May 17, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Bank

Review Digibank By Dbs: Keunggulan Dan Kekurangan (2022)

beranda aplikasi digibank - Review Digibank By Dbs: Keunggulan Dan Kekurangan (2022)

Dari banyaknya bank digital yang menyediakan jasanya di Indonesia, Digibank merupakan layanan yang mempunyai reputasi paling baik. Meskipun tidak mempunyai fitur terlengkap, tetapi ada beberapa hal yang membedakan bank online besutan DBS ini dibanding pesaing-pesaingnya.

Simak review Digibank berdasarkan pengalaman pemakaian selama setahun.

Tentang Digibank by DBS

Digibank yakni produk rekening digital dari Bank DBS Indonesia. Bank DBS ialah anak dari perusahaan perbankan The Development Bank of Singapore Limited (DBS Group) yang bermarkas di Singapura.

Sebagai salah satu bank terbesar di Asia Tenggara, DBS sudah mengantongi banyak penghargaan, di antaranya Euromoney Awards for Excellence 2021, Best Digital Bank in Asia, Best Bank in Singapura, dan Best Bank in Asia selama tiga tahun: 2016, 2019, dan 2021. Selain terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Digibank by DBS juga terdaftar di Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Meskipun bukan merupakan pionir di bidangnya, Digibank telah menegakkan statusnya sebagai salah satu bank berbasis digital terbaik di Indonesia.

beranda aplikasi digibank - Review Digibank By Dbs: Keunggulan Dan Kekurangan (2022)
Tampilan beranda aplikasi digibank by DBS.

Cara Daftar di Digibank by DBS

Digibank menerapkan beberapa syarat berikut selaku standar kandidat nasabahnya:

  • Berusia di atas 17 tahun, dibuktikan dengan kepemilikan KTP.
  • Memiliki pekerjaan tetap baik sebagai abdi negara, profesional, maupun wirausaha. Sehingga pelajar atau mahasiswa belum bisa mendaftar ke bank digital yang satu ini.
  • Punya nomor HP yang aktif untuk kepentingan verifikasi data.
  • Memiliki waktu untuk verifikasi registrasi ke biro bank DBS atau booth DBS, yang sayangnya baru terdapat di kota-kota besar mirip Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, dan Medan.

Jika Anda telah menyanggupi syarat-syarat di atas, mempunyai arti Anda dapat bergabung menjadi nasabah di Digibank.

Berikut cara daftar Digibank:

  1. Unduh dan pasang aplikasi Digibank Indonesia di smartphone Anda.
  2. Aplikasi Digibank akan meminta Anda membolehkan saluran mengurus dan melaksanakan panggilan telepon, serta kesepakatan Anda untuk mengakses ponsel, lokasi, SMS, dan kamera dari smartphone Anda. Jika Anda tidak keberatan dengan ini semua, silakan klik “OK, SAYA SETUJU!”.
  3. Anda akan dibawa ke laman registrasi akun baru. Ada pertanyaan apakah Anda sudah punya produk Digibank atau DBS. Karena statusnya Anda baru mendaftar, klik “BELUM. YUK, MULAI!”.
  4. Pilih produk Digibank yang hendak Anda buka: Tabungan Digibank (untuk menabung, investasi, dan transaksi) atau KTA (Kredit Tanpa Agunan, pengajuan pertolongan). Karena tujuan Anda untuk membuka rekening, klik opsi pertama.
  5. Isi informasi dasar perihal Anda dan kontak Anda.
  6. Anda akan dikirimi 6 digit One Time Password (OTP) lewat SMS ke nomor HP yang Anda masukkan. Input kode OTP ini di aplikasi.
  7. Buat username dan password untuk akun Anda di Digibank.
  8. Setelah username dan password final dibentuk, berarti Anda telah memiliki akun di aplikasi Digibank. Anda mampu pribadi mengajukan registrasi rekening atau menunggu lain waktu. Jika akan mendaftar sekarang, klik Lanjut.
  9. Isi rincian pekerjaan, sumber dana, pemasukan bulanan, jumlah transaksi bulanan, tujuan membuka rekening di Digibank by DBS, dan info daerah kerja. Klik Lanjut tiap selesai mengisi masing-masing bagian.
  10. Akan muncul deklarasi wajib pajak serta syarat dan ketentuan di Digibank. Jika Anda oke, klik Setuju.
  11. Terakhir, Anda akan diminta melakukan verifikasi pendaftaran. Ada dua pilihan, yaitu bertemu distributor Bank DBS atau mengunjungi booth DBS yang tersebar di beberapa kota. Anda dapat menertibkan akad dengan agen DBS bila menentukan pilihan pertama, sedangkan untuk pilihan kedua, Anda dapat melihat daftar alamat booth DBS dari situs web resmi bank ini.
Baca Juga:   Jenis-Jenis Pembiayaan Bank Syariah Di Indonesia

