikasi, cuma pihak borrower yang bermutu yang lolos untuk menerima dana.

menu profil - Review Asetku: Kelebihan Dan Kelemahan (2022)

 

Anda bebas memilih peminjam berdasarkan potensi keuntungan, jumlah dana sumbangan dan tenor waktu sesuai cita-cita dan juga bisa lebih dari satu peminjam.

Borrower

Cara untuk meminjam duit di Asetku yakni dengan menyediakan dokumen identitas diri mirip KTP dan bank milik sendiri dan mengirim pengajuan Anda. Pinjaman via aplikasi Asetku mampu sebesar nominal pemberian Rp 500ribu sampai Rp 600 ribu.

Kriteria yang dipilih ialah Anda memiliki nilai kredit yang baik, menurut riwayat nilai transaksi dan pembayaran yang telah Anda kerjakan.

Baca Juga:   7 Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris, Dijamin Mudah

Setelah permohonan disetujui, uang pertolongan mampu langsung ditarik lewat rekening bank yang Anda daftarkan di permulaan.

Meski proses mudah dan cepat, Anda hanya mampu melakukan pinjaman 1 kali, alias tidak bisa lebih dari 1 transaksi dalam sekali waktu. Anda mesti menuntaskan bantuan yang sedang berjalan, baru bisa mengajukan bantuan gres.

Kelebihan Asetku

Karena merupakan salah satu P2P lending top di Indonesia, Asetku tentunya memiliki berbagai kelebihan dibanding kompetitornya. Berikut beberapa di antaranya:

1. Diversifikasi investasi terbaik

Adanya pandemi memang membawa efek besar bagi seluruh masyarakat di Indonesia dan dunia. Di antaranya adalah bertambah banyak orang mengenal investasi. Bahkan tidak sedikit, pemula yang telah mengalihkan sebagian tabungannya di produk investasi mirip saham dan reksa dana.

Asetku menawarkan jenis investasi yang lain, berupa imbal hasil atas modal yang Anda sertakan. Sekilas seperti dengan deposito, tetapi platform ini memperlihatkan potensi keuntungan lebih besar, dengan perhitungan perkembangan dana di atas 20% dalam jangka waktu 1 tahun.

2. Dana pokok dijamin asuransi

Setiap investasi tentu menghadapi risiko, contohnya dalam hal sumbangan modal ini ialah berisiko gagal bayar di Asetku. Gagal bayar ialah kondisi dimana borrower, tidak mampu melunasi sesuai tenor dan komplemen waktu keringanan dari Asetku.

Namun jangan cemas, alasannya adalah modal yang sudah Anda setorkan tetap kondusif dan akan dikembalikan. Pasalnya Asetku telah bekerja sama dengan PT Asuransi Intra Jaya, untuk menjamin dana pokok yang Anda setorkan aman, serta pinjaman kompensasi yang tepat waktu.

Dalam hal ini, Asetku tidak kalah dengan Akseleran yang juga menawarkan asuransi jikalau peminjam mengalami gagal bayar.

3. Smart Money Manager

Platform ini membuat lebih mudah bagi pemula dan siapa pun yang ingin menerima keuntungan sekaligus memberikan pengaruh sosial. Pasalnya setiap bisnis yang menerima modal dari yang Anda salurkan, menciptakan bisnis tersebut berjalan dan mampu memperkerjakan banyak orang, sehingga meminimalkan pengangguran di Indonesia.

Didukung juga dengan syarat dan prosedur transaksi yang gampang, bebas pilih jenis pendanaan, risiko minim dan banyak keunggulan lainnya.

4. RM personal

RM atau relationship manager merupakan tim bab dari perusahaan Asetku yang mau mendampingi Anda untuk menunjukkan gosip, menolong mengatasi masalah dan menjalin kerja sama dalam transaksi di platform ini. Singkatnya RM bisa diandalkan untuk meminimalisir risiko peminjaman dan menjadi partner Anda untuk sama-sama menerima laba.

Baca Juga:   Unik, 10 Desain Tempat Gantungan Kunci yang Nempel di Dinding

Asetku menawarkan RM personal sehingga mampu lebih akrab dengan masing-masing klien. RM juga seringkali menunjukkan reward terhadap klien dikarenakan telah mempercayai mereka untuk membantu Anda dalam menyalurkan modal.

5. TKB 90 = 100%

Nilai TKB (Tingkat Keberhasilan) ialah teladan penting di mana pun forum atau platform pemberian. TKB sendiri merupakan tingkat keberhasilan pelunasan oleh pihak borrower dengan keringanan waktu selama 90 hari, yang sudah ditetapkan setelah tanggal jatuh tempo. Jadi, makin tinggi nilai TKB makin baik, karena peminjam mampu melunasi kewajibannya.

Dengan TKB 90 = 100%, artinya pihak Asetku menjadi platform terpercaya dan bisa mendampingi pihak borrower sehingga mampu melunasi kewajibannya atas pinjaman yang sudah mereka terima. Nilai TKB ini lebih tinggi dibandingkan platform Investree yang memiliki TKB di bawah 99%.

