counter create hit

Speaker Vios 2007 Sember (Kresek-kresek) Head Unit Rusak

Bagikan:

Opikini.com – Singkat kisah datang-tiba suara speaker vios 2007 menjadi sember atau kresek-kresek, suaranya pecah menimbulkan tidak enak lagi untuk menikmati bunyi musik di mobil kesayangan.

Karena ingin tau dan ingin berguru sendiri tentang mobil khususnya untuk hal-hal yang tidak bekerjasama dengan mesin akibatnya aku coba mencari penyebab kenapa suara audio vios AT 2007 tersebut menjadi pecah atau sember tidak seperti sebelumnya.

Setelah tanya-tanya diforum dan beberapa teman lain, hasilnya saya memberanikan diri untuk membongkar head unit vios 2007 tersebut dengan tujuan untuk memeriksa apakah ada kabel yang copot atau longgar dan kesudahannya nihil alasannya sesudah dibuka ternyata kabel-kabel yang terhubung ke head unit tersebut masih normal. Lihat juga : alarm mobil bunyi sendiri.

Karena masih ingin tau dan belum ingin membawa mobil kesayangan ke bengkel seorang ahli audio kesudahannya aku cek lagi beberapa hal hingga risikonya menemukan kenapa bunyi speaker tersebut menjadi sember, nah bagi sahabat pembaca yang ingin tahu cara mencari penyebabnya silahkan lanjut membaca.

Pengalaman Mencari Penyebab Speaker Vios 2007 Sember

Head Unit Vios 2007 600x465 - Speaker Vios 2007 Sember (Kresek-kresek) Head Unit Rusak

Penting : Ini bukan kiat ahli tetapi hanya pengalaman pemula mendeteksi penyebab bunyi speaker jadi sember, jadi mohon maaf bila banyak kelemahan dan berikut yang saya kerjakan.

Baca juga : cara melepas beling spion mobil.

1 – Cek Kondisi Speaker

Cari speaker yang masih elok (normal) kebetulan dirumah ada sebuah speaker mobil yang tidak terpakai. Setelah itu hubungkan ke head unit, yang paling mudah yaitu melalui speaker belakang yang letaknya ada dibelakang kursi penumpang.

Makara hubungkan speaker yang masih wajar tersebut ke kabel speaker belakang kemudian dengarkan apakah suaranya masih sember atau tidak, bila tidak maka telah bisa dipastikan speaker mobil kita yang rusak.

Hasil : setelah mencoba pakai speaker lain yang masih elok ternyata suaranya sember, selain mencoba menghubungkan dari speaker belakang aku juga coba hubungkan dari speaker yang ada di bagian pintu dan kesannya sama saja.

2 – Periksa Head Unit.

Baca Juga:   Bugatti Chiron Harga, Spesifikasi, Review 2022

Setelah tes pakai speaker yang masih bagus namun akhirnya sember juga, kesudahannya saya coba periksa head unit apakah masih wajar atau tidak.

Untuk melaksanakan ini kita harus membongkar head unit vios dahulu dan memerlukan head unit lain (kebetulan saya pinjam dulu dari sahabat) atau jikalau sahabat tidak bisa dipinjam maka teman bisa coba copot HU bawaan vios tersebut dan tes di mobil lain.

Hasil : sehabis dicoba pakai HU lain, ternyata bunyi speaker wajar (tidak sember seperti sebelumnya) jadi kesimpulannya penyebab suara sember tersebut ternyata memang head unit yang sudah rusak (kata sahabat yang suka pasang audio kendaraan beroda empat kemungkinan ada IC yang sudah rusak)

Ternyata mencari penyebab bunyi audio pada kendaraan beroda empat menjadi sember tidak terlalu sukar, namun memang diharapkan bagian lain untuk mencobanya mirip speaker dan head unit lain yang masih normal 🙂

Tambahan : Selain speaker atau head unit rusak, berdasarkan sahabat yang telah lebih terlatih ada beberapa kemungkinan lain yang bisa membuat suara audio menjadi sember diantaranya : ada kabel yang terkupas/menempel ke body.

Tapi sayang untuk mengeceknya kita butuh tespen yang telah dimodif dan dihubungkan ke alat (bila tidak salah penjepit buaya) lalu hubungkan penjepit buaya tersebut ke kabel strum kemudian cek dengan tespen satu persatu kabel ke speaker pada konektor, kalau menyala katanya itu ada yang menempel ke body.

Setelah diketahui penyebab suara sember tersebut dari head unit yang rusak, mau tidak mau saya harus menabung dulu untuk membeli yang gres, belum lagi untuk vios 2007 kita harus mengubah framenya juga yang lumayan susah dicari.

Jika sobat tidak ada speaker atau head unit lain untuk mengetes, mau tidak mau harus bawa ke toko/bengkel yang biasa memasang audio kendaraan beroda empat terdekat alasannya mereka niscaya punya speaker dan head unit untuk pengetesan.

Itulah sedikit pengalaman pemula yang sedang ingin berguru mengetahui lebih banyak perihal mobil, maaf kalau banyak kekurangan.

Baca Juga:   40 Kendaraan Beroda Empat Terkeren Di Dunia Dan Indonesia 2022


Bagikan:
close