Dari pengalaman kami mendaftar Digibank, pegawai yang mensurvey melayani dengan ramah dan menyelesaikan semua kriteria dengan baik. Semua prosesnya akhir dalam waktu kurang dari 15 menit saja, mulai dari verifikasi identitas hingga pengambilan sidik jari.

Fitur dan Layanan Digibank

Digibank menyediakan fitur-fitur yang sungguh mempesona dibanding rekening bank konvensional pada umumnya.

Beberapa fitur andalan Digibank antara lain:

Pembelian produk investasi

Anda dapat melakukan pembelian berbagai produk investasi pribadi melalui aplikasi, yakni deposito, obligasi, dan reksa dana. Deposito bisa dibuka dalam 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Deposito dibuka di dua sektor adalah obligasi pasar perdana dan pasar sekunder, mulai dari Rp 1 juta dan tenor mulai 1 bulan.

deposito digibank - Review Digibank By Dbs: Keunggulan Dan Kekurangan (2022)
Terdapat hidangan pembelian deposito

Sedangkan produk reksa dana Digibank cukup lengkap mulai dari reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana gabungan, dan reksa dana saham.

reksa dana dbs - Review Digibank By Dbs: Keunggulan Dan Kekurangan (2022)
Berbagai pilihan reksa dana yang mampu dibeli nasabah

Atur kartu kredit

Melalui aplikasi Digibank, nasabah mampu melakukan aktivasi kartu kredit utama dan tambahan, cek transaksi dan info kartu kredit, ubah tagihan dan transaksi menjadi cicilan (sampai 60 bulan), dan penukaran poin reward dengan gampang.

Gratis transfer ke dalam dan luar negeri

Di Digibank, transfer ke segala macam bank bisa dikerjakan secara gratis, baik ke bank di dalam maupun mancanegara. Untuk menikmati kemudahan ini, pastikan saldo Anda di atas Rp 1 juta. Sementara kalau saldo Anda di bawah Rp 1 juta, ongkos sebesar Rp 5.000 akan dikenakan untuk transfer antar bank.

Sementara bank konvensional seperti BRI, BCA, dan Mandiri menerapkan biaya admin untuk transfer ke rekening lain selain dari bank yang bersangkutan. Biayanya lazimnya sebesar Rp 6.500.

Gratis biaya admin

Tidak cuma gratis transfer, Digibank menggratiskan biaya admin bulanan untuk saldo di atas Rp 5 juta. Selain itu, Anda juga dibebaskan dari biaya-ongkos perhiasan seperti ongkos saldo minimum, pelunasan dipercepat, penutupan rekening, penarikan sebelum jatuh tempo, dan lain-lain.

Jika saldo Anda kurang dari Rp 5 juta, maka akan dikenai ongkos admin Rp 10.000 per bulannya. Jumlahnya sama dengan Bank Jenius yang juga membebankan ongkos admin sebesar Rp 10.000.

Baca Juga:   Cara Daftar Btn Debit Online Di Atm Untuk Belanja Online

Gratis tarik tunai di ATM mana saja

Fasilitas cek saldo dan tarik tunai gratis dapat Anda nikmati tanpa batas alias selamanya di ATM DBS. Untuk ATM yang berada di bawah jaringan ALTO/ATM Bersama/PRIMA, Anda juga mampu melaksanakan tarik tunai gratis dengan saldo minimal Rp 1 juta.

Bagaimana dengan ATM bank-bank lain? Tenang, Anda masih mampu memakai fitur tarik tunai gratis ini sampai 5x dalam sebulan. Untuk penarikan keenam dan seterusnya, akan dikenakan ongkos Rp 7.500. Sementara untuk mengecek saldo akan dikenakan ongkos Rp 4.500 kalau saldo Anda di bawah Rp 1 juta.

Kami telah mencoba mempesona uang menggunakan ATM Digibank di ATM bank lain seperti BNI dan Mandiri. Tidak ada error yang kami temukan, serta jatah gratis tarik tunai terbukti benar adanya.

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Anda mampu mengajukan KTA dengan mudah dan cepat di aplikasi. Plafon perlindungan sangat fleksibel mulai dari Rp 5 juta sampai Rp 300 juta, dengan bunga flat per bulan 0,95%-3,29%. Jika tenor santunan lebih dari 12 bulan, maka tahun pertama akan dikenai bunga 1,75% dari total pertolongan, sedangkan tahun kedua dan seterusnya dibebankan biaya Rp 65.000.

digibank KTA - Review Digibank By Dbs: Keunggulan Dan Kekurangan (2022)

Digibank menjamin kesepakatan pengajuan KTA Anda akan diproses dalam satu menit, jikalau keseluruhan syarat dan ketentuan sudah terpenuhi. Syarat utama pengajuan KTA yaitu berusia 21-55 tahun dengan pendapat kotor sekurang-kurangnya Rp 10 juta tiap bulan. Untuk pertolongan berplafon besar, ada syarat embel-embel yaitu pemegang kartu kredit dengan limit minimal Rp 15 juta.

Rekening valas

Digibank menawarkan akomodasi rekening valuta ajaib (valas) bagi Anda yang ingin menabung dengan mata duit selain Rupiah. Anda bisa menabung hingga 10 jenis mata uang berlainan dalam satu rekening valas. Untuk transfer valas pun mampu dikirim dan diterima pada hari yang sama dengan kurs kompetitif.

rek valas - Review Digibank By Dbs: Keunggulan Dan Kekurangan (2022)
Untuk mampu bertransaksi, rekening valas mesti diaktifkan apalagi dulu

Pembayaran dan pembelian

Tidak lengkap rasanya fitur perbankan modern tanpa pinjaman ke produk-produk keuangan lainnya. Anda bisa melaksanakan top-up ke aneka macam e-wallet, melakukan pembayaran ke nyaris segala macam tagihan, dan pembelian e-voucher lewat aplikasi Digibank.

tab bayar beli - Review Digibank By Dbs: Keunggulan Dan Kekurangan (2022)
Kategori Bayar & Beli, serta histori transaksi.

Pencairan cashline

Pencairan cashline melalui Digibank dapat dilakukan ke rekening Bank DBS atau bank lain dengan nama Anda sendiri. Minimun jumlah pencairan dana adalah Rp 1 juta, dan tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.

cashline menu - Review Digibank By Dbs: Keunggulan Dan Kekurangan (2022)

Spending tracker

Ingin mengawasi pengeluaran dan menertibkan keuangan? Digibank punya fitur Spending Tracker yang mampu Anda manfaatkan untuk mengatur neraca keuangan Anda tiap bulannya. Fitur ini merekap transaksi keuangan dalam beberapa kategori, sehingga Anda dapat menertibkan anggaran dengan lebih efisien.

Virtual assistant

Jika Anda mendapatkan hambatan dalam memakai Digibank, Anda mampu langsung menghubungi Virtual Assistant yang tersedia sepanjang waktu. Virtual Assistant ini berbentuk chatbot. Jika Anda ingin dihubungkan pribadi dengan distributor, tersedia fitur Chat dengan Live Agent yang juga mampu diakses 24 jam sehari.

Kelebihan Digibank

Ini ialah kelebihan Digibank yang hendak Anda dapatkan kalau menjadi nasabah:

1. Aplikasi mudah digunakan

Aplikasi Digibank sungguh user friendly bahkan untuk nasabah awam sekalipun. User interface-nya telah menggunakan gambaran simpel dengan font sans-seriff, sehingga menawarkan kesan dinamis dan fresh.

