counter create hit

Upgrade Windows 7 ke 10 Tanpa Kehilangan Aplikasi & Data

Bagikan:

Berniat ingin melaksanakan upgrade Windows 7 ke Windows 10 tetapi tak ingin menghilangkan aplikasi yang terinstall dan data-data Anda? Coba simak panduan berikut ini.

Saat akan melakukan migrasi dari Windows 7 ke versi yang lebih gres mirip Windows 10, salah satu aspek yang mungkin membuat Anda khawatir yaitu bagaimana nasib aplikasi dan data-data yang ada, apakah data tetap aman? apakah aplikasi-aplikasi yang ada sekarang nanti tetap bisa dilakukan?

Melakukan upgrade tidak akan menghilangkan data

Khusus untuk data tidak butuhAnda khawatirkan lagi, sebab melaksanakan upgrade tidak akan besar lengan berkuasa pada data-data Anda, terutama yang ada pada partisi penyimpanan lain.

Begitu pula data user yang ada di Windows 7 nantinya tetap akan tersimpan ketika telah melaksanakan upgrade ke Windows 10. Untuk menambah percaya, maka semestinya Anda pindahkan atau backup semua data-data user (yang ada di C) ke partisi penyimpanan lain biar lebih kondusif.

Lalu bagaimana dengan aplikasi?

Melakukan upgrade dari Windows 7 ke Windows 10 tidak akan menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah terinstall, namun akan menawarkan efek yang cukup signifikan terhadap bagaimana aplikasi tersebut berjalan.

Beberapa aplikasi mungkin menjadi tidak bisa dilaksanakan alasannya problem kompatibilitas. Oleh alasannya itu sebelum menetapkan melaksanakan upgrade sebaiknya Anda cari tahu apalagi dahulu apakah aplikasi-aplikasi penting yang ada nantinya akan bisa berjalan di Windows 10.

Biasanya setiap aplikasi menyediakan model khusus untuk setiap versi Windows, Anda bisa download model aplikasi yang sesuai untuk Windows 10 selaku antisipasi. Ketika nanti proses upgrade sudah akhir maka aplikasi yang tidak mampu berlangsung Anda uninstall lalu install kembali memakai installer yang cocok untuk Windows 10.

Jika aplikasi yang digunakan ialah aplikasi berbayar maka Anda bisa memindahkan lisensinya ke versi aplikasi gres di Windows 10, biasanya setiap aplikasi memungkinkan untuk melaksanakan transfer lisensi.

Dengan cara seperti ini maka Anda mampu melakukan upgrade dari Windows 7 ke Windows 10 tanpa kehilangan aplikasi yang telah ada.

Baca Juga:   Cara Mencari Driver Windows 7 yang Belum Terinstall

Cara upgrade Windows 7 ke Windows 10

1. Download aplikasi Media Creation Tool

Untuk mampu melaksanakan upgrade tanpa install ulang maka kita membutuhkan pemberian aplikasi yang bernama Media Creation Tool. Aplikasi ini ialah aplikasi resmi dari Microsoft yang memang ditujukan khusus untuk kebutuhan upgrade OS.

Silakan download aplikasinya dari sini:

1 cara upgrade windows 7 ke windows 10 - Upgrade Windows 7 ke 10 Tanpa Kehilangan Aplikasi & Data

Tombol download akan menjinjing Anda ke halaman download di situs Microsoft. Perhatikan pada bab Create Windows 10 installatio media > lalu klik tombol Download tool now.

Tunggu sampai proses download akhir.

2. Jalankan aplikasi Media Creation Tool

Setelah download simpulan, jalankan aplikasinya dengan cara klik dua kali pada file yang tool yang bernama MediaCreationTool.exe

3. Tunggu hingga proses persiapan installer Windows 10 tamat

Setelah aplikasi Media Creation Tool dijalankan maka aplikasi tersebut akan menyiapkan installer Windows 10 yang diharapkan untuk proses upgrade. Pada tahap ini yang perlu Anda kerjakan yakni menunggu hingga proses selesai.

2 cara upgrade windows 7 ke windows 10 - Upgrade Windows 7 ke 10 Tanpa Kehilangan Aplikasi & Data

4. Klik tombol Accept

Setelah proses persiapan installer tamat, maka Anda akan dibawa ke halaman Aplicable notices and license terms. Klik pada tombol Accept yang ada di bab bawah.

3 cara upgrade windows 7 ke windows 10 - Upgrade Windows 7 ke 10 Tanpa Kehilangan Aplikasi & Data

5. Pilih Upgrade this PC now

Pada halaman berikutnya Anda akan diberikan opsi untuk melaksanakan membuat installation media tau melaksanakan upgrade. Centang pada pilihan Upgrade this PC now kemudian klik tombol Next.

4 cara upgrade windows 7 ke windows 10 - Upgrade Windows 7 ke 10 Tanpa Kehilangan Aplikasi & Data

6. Tunggu hingga proses download simpulan

Tahap selanjutnya adalah proses download file Windows 10 yang mau dipakai untuk upgrade. Proses download akan memerlukan waktu selama beberapa menit tergantung dari kecepatan internet Anda. Pastikan koneksi internet Anda stabil dan jika memakai kuota pastikan memadai (sekitar 4-5GB), lalu tunggu sampai proses download simpulan.

5 cara upgrade windows 7 ke windows 10 - Upgrade Windows 7 ke 10 Tanpa Kehilangan Aplikasi & Data

Setelah proses download selesai Anda akan masuk ke beberapa halaman yang akan berjalan secara otomatis, adalah Getting updates – We’re getting a few things ready – Aplicable notices and license terms (pada halaman ini klik tombol Accept) – Making sure you’re ready to install – Ready to install.

Baca Juga:   Cara Mengganti Wallpaper Desktop & Lock Screen Windows 10

7. Pilih Keep personal files and apps

Pada halaman Ready to install pastikan opsi Keep personal files and apps dalam keadaan dicentang. Ini yakni pilihan untuk melakukan upgrade dari Windows 7 ke Windows 10 tanpa menetralisir data dan aplikasi.

Silakan klik pada Change what to keep lalu pilih Keep personal files and apps lalu klik tombol Next lalu klik lagi Install.

6 cara upgrade windows 7 ke windows 10 - Upgrade Windows 7 ke 10 Tanpa Kehilangan Aplikasi & Data

Proses install Windows 10 akan dimulai, pada tahap ini Anda hanya perlu menunggu sampai prosesnya akhir. Setelah itu komputer akan restart secara otomatis dan setelah menyala kembali maka metode operasi telah bermetamorfosis Windows 10.

Beberapa hal yang perlu Anda lakukan setelah upgrade Windows 7 ke Windows 10

Setelah proses upgrade tamat maka Windows 10 telah mampu digunakan, namun ada beberapa hal yang perlu Anda kerjakan untuk memastikan seluruhnya berfungsi dengan wajar .

1. Menjalankan update

Hal pertama yakni melaksanakan update. Ini untuk memastikan Anda menerima versi modern dari Windows 10 dan mengantisipasi kemungkinan adanya bug. Update juga berfungsi untuk mendeteksi jika ada driver perangkat tertentu yang belum terinstall dan akan menginstallnya secara otomatis.

Ikuti tindakan berikut ini:

  • Pertama klik pada tombol Windows kemudian pilih Settings (icon gear)
  • Pilih hidangan Update & Security
  • Klik pada tombol Check for updates
  • Tunggu sampai proses download dan install update simpulan
  • Setelah itu restart komputer Anda

2. Cek driver

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan sesudah upgrade ialah mengevaluasi apakah masih ada driver yang belum terinstall, misalnya mirip driver kartu grafis dedicated (Nvidia, AMD) yang memerlukan driver dari sumber luar. Anda bisa mendapatkannya dengan eksklusif mendownloadnya dari situs resmi sesuai dengan merek perangkat yang dipakai, pastikan Anda memilih versi yang cocok untuk Windows 10.

Selain itu Anda juga mampu membuka program Device Manager untuk menyaksikan apakah masih ada driver yang belum tersintall. Hal ini untuk memutuskan semua perangkat yang ada pada komputer Anda sudah berfungsi dengan baik.

Beberapa panduan berikut ini akan menolong Anda:

Baca Juga:   5 Aplikasi Perekam Layar PC Windows 7

3. Cek aplikasi-aplikasi penting

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa beberapa aplikasi mungkin tidak berjalan dengan baik sesudah simpulan melakukan upgrade. Hal ini terjadi alasannya adalah duduk perkara kompatibilitas aplikasi tersebut. Silakan Anda cek aplikasi-aplikasi yang paling dibutuhkan dan dipakai setiap hari, cek apakah aplikasi tersebut mampu berlangsung dengan baik di Windows 10.

Anda juga bisa menginstall aplikasi-aplikasi lain sesuai keperluan, berikut ini beberapa aplikasi elok untuk Windows 10 rekomendasi dari kami: Aplikasi wajib untuk Windows 10

4. Cek data-data Anda

Melakukan upgrade dari Windows 7 ke Windows 10 dengan mengikuti bimbingan ini sebaiknya tidak akan menetralisir data-data Anda. Semua data yang ada di folder user seperti folder Downloads, Pictures, Videos, Documents, dan Desktop akan tetap ada pada tempatnya. Untuk memastikannya lagi Anda bisa cek data-data tersebut.

5. Login akun Microsoft supaya mampu menginstall aplikasi dari Windows Store

Di Windows 10 Anda bisa menerima aplikasi pribadi dari Microsoft Store yang merupakan market semua aplikasi Windows layaknya Playstore pada android. Untuk bisa menginstall aplikasi dari Windows Store maka Anda diharuskan login apalagi dulu menggunakan akun Microsoft.

Ikuti tindakan berikut ini:

  • Masuk ke Settings kemudian pilih Accounts
  • Pada jendela sebelah kanan klik pada link Sign in with a Microsoft account instead
  • Apabila Anda sudah memiliki akun email outlook maka bisa pribadi memasukkannya pada kolom email dan masukkan juga passwordnya lalu klik Sign in
  • Apabila Anda belum punya akun maka klik pada opsi Create one sehabis itu isi data-data Anda

Setelah Anda sukses login dengan akun Microsoft maka sekarang Anda sudah mampu menginstall aplikasi dari Microsoft Store. Silakan install aplikasi mana saja sesuai keperluan.

Sampai di sini kita telah berhasil melakukan upgrade dari Windows 7 ke Windows 10. Semoga panduan ini mampu membantu. Apabila Anda mengalami hambatan dikala melakukan proses upgrade ini, jangan sungkan untuk menanyakannya di kolom komentar yang telah kami sediakan.


Bagikan:
close