counter create hit

Solusi Memori HP OPPO dan Sambung Agar Tidak Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi

Bagikan:

KichanHelp.com – Salah satu faktor yang membuat hp Android lemot adalah karena kehabisan memori penyimpanan. Masalah ini bisa terjadi kepada semua pengguna hp Android, tak terkecuali hp flagship. Untuk mengatasinya kami sarankan untuk mencoba tutorial cara agar memori tidak penuh tanpa menghapus aplikasi berikut ini.

Semakin besar kapasitas memori internal maka semakin bagus. Jika memori internal sedikit otomatis tidak bisa menginstal banyak aplikasi dan game. Namun berapapun kapasitas memori internal yang dimiliki pasti tidak akan cukup untuk menyimpan semua file.

Bagi yang hobi menyimpan foto dan video pasti membutuhkan memori penyimpanan yang besar. Jika memori habis otomatis tidak akan bisa menyimpan foto dan video. Sebenarnya cukup menghapus aplikasi ataupun game dan masalah tersebut bisa teratasi.

Tentu sayang rasanya jika harus menghapus aplikasi. Terlebih jika semua aplikasi yang terinstal merupakan aplikasi-apllikasi penting Bagi yang tidak ingin menghapusnya, namun ingin memori tidak penuh, maka kami sarankan untuk mencoba cara yang kami sampaikan pada artikel kichanhelp sebagai berikut.

Tutorial Cara Agar Memori Tidak Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi

1. Gunakan Aplikasi Cleaner

Cara yang pertama adalah menggunakan aplikasi pembersih cache atau file sampah. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan. Salah satu yang terbaik adalah Files By Google. Aplikasi tersebut bisa anda download secara gratis di Play Store. Selain Files By Google masih ada banyak aplikasi lainnya.

Kami juga merekomendasikan aplikasi CCleaner yang berguna untuk membuang cache menumpuk yang tersimpan di smartphone. Ukuran cache bisa cukup besar sehingga wajib dibersihkan agar memori tidak penuh.

2. Hapus Duplikat Foto

Apabila ingin memori internal tidak penuh kami sarankan untuk menghapus duplikat foto yang ada di smartphone. Untuk beberapa smartphone biasanya sudah dilengkapi fitur pembersih file duplikat. Namun bagi yang tidak ada maka bisa mencoba aplikasi pihak ketiga seperti Remo Duplicate Photos Remover atau Duplicates Cleaner.

Baca Juga:   √ Kartu Kredit BCA Card Indomaret 2022 : Syarat, Limit, Biaya & Bunga

3. Hapus File Download Whatsapp

Tanpa kalian sadari foto dan video yang diterima dari Whatsapp akan tersimpan di galeri. Jika semuanya ditotal bisa mencapai bergiga-giga sehingga membuat memori hp menjadi penuh. Saran kami kalian harus menghapus file-file tersebut agar memori tidak penuh.

Kalian bisa mencarinya pada folder Whatsapp di galeri atau File Manager. Sebelum menghapus semua file silahkan terlebih dahulu memilih file-file penting yang tidak ingin dihapus. Namun apabila tidak ada yang penting lebih baik langsung hapus semuanya.

4. Hapus Game

Ukuran game rata-rata di atas 1GB. Semakin bagus game yang kalian mainkan maka akan menyita ruang penyimpanan semakin besar. Ada baiknya menghapus game-game yang jarang dimainkan sehingga memori internal bisa lebih lega.  Sisakan game-game yang penting saja. Sisanya dihapus untuk menghemat ruang penyimpanan.

Pasti banyak yang suka download game, namun jarang dimainkan. Dari pada harus menghapus aplikas-aplikasi penting lebih baik menghapus game tersebut. Jika ingin memaikannya kembali maka tinggal mendownloadnya di Play Store.

5. Hapus Video

Bagi yang hobi download video pasti memori internal akan cepat habis. Sebab ukuran video jauh lebih besar jika dibanding foto. Terlebih untuk file film yang rata-rata berukuran di atas 500 mb. Semakin banyak video yang tersimpan maka otomatis memori internal akan habis.

Menghapus video menjadi solusi agar memori internal tidak penuh tanpa perlu menghapus aplikasi. Tentu tidak semua video akan kalian tonton. Jadi lebih baik menghapusnya dari pada membuang-buang memori penyimpanan.

6. Hapus File Lainnya

Solusi yang terakhir adalah menghapus beragam file lainnya seperti dokumen, file update, apk, ataupun beragam file lainnya. Namun pastikan file yang dihapus bukanlah file-file penting.

7. Memindahkan File Ke MicroSD

Apabila smarpthone memiliki slot memori eksternal kami sarankan untuk memasangkan MicroSD kedalamnya sehingga tidak ruang penyimpanan memori internal tidak termakan habis. Yang bisa dipindahkan paling foto, video, dan dokumen lainnya.

Sedangkan untuk memidahkan game dan aplikasi ke MicroSD biasanya membutuhkan akses root. Kami tidak menyarankan untuk melakukan rooting karena bisa membuat garansi smartphone menjadi hangus dan bisa mengalami bootloop hingga mati total.

Baca Juga:   √ Kartu Kredit BCA Blibli : Limit, Syarat, Bunga, Biaya & Promo 2022

Kesimpulan

Nah itulah beragam cara yang bisa kalian lakukan agar memori internal tidak habis tanpa perlu menghapus aplikasi. Silahkan mencoba tips yang kami sampaikan di atas sehingga sisa memori internal mencukup untuk menyimpan file-file lainnya.

 


Bagikan:
close