Kekurangan Asetku

1. Hanya tersedia via aplikasi mobile

Transaksi pinjam meminjam di platform Asetku dikala ini memang hanya tersedia di aplikasi smartphone saja. Aplikasi di hp memang lebih unggul dari segi efisien, namun beberapa pengguna lebih senang menyaksikan model desktop, sebab bisa gampang untuk melihat gosip secara utuh atau mencari berita pemanis lain.

beranda asetku - Review Asetku: Kelebihan Dan Kelemahan (2022)
Aplikasi mobile Asetku

2. Kuota terbatas

Seperti yang dibahas sebelumnya, platform ini telah dipakai sekitar 11 juta orang, namun tidak diikuti kemajuan kawan borrower yang signifikan pula. Akhirnya banyak pihak lender yang tidak bisa menyalurkan dana sebab kuota penuh.

3. Pinjaman konsumtif

Berbeda dengan platform lending lain yang menyalurkan permodalan untuk usaha kecil menengah, pihak borrower Asetku yakni individual dengan tujuan derma untuk keperluan langsung. Misalnya beli gadget, belanja online, barang glamor dan lain-lain.

Artinya modal yang Anda salurkan kurang berdampak sosial, tidak mirip jikalau disalurkan ke perusahaan dan bisnis.

4. Risiko tinggi

Semua jenis investasi pasti tidak lepas dari risiko, sama halnya di platform lending. Namun risiko pendanaan di Asetku sungguh tinggi (risiko yang dimaksud adalah gagal bayar), pasalnya pihak borrower ialah individual sehingga peluangkabur sungguh memungkinkan.

Apalagi proses seleksi hanya lewat online, tidak berjumpa dan cek secara eksklusif. Berbeda jika permodalan untuk perjuangan yang sebelumnya sudah mempunyai track record jelas, acara pembinaan dan informasi lokasi yang terperinci.

Proses Investasi di Asetku

Anda mampu melakukan investasi hanya dengan modal permulaan minimal Rp 1 juta, optimal Rp 50 juta. Setiap lender tidak dikenakan biaya perhiasan apa pun.

Baca Juga:   6 Limit Transfer BRImo Antar Bank : Classic, Gold & Platinum 2022

Cara Daftar Asetku

Anda bisa download aplikasinya terlebih dulu via Google Play atau App Store. Kemudian silakan melakukan verifikasi data, dengan melengkapi data diri mencakup nama, pendidikan, pekerjaan dan seterusnya.

Kenali Menu Aplikasi

Untuk mulai menyalurkan modal, Anda mampu susukan bebas via aplikasi. Daftar pendanaan, ringkasan modal dan transaksi Anda serta profil bisa Anda lihat dengan mudah.

  • Menu Beranda. Berisi daftar pendanaan yang bisa Anda danai. Masing-masing pendanaan tersedia informasi tenor, jumlah dana yang dibutuhkan dan kesempatan keuntungannya.
  • Menu Modal. Melalui menu modal Anda mampu lihat jumlah modal yang dimiliki dan riwayat pendanaan, baik yang sedang berlangsung maupun pendanaan yang gagal bayar.
  • Menu Akun Saya. Menu ini berisi isu akun Anda, mirip kontak, kupon, kartu bank dan pengaturan akun lainnya.

Cara Menjadi Lender dan Menyalurkan Dana

Untuk mengawali pendanaan, bisa dijalankan mulai pukul 10.00 WIB.  Atau jika Anda baru saja mendaftar, mohon tunggu beberapa dikala sampai akun Anda terverifikasi dan mampu melanjutkan pendanaan.

  1. Buka aplikasi Asetku
  2. Pilih pendanaan menurut standar yang dikehendaki
  3. Klik tombol Danai
  4. Pilih jenis bank untuk pembayaran/transfer dana
  5. Konfirmasi jumlah pembayaran dan masukan pin saat pertama kali daftar aplikasi
  6. Setelah berhasil transfer, tunggu beberapa saat > hingga muncul notifikasi bahwa Anda sudah berhasil mendanai
  7. Anda juga bisa cek via aplikasi, untuk menyaksikan waktu jatuh tempo pelunasan oleh borrower.
  8. Selesai

Tahap Pencairan Setelah Tenor Selesai

Tahap pencairan bisa dikerjakan sehabis borrower melunasi kewajibannya sesuai dengan tenor dan jumlah sumbangan yang diterima. Setelah kampanye Anda selsai, secara otomatis akan menerima notifikasi dari aplikasi beserta detail keuntungan yang didapat.

Misalnya Anda menunjukkan dana sebesar Rp 1 juta, dengan kesempatanimbal hasil 18%. Anda mungkin akan menerima pengembalian dana pokok ditambah laba sebesar Rp 1.008.650.

Mungkin Anda mengajukan pertanyaan, mengapa bukan Rp 1.180.000? hal ini dikarenakan imbal hasil 18% merupakan estimasi laba selama 1 tahun. Artinya, kalau Anda konsisten menyalurkan modal di Asetku, Anda mampu berpeluang menerima peningkatan laba sebesar 15 – 22% sesuai yang dijanjikan.

Anda mampu langsung mencairkan dana tersebut dalam waktu 1-2 hari kerja setelah proses undangan penarikan dana. Berbeda dengan platform dan produk investasi lain yang perlu waktu pencairan lebih lama.


Bagikan: