counter create hit

Review Shopee Paylater: Pendaftaran, Keunggulan, Dan Kelemahan

Bagikan:

Dengan meningkatnya kepopuleran e-commerce pada konsumen Indonesia, layanan finansial yang menunjang transaksi online seperti PayLater semakin banyak bermunculan. Salah satunya adalah Shopee PayLater, sebuah fitur yang menawarkan layanan pembelian secara cicilan bagi para pengguna platform Shopee. Berikut review lengkap berdasarkan percobaan kami.

Syarat Mendapatkan Fasilitas PayLater di Shopee

Hanya ada dua syarat mudah untuk menerima kemudahan cicilan Shopee PayLater yang bisa dipakai untuk berbelanja barang-barang impian Anda. Cicilan akan diberikan bagi pengguna akun Shopee yang sudah pernah dipakai untuk berbelanja, serta telah mendapatkan tawaran dari aplikasi untuk menggunakan layanan Shopee PayLater.

Artinya, pengguna yang sudah aktif menggunakan akun Shopee mereka cuma bisa menanti untuk mendapatkan anjuran dari aplikasi. Sementara itu, jika Anda belum mendapatkan tawaran tersebut, maka Anda juga belum bias untuk melaksanakan pengajuan pada aplikasi.

Kriteria pengguna yang diberikan kemudahan cicilan ini sendiri tidak dipaparkan dengan terang oleh pihak Shopee. Namun, bila Anda ialah pengguna Shopee yang cukup aktif, maka besar kemungkinan Anda juga akan menerima layanan cicilan ini.

Sementara itu, syarat-syarat umum yang biasa harus Anda penuhi termasuk:

  1. Shopee PayLater cuma diberikan terhadap Warga Negara Indonesia yang berusia sekurang-kurangnya17 tahun.
  2. Proses pendaftaran memerlukan foto KTP asli dari pengguna.
  3. Akun Shopee mesti memiliki transaksi aktif sekurang-kurangnyadalam 3 bulan terakhir.
  4. Pengguna mesti mengaktifkan dan menyelesaikan proses verifikasi Shopee Pay.
  5. Pengguna telah melaksanakan update pada aplikasi Shopee.

Proses Aktivasi Shopee PayLater

Jika Anda merupakan pengguna aktif Shopee serta sudah menerima permintaan untuk melakukan aktivasi Shopee PayLater, berikut ialah langkah-langkah aktivasi yang harus Anda lakukan:

  1. Masuk ke dalam aplikasi Shopee dan pilih menu Pembayaran. Pada menu tersebut, Anda bisa melanjutkan dengan menentukan SPayLater sebagai metode pembayaran yang bisa digunakan untuk transaksi Anda.
  2. Aplikasi Shopee akan memberikan halaman di mana Anda mampu menyaksikan fitur lengkap dari Shopee PayLater, termasuk kesempatan untuk menerima limit sebesar Rp. 15.000.000,- dengan tenor paling panjang selama 12 bulan.
  3. Sebelum melaksanakan aktivasi, Anda akan diharuskan untuk melaksanakan verifikasi nomor telepon yang Anda gunakan untuk akun Shopee Anda.
  4. Lanjutkan proses pendaftaran dengan memasukkan foto KTP sebagai bukti identitas diri.
  5. Lengkapi data eksklusif sesuai dengan info personal yang lengkap dan sesuai.
  6. Lengkapi data penghasilan sebagai dasar penentuan limit kredit yang hendak diberikan.
  7. Aplikasi akan meminta Anda untuk melaksanakan verifikasi wajah dengan melakukan selfie.
  8. Jika info yang Anda masukkan telah lengkap, maka proses verifikasi akan diproses oleh pihak Shopee dan Anda akan mendapatkan limit kredit yang tepat dalam waktu kurang dari 24 jam.
Baca Juga:   Kartu Kredit Vs Dukungan Online, Mana Yang Lebih Baik?

Dari hasil tes yang kami kerjakan, proses aktivasi dikonfirmasi dalam waktu singkat bila data yang diminta telah diberikan dengan lengkap.

Fitur Shopee PayLater

1. Limit kredit yang beragam

Pengguna yang menerima ajakan serta sudah melakukan aktivasi Shopee PayLater akan bisa menerima limit kredit untuk melaksanakan transaksi. Limit kredit yang diberikan pun beraneka ragam, mulai dari Rp. 500.000,- sampai Rp. 15.000.000,-.

Pada umumnya, besaran limit kredit akan didasarkan pada kesanggupan finansial pengguna serta riwayat pembayaran tagihan yang pernah dilakukan.

2. Tenor cicilan bermacam-macam

Shopee PayLater menunjukkan dua pilihan untuk memakai limit kredit yang tersedia. Yang pertama, pengguna dapat berbelanja barang dengan tata cara cicilan dengan tenor 30 hari. Sementara opsi kedua menawarkan tenor cicilan yang lebih panjang, mulai dari 2 hingga 12 bulan. Keduanya menawarkan tingkat bunga yang berlainan sesuai dengan besaran transaksi.

Kelebihan Shopee PayLater

Dibanding layanan beli sekarang bayar nanti yang lain, berikut keunggulan Shopee PayLater:

1. Sebagai metode pembayaran yang praktis dan cepat

Pengguna Shopee memang diberikan berbagai tata cara pembayaran yang berlainan untuk menuntaskan transaksi. Pengguna bisa melakukan transfer dana melalui rekening bank atau melalui channel retail lewat minimarket.

Namun, eksistensi Shopee PayLater bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan yang cukup simpel mengingat pengguna tidak perlu lagi mendapatkan isyarat bayar maupun nomor rekening untuk menuntaskan transaksi. Pengguna hanya cukup memilih Shopee PayLater selaku tata cara pembayaran dan transaksi akan secepatnya dikonfirmasi secara otomatis.

Selain itu, dengan adanya fitur cicilan, metode pembayaran ini juga menjadi penyelesaian praktis untuk membeli barang dan jasa tanpa harus menyediakan dana tunai terlebih dahulu. Limit kredit Shopee PayLater juga pasti mampu dipakai untuk membeli barang yang mungkin Anda butuhkan untuk bisnis Anda.

2. Syarat dan proses pengajuan yang gampang

Syarat utama untuk mendapatkan limit kredit untuk Shopee PayLater yaitu menerima permintaan dari pihak Shopee. Tipe engguna yang menerima undangan sendiri tidak dijelaskan dengan lengkap oleh Shopee. Namun, kebanyakan, Shopee memperlihatkan ajakan terhadap pengguna yang sudah aktif membeli di Shopee dalam 3 bulan terakhir.

Selain itu, sesudah menerima ajakan, syarat untuk Shopee PayLater juga sesungguhnya cukup mudah, dimana pengguna hanya diharuskan untuk meng-upload foto KTP beserta selfie tampang untuk proses verifikasi. Syarat-syarat ini cukup gampang jika dibandingkan dengan syarat kredit dari perusahaan lain.

Hanya saja, pengguna juga diharuskan untuk melengkapi isu pribadi dan finansial. Informasi tersebut akan dijadikan sebagai dasar usulanuntuk memilih seberapa besar limit kredit Shopee PayLater yang hendak Anda peroleh.

3. Bunga yang ditetapkan cukup rendah

Jika ketimbang tingkat bunga yang ditetapkan oleh perusahaan kredit lain, bunga Shopee PayLater cukup rendah. Untuk transaksi cicilan, tingkat bunganya optimal 2.95% per bulannya. Sementara itu, transaksi PayLater dengan tenor 30 hari tidak akan dikenakan bunga kredit sama sekali.

Baca Juga:   Review Traveloka Paylater: Mengulik Keunggulan Dan Kelemahan

Sementara itu, persentase denda yang dikenakan juga cukup rendah, yaitu sekitar 0.1% per hari. Artinya, denda yang kenakan untuk keterlambatan pembayaran tidak akan terlalu memberatkan pengguna.

Hanya saja, Anda tentu tetap mesti memperhatikan besaran cicilan dan denda Anda serta menghindari keterlambatan pembayaran sebisa mungkin.

4. Pilihan pembayaran cicilan yang beragam

Sama halnya dengan pilihan pembayan transaksi Shopee secara tunai, pembayaran tagihan Shopee PayLater juga dapat dilaksanakan di banyak sekali channel pembayaran. Untuk Anda yang memiliki rekening bank, Anda mampu melakukan pembayaran dengan mudah lewat transfer bank. Namun, kalau Anda tidak memiliki rekening bank, pembayaran tagihan juga bisa dikerjakan lewat kasir minimarket.

Tagihan juga mampu dibayarkan jikalau Anda mempunyai saldo Shopee Pay. Shopee juga memperbolehkan pengguna untuk menggunakan Voucher Shopee dikala melaksanakan transaksi cicilan untuk mengendorkan jumlah pembayaran.

Kekurangan Fitur Cicilan Shopee PayLater

Meskipun terdapat banyak kelebihan, namun layanan ini juga mempunyai beberapa kekurangan:

1. Hanya tersedia untuk pengguna tertentu

Sama seperti perusahaan kredit lainnya, Shopee PayLater juga memiliki beberapa patokan yang mesti dipenuhi oleh pengguna untuk menerima limit kredit. Hal ini pastinya bertujuan supaya limit kredit cuma diberikan terhadap orang-orang yang mempunyai kesanggupan finansial untuk membayar kembali tagihannya.

Shopee sendiri tidak menunjukkan klarifikasi yang lengkap mengenai persyaratan pengguna yang bisa menerima limit kredit. Namun, kebanyakan, pengguna mesti mempunyai catatan transaksi aktif sekurang-kurangnyadalam tiga bulan terakhir serta memiliki alamat yang jelas.

Artinya, pengguna yang baru saja menggunakan Shopee akan sedikit memiliki kesulitan untuk menerima limit kredit Shopee PayLater. Namun, Anda disarankan untuk tetap melakukan transaksi pada aplikasi Shopee untuk memperbesar kemungkinan mendapatkan limit kredit dengan Shopee PayLater.

2. Keterlambatan pembayaran dikenakan bunga dan denda

Salah satu risiko yang bisa terjadi dikala menggunakan fitur cicilan dari Shopee PayLater yakni keterlambatan dalam pembayaran tagihan. Jika hal yang terjadi, maka pengguna diharuskan untuk membayar bunga harian sesuai dengan besaran transaksi cicilan yang dilakukan.

Jika pengguna mempunyai tagihan yang belum dibayarkan, maka akun Shopee PayLater akan ditundasementara oleh pihak Shopee. Artinya, limit kredit yang masih tersedia tidak akan bisa  dipakai untuk transaksi cicilan yang gres.

Selain, transaksi cicilan yang besar juga akan dikenai denda dan bunga yang cukup besar bila tagihan tidak segera tertuntaskan. Makara, ada baiknya untuk tetap senantiasa bijaksana untuk menggunakan limit kredit yang ditawarkan oleh Shopee PayLater.

3. Limit kredit tidak senantiasa besar

Limit kredit yang diberikan oleh Shopee PayLater terhadap pengguna akan didasarkan terhadap kesanggupan finansial serta riwayat transaksi yang dilaksanakan pada aplikasi Shopee.

Artinya, makin sering pengguna menggunakan Shopee untuk berbelanja barang yang mereka harapkan, maka besar limit kredit yang diberikan juga akan bertambah.

Hanya saja, pengguna Shopee PayLater yang gres tidak akan bisa menerima limit yang besar karena belum mempunyai kredibilitas yang baik. Ini artinya, pengguna baru tidak akan mampu berbelanja barang dengan harga yang cukup mahal jikalau gres saja mendapatkan limit kredit dari Shopee PayLater.

Baca Juga:   Mau Convert Gambar JPG ke PDF Di Android? Begini Caranya

Limit kredit akan bertambah sesuai dengan riwayat pembayaran tagihan. Semakin baik catatan pembayaran cicilan, maka limit kredit Shopee PayLater juga akan kian besar.

4. Limit Kredit Tidak Bisa Ditarik

Limit kredit yang tersedia pada Shopee PayLater hanya bisa digunakan untuk transaksi pembelian pada aplikasi Shopee. Kaprikornus, Anda tidak akan mampu mempesona limit kredit dalam bentuk uang tunai. Hal ini memang wajar, mengenang Shopee PayLater cuma untuk mempermudah transaksi, bukan selaku alternatif keuangan.

Tips Menggunakan Shopee PayLater

Memiliki limit kredit pada Shopee PayLater intinya tidak berbeda dengan memiliki kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank-bank konvensional. Oleh alasannya itu, Anda juga dituntut bijak untuk menggunakan limit kredit yang tersedia biar tidak mengakibatkan urusan finansial yang gres pada kehidupan Anda. Berikut beberapa kiat bijak untuk menghindari persoalan keuangan saat menggunakan Shopee PayLater:

1. Lakukan pengecekan transparansi

Ketika Anda menerima limit kredit, maka Anda mungkin akan merasa cukup bahagia alasannya adalah mampu membeli barang keinginan Anda tanpa mengeluarkan uang apalagi dulu. Namun, sebelum melaksanakan transaksi, ada baiknya Anda melakukan pengecekan yang lengkap perihal standar dan cara penggunaannya. Hal ini juga termasuk pada besaran bunga dan panjang tenor yang dipraktekkan oleh Shopee PayLater untuk acara cicilan Anda.

2. Periksa legalitas Shopee PayLater

Dikarenakan banyaknya aplikasi keuangan yang tidak mempunyai legalitas operasional, ada baiknya Anda mengecek legalitas sebuah layanan keuangan sebelum menggunakannya. Kabar baiknya, Shopee PayLater merupakan pemasoklayanan cicilan yang telah memiliki izin dari OJK.

Ini artinya bahwa hak Anda sebagai pelanggan harus dilindungi sesuai dengan regulasi yang berlaku. Juga kecil kemungkinan tim debt collector mengunjungi rumah Anda bila terjadi gagal bayar. Namun, usahakan selalu melunasi kredit yang diambil.

3. Hindari melaksanakan transaksi diluar kesanggupan finansial Anda

Ada baiknya Anda membatasi transaksi cicilan sesuai dengan kemampuan pembayaran bulanan yang bisa Anda kerjakan. Jika barang yang anda kehendaki mempunyai harga yang cukup mahal sehingga cicilan bulanan dan bunga yang dikenakan juga cukup besar, maka lebih baik untuk menangguhkan pembelian barang tersebut hingga Anda memiliki dana yang mencukupi.

Kesimpulan

Nah, layanan Shopee PayLater memang bisa menjadi pilihan yang baik untuk berbelanja barang yang tersedia di Shopee dengan sistem cicilan.

Menurut evaluasi kami, Shopee PayLater adalah salah satu aplikasi PayLater terbaik yang ada dikala ini. Alasannya aplikasi ini memberikan proteksi keamanan yang baik, kaya akan fitur, dan gampang dipakai.

Dari percobaan yang kami kerjakan, Shopee PayLater tidak membingungkan untuk dipakai sehingga sangat mudah digunakan oleh siapa saja. Tingkat bunga yang kompetitif juga menjadikannya berkompetisi ketat dengan kompetitor yang lain.

Namun, pastikan bahwa Anda tetap bijak dalam memakai limit kredit yang tersedia semoga kondisi keuangan Anda tidak terganggu dengan adanya cicilan bulanan.


Bagikan:
close