Baca Juga:   Tarik Tunai Bca Tanpa Kartu, Penyelesaian Saat Kartu Atm Rusak

Memang aplikasi Digibank tidak secantik blu by BCA maupun Bank Jago, tetapi menurut saya aplikasinya lebih responsif dibandingkan Jenius. Pengaturan menu-nya juga tertata dengan rapi dan membuat lebih mudah pengguna pemula.

2. Sistem keselamatan berlapis

Selain password, Anda mampu mengamankan akun dengan menambahkan opsi login menggunakan sidik jari (fingerprint) atau pengenalan tampang (face ID). Digibank juga menerapkan keamanan ganda dengan meminta Anda memasukkan password sebelum melaksanakan hukuman transaksi.

otentikasi - Review Digibank By Dbs: Keunggulan Dan Kekurangan (2022)
Otentikasi ketika membuka aplikasi

3. Mudah top up e-wallet dan e-money

Pilihan e-wallet dan e-money yang disediakan sangat banyak, Anda mampu menambah saldo e-wallet tanpa ribet dengan aplikasi Digibank.

4. Fitur-fitur investasi yang menyatu dengan aplikasi

Salah satu keunggulan Digibank yakni opsi untuk melakukan pembelian berbagai produk investasi dalam satu aplikasi. Sistem terintegrasi seperti ini sangat memudahkan nasabah di era terbaru yang ingin semuanya mampu dilakukan dalam satu genggaman: menabung, investasi, transaksi, hingga tagihan.

Kekurangan Digibank

Beberapa kelemahan Digibank yang pantas Anda perhitungkan sebelum bergabung dengan bank digital DBS ini, antara lain:

1. Sulitnya verifikasi

Sistem verifikasi tamat yang diputuskan Digibank, yang mewajibkan kandidat nasabah bertemu distributor atau mengunjungi booth DBS, cukup menyulitkan khususnya bagi pendaftar yang kota tinggalnya tidak mempunyai perwakilan DBS.

Dibandingkan dengan Bank Jago yang hanya memerlukan verifikasi melalui mengunggah swafoto, Digibank mewajibkan verifikasi langsung untuk alasan keselamatan. Hal ini bisa menjadi hal konkret maupun negatif.

2. Tidak gratis ongkos admin tanpa minimal saldo

Digibank memang memberikan gratis ongkos admin jikalau saldo di atas Rp 5 juta, tetapi jika dibandingkan bank digital lain mirip Bank Jago dan Blu by BCA, akomodasi ini masih terasa kurang sebab bank lain bisa memberi Rp 0 biaya admin untuk saldo berapa saja.

3. Tidak ada fitur kantong/pocket

Digibank belum memiliki pocket savings atau kantong nabung, yaitu sub-rekening yang mampu dipakai untuk menabung, tidak seperti beberapa bank digital lain. Dalam hal ini, Digibank masih kalah dengan Jenius, Bank Jago, dan blu by BCA yang mempunyai fitur kantong.

4. Bunga deposito bukan yang terbesar

Bunga deposito yang diberikan Digibank adalah 3,5% untuk 12 bulan, sayangnya jumlah ini bukan yang paling besar dibanding bank-bank digital lain. Dibandingkan dengan Bank Jago yang memberikan bunga 3,5% pada tabungan non-deposito, Digibank belum memberikan penawaran yang menawan dalam hal ini.

5. ATM Digibank terhitung langka

ATM DBS rata-rata cuma dijumpai di kota-kota besar. Untuk nasabah dari kota-kota kecil, harus mengandalkan fitur transaksi gratis yang terbatas dari Digibank pada bank-bank lain. Dalam hal ini, Digibank masih kalah dengan blu by BCA yang menumpang akomodasi ATM dari BCA yang jaringannya telah sungguh luas di Indonesia.

Apakah Kami Merekomendasikan Digibank?

Ya! Menurut kami, Digibank menunjukkan sesuatu yang berlawanan dibandingkan pesaingnya mirip Jenius, Bank Jago, dan blu by BCA. Jika Anda mencari bank online yang sangat mementingkan keselamatan, maka Digibank layak menjadi pilihan Anda.

Meskipun fiturnya bukan yang terlengkap, tetapi berdasarkan kami merupakan layanan bank online terbaik untuk profesional dan pemilik bisnis.