fbpx

Review Flexi Cash Jenius, Limit Sampai Rp 200 Juta (2022)

Bagikan:

KichanHelp.com – Selain produk menabung dan investasi, terdapat juga Flexi Cash Jenius yang memungkinkan pengguna Jenius BTPN untuk menerima bantuan dana segar langsung melalui aplikasi.

Berikut review Flexi Cash dari Jenius berdasarkan pengalaman pemakaian.

Mengenal Flexi Cash Jenius

Flexi Cash ialah layanan sumbangan duit yang dimiliki oleh Jenius BTPN. Nasabah bisa memakai Flexi Cash untuk menyanggupi kebutuhan sehari-hari, selaku dana darurat, sampai modal usaha.

Banyak bank konvensional dan forum keuangan lain yang menawarkan pinjaman cepat cair dan bunga rendah via online. Di Flexi Cash Jenius, Anda mampu mendapat pinjaman dengan limit sampai Rp 200 juta.

Jumlah derma minimal di Flexi Cash yaitu sebesar Rp 500 ribu. Melalui pinjaman ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan pribadi dan bisnis. Bayar tagihan darurat rumah sakit, keperluan rumah tangga, belanja ponsel pintar dan transaksi sale.

Flexi Cash tidak tersedia untuk semua nasabah Jenius, cuma nasabah tertentu yang mampu menikmati fasilitas ini. Jumlah limit yang didapat masing-masing nasabah juga berbeda, sesuai dari algoritma yang ditetapkan pihak bank.

Informasi pelengkap, Flexi Cash juga bisa dinikmati meski belum punya akun Jenius BTPN. Anda cuma perlu mengajukannya melalui partner resmi Jenius/Bank BTPN.

Cara mengevaluasi status nasabah terpilih mampu Anda kerjakan dengan klik menu wealth di aplikasi Jenius, lalu pilih Credit dan pilih Ajukan sekarang.

Anda mungkin tidak mendapatkan sajian Flexi Cash di aplikasi Jenius, jadi pastikan Anda telah menyanggupi ketentuan atau syarat sebagai nasabah terpilih.

Syarat Mendapatkan Flexi Cash Jenius

Cara semoga mendapatkan Flexi Cash Jenius adalah dengan melengkapi syarat-syarat berikut:

  • Sudah mendaftar akun Jenius dan install aplikasinya di Smartphone
  • Warga Negara Indonesia, minimal 21 tahun dan optimal 60 tahun
  • Tempat tinggal di tempat yang dijangkau layanan Jenius
  • Tidak sedang dalam proses hukum dan tidak termasuk daftar hitam BI
  • Punya penghasilan dan pekerjaan tetap

Jika Flexi Cash Jenius tidak bisa dipakai, artinya Anda dianggap pihak bank belum pantas untuk menerima derma. Alasannya mampu berupa jumlah simpanan yang terlalu kecil, sejarah kredit yang jelek, maupun persyaratan yang belum dilengkapi.

menu credit jenius - Review Flexi Cash Jenius, Limit Sampai Rp 200 Juta (2022)
Jika sukses, halaman “Credit” akan terlihat seperti ini.

Detail Flexi Cash Jenius

Limit Flexi Cash yang Bisa Digunakan Nasabah

Jumlah limit tiap nasabah berlainan-beda, tergantung sejarah kredit serta penilaian terhadap kesanggupan nasabah untuk melunasi pertolongan.

Baca Juga:   Zakat Saham Dan Cara Menghitungnya

Anda bisa melihat limit pinjaman yang bisa diambil dari menu Hitung Penawaran di menu Wealth > Credit > Flexi Cash > Coba Hitung Penawaran.

Pada sajian Coba Hitung Penawaran, Anda diminta menawarkan berita seperti :

  • Kepemilikan kartu kredit
  • Limit kartu kredit per bulan
  • Jumlah penghasilan per bulan
  • Jumlah cicilan per bulan

Setelah menjawab pertanyaan di atas, secara otomatis akan timbul perhitungan dukungan yang bisa Anda peroleh. Misalnya timbul Rp 50 juta, artinya Anda bisa menikmati dukungan sampai maksimal Rp 50 juta.

Cara Mengajukan Flexi Cash Jenius

Jika syarat di atas telah terpenuhi, Anda mampu mulai mengajukan dukungan. Pinjaman dijalankan melalui aplikasi Jenius di hp.

  1. Klik menu Wealth > Credit > Ajukan sekarang.
  2. Selanjutnya, lengkapi formulirnya dengan mengisi data diri seperti nama ibu kandung, pendidikan, jumlah tanggungan, isu pekerjaan, alamat daerah tinggal dan lain-lain
  3. Baca dan klik syarat dan ketentuan
  4. Buat password Jenius (password ini ialah password transaksi, bukan password login)
  5. Masukkan arahan OTP
  6. Silahkan tunggu pengajuan Anda sedang ditinjau selama 1×24 jam
  7. Jika disetujui, Anda bisa lanjut ke proses aktivasi dan proses penarikan dana.

Jika derma anda tidak disetujui, Anda bisa mengajukannya lagi sekitar 4 bulan kemudian.

Cara Aktivasi Pinjaman

Setelah pengajuan Anda disetujui, langkah selanjutnya yakni aktivasi. Sebelum melakukan aktivasi, dana kredit Anda belum mampu ditarik. Berikut langkah-langkah aktivasi pinjaman,

  1. Silahkan buka Halaman Wealth > Credit > Aktivasi Flexi Cash
  2. Akan muncul berita limit kredit, suku bunga dan ringkasan perjanjian
  3. Lengkapi empat rincian informasi > Ajukan Flexi Cash
  4. Centang syarat & ketentuan > Aktifkan
  5. Masukkan password transaksi (bukan password login aplikasi)
  6. Selesai, Flexi Cash telah aktif
  7. Anda mampu melakukan penarikan dana

Cara Menarik Pinjaman

menu tarik dari flexi cash - Review Flexi Cash Jenius, Limit Sampai Rp 200 Juta (2022)

Setelah proses pengajuan Anda disetujui dan sudah aktivasi, berikut cara menawan derma:

  1. Buka menu Wealth > Credit > Flexi Cash
  2. Klik Tarik Dana dari Flexi Cash
  3. Masukkan jumlah dana yang ingin ditarik dan informasi tujuan penarikan
  4. Tentukan tenor cicilan > Lanjut
  5. Akan muncul info penarikan, seperti jumlah bunga dan total pembayaran
  6. Jika Anda menyetujui, klik Tarik
  7. Masukkan password transaksi (bukan password login aplikasi)
  8. Selesai, penarikan dana berhasil.

Dana akan segera masuk ke simpanan Anda jika langkah di atas sudah dibarengi.

Cara Melunasi Pinjaman

Untuk melunasi perlindungan, Pembayaran atau pelunasan tagihan Flexi Cash akan di debet dari Saldo Aktif, pada tanggal jatuh tempo. Makara tentukan senantiasa, saldo Anda telah terisi sebelum pukul 19.00 di tanggal jatuh tempo kalau tak ingin kena penalti.

Baca Juga:   Risiko Tidak Mengeluarkan Uang Shopee Paylater

Untuk isu, histori pembayaran tidak eksklusif masuk ke hidangan In & Out, tetapi menunggu di akhir hari. Makara Anda mampu cek di hari berikutnya, untuk melihat status pembayaran.

Cara Menaikkan Limit Flexi Cash Jenius

Untuk menerima limit yang lebih tinggi di Flexi Cash, caranya ialah:

  1. Masuk ke menu Wealth > Credit
  2. Klik “Buka Flexi Cash”
  3. Di bawah hidangan “Gambaran”, klik tombol “Upgrade limit kredit tanpa dokumen pelengkap”
  4. Klik “Upgrade Limit”

Jika sukses, maka batas peminjaman Anda akan dinaikkan.

upgrade limit kredit flexi cash - Review Flexi Cash Jenius, Limit Sampai Rp 200 Juta (2022)

 

Kelebihan Flexi Cash

1. Bisa tarik dana kapan pun dan di mana pun

Jumlah derma yang telah disetujui ialah batas optimal limit penarikan dana. Namun proses penarikan mampu dikerjakan secara bertahap sesuai kebutuhan Anda masing-masing, jadi tidak mesti tarik semua limit santunan.

Selain itu, Anda mampu memperlihatkan keterangan ihwal tujuan penarikan, berbentukjudul dan foto. Sehingga secara otomatis informasi tersebut mampu tampakpada riwayat penarikan yang sedang berjalan.

Minimal dana dalam setiap penarikan ialah Rp 500 ribu dan Anda bisa mengalihkan dana tersebut untuk Split Pay atau cicilan dan Jenius Pay untuk kebutuhan transaksi online.

2. Tenor cicilan sampai 36 bulan

Pinjaman di Flexi Cash memang banyak diminati alasannya adalah waktu tenor cicilan sangat panjang yaitu 3 tahun atau 36 bulan. Anda bisa menyesuaikan tenor yang ingin diseleksi pada saat penarikan dana sumbangan.

Bunga Flexi Cash Jenius yakni mulai dari 0.99% sampai 3.50%. Hal itu menjadikannya tidak kalah dengan pinjaman online dengan bunga rendah lainnya.

Informasi bunga akan tampil juga ketika proses tarik dana.

3. Bisa bayar otomatis tiap bulan

Mengingat semua pinjaman dan waktu cicilan pasti tidak mudah. Namun tidak perlu cemas alasannya pelunasan di Jenius mampu dikerjakan otomatis penarikan dari saldo aktif. Makara ada baiknya Anda mencatat tanggal jatuh tempo pada alarm hp, biar tidak terlambat dan kena penalti.

Waktu pelunasan otomatis berdasarkan tanggal pada dikala Anda menarik dana tunjangan. Misalnya Anda menawan dana tanggal 26 Januari, maka tanggal pelunasan adalah tanggal 26 Februari.

Secara periodik Jenius juga akan mengantarnotifikasi waktu pelunasan pada H-5, H-3, H-1 sebelum jatuh tempo, sehingga Anda bisa menyiapkan saldo aktif.

Fitur itu mengakibatkan Flexi Cash termasuk santunan online terbaik yang bisa bayar bulanan.

4. Bisa bayar lebih permulaan

Punya hutang memang kadang kala suka bikin kepikiran, apalagi bila telah erat tanggal jatuh tempo. Namun jikalau kebetulan Anda punya rezeki mendadak, mampu melunasi perlindungan Jenius lebih awal dari tanggal jatuh tempo.

Baca Juga:   10 Ide Desain Kamar Mandi Mungil Lengkap dengan Wastafel

Berbeda dengan jasa sumbangan lain, Jenius tidak memberlakukan penalti atau denda atas pelunasan di awal ini. Pelunasan ini bisa dilaksanakan 2 kali setiap tunjangan dan 1 kali dalam 1 bulan.

Kekurangan Flexi Cash Jenius

1. Pengguna terbatas

Seperti di diskusikan sebelumnya, tidak semua mampu mengajukan Flexi Cash Jenius, bahkan nasaban Jenius sendiri tidak seluruhnya mampu mendapat akomodasi ini.

2. Aplikasi sering freeze

Dari pengalaman pemakaian kami, aplikasi Jenius sering mengalami freeze. Jika aplikasi stop saat hanya ingin lihat saldo atau pasti tidak jadi dilema, tetapi akan sangat mengusik bila sedang buru-buru, mirip ingin transaksi pelunasan pertolongan yang mampu menjadikan denda bila telat.

Selain freeze, beberapa penguna juga mengeluhkan hanya terjadi loading ketika ingin ganti limit per transaksi. Artinya lumayan banyak hambatan yang terjadi pada aplikasi Jenius.

3. Biaya admin bulanan tinggi

Bank digital selama ini terkenal dengan biaya-ongkos terjangkau, bahkan nyaris gratis. Sayangnya tabungan Jenius dikenakan Rp 10 ribu per bulan. Sementara untuk menggunakan Flexi Cash kebanyakan nasabah tiba dari nasabah Jenius.

4. Penyelesaian kredit sukar

Proses pelunasan atau pembayaran kredit dikerjakan secara otomatis dengan menarik dana dari Saldo Aktif di aplikasi Jenius. Nah apa yang terjadi kalau dana di Saldo Aktif kurang dari total pertolongan / cicilan yang mesti dibayarkan? Tentu nasabah dikenakan denda.

Masih bekerjasama dengan eror aplikasi di atas, ada konsumen yang telah mengisi Saldo Aktif mencukupi, namun masih dikenakan denda Rp 50 ribu (denda hari pertama). Alasa pihak Jenius yakni aplikasi sedang eror, sehingga tidak mampu tarik dana.

Dengan insiden di atas, ternyata proses pengaduan ke pihak BTPN sebagaiperusahaan induk susah, meski telah berulangkali mengajukan tiket pemberian, tetapi follow up dari pihak Jenius sangat lama, buth waktu berbulan-bulan.

Meski begitu, denda tersebut tetap tidak akhir alias masih dibebankan terhadap nasbah.

Bagaimana Jika Telat Bayar Pelunasan?

Jika Anda mengalami telat pembayaran, akan dikenakan penalti sesuai waktu keterlambatan. Namun tidak mirip pinjol di luar sana yang dikenakan denda perhari, denda atau penalti di Jenius dikenakan per bulan. Dengan detail penalti dimulai dari 1 hari sesudah lewat jatuh tempo selaku berikut.

  • Bulan pertama: Rp 50 ribu
  • Bulan kedua: Rp 75 ribu
  • Bulan ketiga: Rp 150 ribu
  • Bulan keempat: Rp 175 ribu

Biaya penalti di atas akan ditarik langsung dari Saldo Aktif Anda di Jenius. Makara selama belum ada pelunasan Flexi Cash, Anda tidak bisa menggunakan Saldo Aktif untuk transaksi lain. Pasalnya saldo akan dialihkan otomatis untuk penalti atau pelunasan.

Jika waktu keterlambatan lebih dari 6 bulan, Anda mampu menghubungi CS Jenius untuk menanyakan status pembayarannya.


Bagikan: