counter create hit

Tips Cara Memperbaiki Layar Gelap Saat Menghubungi

Bagikan:

Cara Memperbaiki Layar Gelap Saat Menelepon – Pasti perasaan Anda kesal bukan main saat asyik melakukan panggilan telepon, tiba-tiba layar mati dan gelap. Padahal tak jarang, Anda juga butuh informasi di layar mirip untuk mengakhiri panggilan atau mengetik angka, dan lainnya.

Nah, jika itu yang Anda alami, tenang kami punya solusinya. Namun sebelum kami bagikan solusi atau tips memperbaiki layar gelap saat menghubungi tersebut, ada baiknya pahami dahulu penyebabnya.

Penyebab Layar Gelap Saat Menelepon

Penyebab layar gelap saat menelpon bukan dikarenakan oleh kerusakan pada perangkat, melainkan pelindung kaca atau tempered glass yang dipakai pada layar.

Biasanya duduk perkara layar gelap saat digunakan untuk menelpon ini, muncul sehabis memasang pelindung layar. Hal ini dikarenakan, nyaris pada setiap smartphone memiliki proximity sensor yang berada pada bagian atas layar.

Jika dilihat secara sepintas, sensor ini memang tak tampak. Namun kalau dilihat dengan cermat dari jarak erat, akan tampak mirip 2 kamera yang berdekatan di bab depan.

Tips lainnya: Sinyal 4G Hilang, Apa yang Harus Dilakukan?

Sensor ini yakni sensor jarak pada smartphone yang umumnya dimanfaatkan ketika sedang melaksanakan panggilan telepon. Nah, ketika sedang menelpon, Anda niscaya cenderung mendekatkan ponsel pintar pada indera pendengaran, bukan?

Baca Juga:   Cara Nonton Netflix Di Indihome & Telkomsel, 100% Sukses!

Saat itulah, sensor ini akan mendeteksi adanya objek yang mendekat adalah pendengaran, sehingga secara otomatis layar pun dimatikan guna menghindari salah pencet atau kesalahan input pada smartphone. Ketika Anda akan menyelesaikan panggilan telepon, Anda niscaya akan menjauhkan ponsel pintar dari pendengaran agar mampu menyaksikan layar.

Pada ketika itu, sensor mendeteksi jika objek menjauh sehingga layar kembali menyala supaya Anda bisa memilih menu pada layar. Nah, itu cara kerja normalnya.

Permasalahannya ialah pada dikala Anda menggunakan pelindung layar atau tempered glass yang menutupi sensor ini, maka akan menjadikan sensor berasumsi bahwa ada objek yang mendekat dengan ponsel pintar. Sehingga ketika Anda melakukan panggilan telepon, layar pun otomatis akan dimatikan.

Jika permasalah yang ditimbulkan sebab tempered glass maka kiat cara memperbaiki layar gelap ketika menghubungi ialah dengan mengganti pelindung layar yang memiliki lubang pada bab sensor, membuka pelindung layar tersebut, membersihkan layar dengan kain atau kapas, dan pastikan untuk menggunakan aksesoris (pelindung layar) yang bermutu.

Simak yang lain: Mengatasi Touch Screen tidak Berfungsi atau Error

Selain alasannya pelindung layar atau tempered glass, bisa juga persoalan layar gelap ketika menelepon terjadi akhir dari kalibrasi sensor berurusan, umumnya terjadi ketika sudah flash ulang, upgrade atau gangguan pada software. Untuk itu, semestinya Anda ketahui kiat memperbaiki layar gelap ketika menghubungi berikutnya.

.

Tips Cara Memperbaiki Layar Gelap Saat Menelepon

Jika penyebab layar menjadi gelap dikala menelepon bukan karena adanya pelindung layar, berikut cara mengatasinya:

1. Cara memperbaiki layar gelap saat menghubungi via Himax developer pada smartphone tipe Polymer X

  • Silahkan Anda buka Dialer lalu ketik *#*#9527#*#*
  • Setelah itu, akan muncul layar gres pada smartphone
  • Anda klik pada goresan pena ‘Manual’
  • Setelah timbul layar gres, maka silahkan pilih ‘Presensor’
  • Tak usang sehabis itu, akan timbul sebuah gambar. Kemudian Anda arahkan telapak tangan atau jari pada sensor di atas layar smartphone, tepatnya di samping microphone.
  • Goyangkan jari Anda sampai aplikasi smartphone menutup dengan sendirinya.
  • Nah, sebaiknya kini duduk perkara layar gelap saat menghubungi telah mampu diperbaiki.
Baca Juga:   Cara Memperlihatkan Subtitle Film Di Hp Android

 

2. Tips cara memperbaiki layar gelap ketika menelepon pada Android Samsung Galaxy young dengan menonaktifkan sensor proximity

  • Silahkan masuk ke dalam hidangan Pengaturan atau Setelan
  • Lalu Anda pilih Pengaturan panggilan
  • Kemudian klik Pengaturan Tambahan
  • Setelah itu, untuk menonaktifkan sensor proximity, Anda cukup menetralisir tanda ceklist atau tanda centang pada Sensor Proximity
  • Selesai, sekarang layar Samsung Galaxy young Anda pun kembali normal.

 

3. Cara berikutnya, untuk memperbaiki layar gelap saat menelepon yaitu dengan mengetes sensor proximity

Hal ini dilakukan untuk mengenali apakah sensor jarak atau sensor proximity Anda berurusan atau tidak. Setiap ponsel mempunyai cara tes sensor proximity yang berlainan. Nah, berikut ini beberapa instruksi yang mampu Anda pakai untuk mengetes sensor jarak pada smartphone.

  • *#*#3424#*#* untuk mengakses Perangkat Diagnostic Tool pada ponsel pintar HTC berbasis android
  • *#7353# untuk membuka Perangkat Diagnostic Tool ponsel Samsung serta beberapa smartphone lainnya
  • *#*#0588#*#* untuk menjalankan uji sensor proximity pada beberapa smartphone yang lain.

Setelah Anda mengetik salah satu arahan tersebut, lalu centang P-sensor test. Lalu tekan RUN untuk melakukan proses diagnosa sensor proximity. Selanjutnya Anda cukup mengikuti petunjuk sehingga Anda mampu mengenali apakah terdapat persoalan pada sensor jarak atau tidak.

Nah, itulah beberapa penyebab dan tips cara memperbaiki layar gelap saat menghubungi. Jika semua cara diatas telah dikerjakan tetapi belum bisa menangani, maka sebaiknya bawa ke servis centernya untuk penanganan lebih lanjut.


Bagikan:
close