May 18, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Mengelola Keuangan

Wajib Tahu! Ini 7 Cara Menabung Untuk Umroh Yang Tepat Buat Kamu

KichanHelp.com – Ketahuilah cara menabung untuk umroh yang mampu kamu coba biar bisa cepat pergi umroh. Umroh yaitu salah salah satu keinginan bagi umat muslim di banyak sekali penjuru dunia. Mulai dari anak muda hingga orang tua juga sungguh mendambakan pergi ke tanah suci di Mekkah. Namun, setiap umat muslim mesti memiliki dogma sarat dan mengeluarkan ongkos yang tidak sedikit untuk melakukan ibadah ini. 

Bagi umat muslim berpenghasilan tinggi atau rendah, mereka mesti memaksimalkan penghasilannya agar bisa berangkat umroh. Selain memenuhi ongkos perjalanan ke tanah suci, orang yang ingin berangkat umroh mesti memiliki bekal cukup untuk menyanggupi ongkos hidup selama aktivitas beribadah. Dalam hal ini, kamu tidak perlu menunggu punya duit banyak semoga bisa beribadah umroh. Yuk, kenali cara menabung untuk umroh lewat klarifikasi berikut!

Cara Menabung untuk Umroh

1. Kenali Target Tabungan Umroh

Langkah pertama, kamu mesti mengetahui sasaran simpanan untuk beribadah ke Mekkah. Umumnya, travel umroh memenu dengan paket harga yang cocok dengan kemampuan finansialmu. Untuk itu, kamu mesti melakukan riset biaya umroh supaya bisa menyesuaikan sasaran simpanan. Setelah itu, tentukanlah target tabunganmu dan rentang waktu menabung. Target ini bisa membuatmu lebih semangat dalam mencapai tujuan keuanganmu. 

Umumnya, ongkos ibadah umroh itu sekitar Rp28 juta sampai Rp35 juta per orang. Namun, harga tersebut belum tergolong ongkos perbekalanmu selama beribadah di tanah suci. Dalam meraih target, butuh niat dan komitmenmu sehingga keinginanmu dapat segera tercapai.

2. Sisihkan 10% dari Gaji Bulanan

Cara menabung untuk umroh yang paling efektif itu adalah menyisakan minimal 10–20% dari gaji bulanan. Di awal registrasi ibadah umroh, kau mesti memenuhi down payment (DP) selaku dana akomodasi.  Dengan begitu, kamu bisa konsisten dalam mengalokasikan dana antisipasi ibadah ke Mekkah.  Jika mempunyai honor bulanan Rp6 juta per bulan, maka kau mampu mengalokasikan minimal Rp600 ribu ke rekening khusus umroh. Namun, jumlah simpanan setiap bulan juga mampu diadaptasi dengan target simpanan bulananmu.

3. Pilih Travel Umroh yang Tepat

Sekarang, ada banyak opsi travel umroh yang menunjukkan paket mempesona dengan harga terbaik. Kamu mampu menentukan paket yang tepat dengan kemampuan finansialmu. Namun, kau mesti memutuskan bahwa travel pilihamu telah terdaftar di Kementerian Agama sehingga bebas dari penipuan berkedok ibadah umroh. Seringkali, travel umroh bodong memberikan harga sangat murah dan tidak mempunyai izin resmi. Jangan sampai terjebak penipuan, ya!

4. Manfaatkan Promo Khusus

Umumnya, travel umroh memperlihatkan penawaran spesial berupa promo penggalan harga. Kamu bisa memanfaatkan promo khusus ini untuk mendapatkan harga terbaik. Promo ini juga bisa membuatmu bisa beribadah dengan ongkos yang lebih hemat biaya. Biasanya, ada travel yang menunjukkan harga khusus dengan syarat mengajak downline bergabung atau memakai sistem MLM. Jangan hingga tergiur dengan promo yang tidak masuk akal. Untuk itu, perhatikan syarat dan ketentuannya sehingga duit tabungan ibadahmu tidak akan hilang sia-sia.

5. Buka Rekening Tabungan Umroh

Adapun cara menabung untuk umroh berikutnya itu membuka rekening simpanan umroh. Biasanya, umat muslim merencanakan rekening khusus simpanan umroh di bank syariah. Dengan begitu, mereka mampu lebih fokus menabung ke rekening yang berbeda dengan rekening dana kebutuhan sehari-hari. Adapun banyak bank yang memberikan acara simpanan menawan dan cocok bagi umat muslim yang ingin mempersiapkan dana ibadah umroh.

6. Cari Pekerjaan Tambahan

Agar hasil simpanan lebih optimal, kamu bisa mencari pekerjaan pemanis sehingga bisa lebih cepat mencapai sasaran simpanan. Kamu mampu melaksanakan acara di samping pekerjaan utama sesuai dengan kemampuan dan minatmu.  Kini, semua orang berkesempatan menjadi freelancer atau pekerja lepas secara online tanpa mesti tiba ke kantor, lho.

7. Mulai Menabung dan Investasi

Tujuan ibadahmu tidak akan tercapai bila tidak mulai menabung. Makara, kau bisa mulai konsisten menabung setiap bulan agar mampu cepat pergi umroh sesuai targetmu. Di samping menabung di rekening khusus, umat muslim juga biasanya menyiapkan dana ibadah umroh di banyak sekali instrumen investasi. Produk emas dan reksa dana menjadi opsi produk investasi jangka panjang yang cocok buatmu. 

Umat muslim yang ingin berinvestasi reksa dana juga mampu memilih produk reksa dana syariah. Produk syariah ini sudah bersih dari komponen non-halal dengan portofolio efek sesuai Daftar Efek Syariah (DES) terbaru. Makara, instrumen reksa dana syariah sangat sesuai bagi umat islam.

Kesimpulan

Semua orang dari banyak sekali kelompok bisa menerapkan cara menabung untuk umroh. Agar bisa cepat pergi umroh, kamu harus mengenali sasaran tabungan, mencari travel yang sempurna dan aman, mulai menabung di rekening khusus, berkala menyisakan 10% honor, mencari pekerjaan suplemen, dan mulai berinvestasi ke instrumen jangka panjang. Selain itu, kamu juga mampu mempergunakan promo harga mempesona agar bisa berangkat ke tanah suci dengan harga terbaik. Namun, kamu harus memastikan penyedia layanan ibadah umroh pilihanmu itu aman. 

Sekarang, saatnya untuk mulai menabung rutin dan berinvestasi sehingga kau bisa ibadah umroh sesuai dengan targetmu. Penghasilan besar atau kecil tidak menjadi penghalang dalam menabung dan berinvestasi. Saat ini, ada banyak layanan pemasok investasi online yang memungkinkan investasi dengan mudah dan kondusif dengan modal terjangkau. 

Baca Juga:   Cara Menabung Cerdas Ala Orang Jepang Biar Cepat Kaya (Metode Kakeibo)